Cara Menjadi Penulis Artikel dan Menghasilkan Uang

Daftar isi [Tampil]
Cara Menjadi Penulis Artikel
Cara Menjadi Penulis Artikel

Saat ini, banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan secara online. Salah satunya adalah menjadi penulis artikel. Sebab, kebutuhan artikel di dunia bisnis sangat pesat. Bagi Kamu yang tertarik menjadi penulis artikel, yuk simak cara menjadi penulis artikel berikut.

Dilansir dari laman SIPWriter, salah satu alternatif cara bagi seorang penulis untuk menghasilkan uang adalah dengan jadi penulis lepas. Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan menulis berbagai macam artikel, salah satunya artikel SEO.

Cara Menjadi Penulis Artikel Dapat Income Tambahan

Pada dasarnya, banyak cara menguangkan hasil tulisan. Bisa dengan mengirimnya ke koran, majalah online, nulis di blog, ataupun jadi penulis lepas. Berikut adalah tips cara menjadi penulis artikel agar bisa mendapatkan uang.

Sadari Gaya Penulisan Kamu

Cara menjadi penulis artikel pertama dan yang paling utama agar Kamu bisa menghasilkan uang dari menulis adalah menyadari gaya penulisan. Jika Kamu suka nulis novel, maka sasarannya adalah penerbit novel ataupun website berbagai cerita novel.

Namun, jika Kamu memiliki gaya penulisan yang umum, maka bisa coba berbagai jenis lowongan penulis. Bisa nulis artikel SEO, nulis berita, nulis di blog, dan banyak lagi. 

Sedangkan, bagi Kamu yang pandai menulis dengan bahasa persuasif (mengajak), maka pilihlah jadi copywriting. Jika Kamu belum memiliki gaya penulisan, maka teruslah belajar agar mendapatkannya. 

Hal ini penting agar nantinya Kamu nyaman saat menulis artikel.

Bayangkan, Kamu disuruh nulis hal-hal yang tidak Kamu pahami atau tidak kamu inginkan. Apakah akan nyaman? Tentu saja tidak. Kamu hanya akan stress dengan berbagai deadline nulis yang tidak Kamu sukai.

Perbanyak Latihan Menulis

Menulis adalah skill yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Terlebih nulis artikel panjang dengan riset yang mendalam. Maka dari itu, diperlukan latihan, latihan, dan latihan. Semakin banyak kamu latihan, semakin bagus tulisan yang Kamu hasilkan.

Tentu, latihan menulis ini harus didasarkan pada gaya penulisan yang sudah Kamu ketahui. Salah satu cara latihan menulis adalah membaca. Kenapa kok membaca?

Dengan membaca, Kamu bisa mendapatkan referensi gaya bahasa baru, kosakata baru, dan bahkan model penulisan yang baru. Setelah itu, try and error. Buat tulisan, baca sendiri, revisi sendiri. Semakin sering latihan, semakin baik hasilnya.

Mulai Perbanyak Portofolio

Jika Kamu bersedia, ada banyak lowongan penulis artikel. Kamu bisa mencobanya. Sembari latihan, kamu bisa memperbanyak hasil tulisan yang nantinya bisa jadi portofolio Kamu. Saat ini, banyak kok orang yang membutuhkan penulis.

Tidak hanya perorangan saja, kadang banyak juga perusahaan yang membutuhkan penulis untuk berbagai kepentingan. Maka dari itu, manfaatkan kondisi tersebut untuk mencoba pengalaman baru dan memperbanyak portofolio. Nah, jangan lupakan cara menjadi penulis artikel yang satu ini ya sobat biar makin mudah diterima di berbagai lowongan penulis.

Tidak Capek Belajar

Saat Kamu masuk ke dunia bisnis kepenulisan, akan ada banyak hal-hal baru yang Kam jumpai. Bahkan, beberapa orang menjadikan penulis sebagai pekerjaan utama. Sebab, gajinya memang menjanjikan di beberapa jenis tulisan.

Saat Kamu bekerja pada seseorang, perlu Kamu sadari jika semua tidak akan berjalan dengan mulus-mulus saja. Pasti akan ada halang rintang yang kemungkinan besar menghadang. Saat itulah, mental Kamu diuji. Jika Kamu kuat, kualitasmu akan naik. Saat itu pula gajimu akan naik juga.

Jika ada masalah, jangan khawatir. Banyak sekali solusi di internet yang bisa Kamu coba. Semakin banyak Kamu mendapatkan masalah, semakin banyak pengalaman yang bisa Kamu dapatkan. Dari pengalaman itulah, portofolio Kamu akan bertambah.

Buka Jasa Kamu Sendiri

Saat Kamu sudah mendapatkan pengalaman yang banyak, waktunya Kamu buka jasa sendiri. Membuka jasa penulis sendiri bukan berarti Anda akan menghasilkan uang dengan lebih mudah. Sama sekali tidak sesimpel itu.

Dengan membuka jasa penulis sendiri, maka tanggung jawab Kamu akan jauh lebih banyak. Mulai dari berkomunikasi dengan pemesan, mengerjakan artikel, membangun tim, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, jika Kamu tidak terbiasa, Kamu dijamin akan kecapekan. Bahkan bisa melupakan berbagai project yang sudah dipesan. Saat hal itu terjadi, masalah akan terus timbul jika Anda tidak memanagement waktu sendiri.


Terus Semangat dan Bersabar

Tips yang terakhir saat Kamu ingin sudah menghasilkan uang secara konstan, maka tetaplah memperbaiki kualitas. Jangan sampai berhenti pada satu titik pencapaian tertentu. Sadari jika banyak diluar sana yang ingin pekerjaan yang Kamu lakukan.

Maka dari itu, pastikan tetap semangat untuk menjalankan bisnis bikin artikel. Saat ada halang rintang yang menerjang, pastikan tetap bersabar dan menyelesaikannya dengan berbagai solusi yang realistis. 

Semakin tinggi karir kepenulisan Kamu, semakin banyak dan berat pula cobaan yang akan Kamu rasakan. Maka dari itu, penting sekali bagi Kamu untuk terus upgrade dan memperbaiki hal-hal yang kurang dalam diri maupun tim yang Kamu bangun.

Berapa Penghasilan Penulis Artikel?

Saat membahas masalah  penghasilan, maka akan relatif. Di awal karir penulisan, kamu mungkin saja tidak akan mendapat gaji yang besar. Setelah melalui banyak pengalaman, mungkin Kamu bisa mendapatkan gaji UMR.

Namun, saat Kamu memang sudah sangat profesional, jangankan UMR, gaji Kamu bisa melebihi pebisnis kelas bawah. Maka dari itu, meskipun tugasnya sepele, penulis termasuk salah satu pekerjaan online yang memiliki gaji tinggi dan tidak bisa dibuat main-main.

Hal tersebut tentu saja sebanding dengan sulitnya merangkai kata-kata agar mudah dipahami oleh pembaca. Terlebih, banyak penulis lepas yang mencurahkan sebagian waktu untuk membuat blog dan melakukan monetize dengan blog tersebut. 

Jika hal tersebut dilakukan, maka gaji penulis tersebut akan jauh lebih besar. Terlebih jika blog tersebut sudah memiliki banyak pengunjung. Memiliki penghasilan dari pekerjaan menulis bisa didapatkan dari berbagai cara dan berbagai platform.

Penutup

Demikian beberapa tips cara menjadi penulis artikel yang bisa kami share kepada Kamu. Kesulitan atau kemudahan dari bisnis ini hanya akan bisa Kamu rasakan jika sudah melakukannya. Jadi, membaca saja tidak akan cukup.

Maka dari itu, tunggu apa lagi? Segera kenali potensi diri Kamu sebagai penulis. Jangan pernah patah semangat. Menulis adalah pekerjaan yang tidak gampang. Kamu adalah orang spesial jika bisa melakukannya. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama