30+ Pertanyaan tentang Demokrasi Paling Lengkap

Daftar isi [Tampil]
Pertanyaan tentang Demokrasi
Pertanyaan tentang Demokrasi

Pertanyaan tentang demokrasi akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Entah itu untuk siswa SMA atau bahkan untuk mahasiswa. Demokrasi, sebagai salah satu sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya ikut andil untuk memerintah melalui wakil rakyat, merupakan hal mendasar yang perlu dipahami sebagai warga negara Indonesia. 

Demokrasi, bisa juga dikatakan sebagai suatu gagasan maupun pandangan hidup di mana harus mengutamakan persamaan antara hak dan juga kewajiban. Selain itu, juga perlakuan yang sama rata terhadap semua warga negara. Demokrasi, punya dua jenis berdasarkan penyaluran kehendak dari masyarakat. 

Ada demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung. Sebenarnya, dari dua jenis tersebut saja, kamu sudah bisa membuat pertanyaan tentang demokrasi Indonesia. Selain itu, juga masih banyak pertanyaan yang dibuat dari demokrasi. Kalau kamu penasaran tentang beberapa pertanyaannya, silakan simak uraian berikut ini. 

Pertanyaan tentang Demokrasi serta Jawabannya

Jika kamu mendapatkan tugas atau pekerjaan seperti buatlah pertanyaan tentang demokrasi Pancasila, kamu bisa menggunakan beberapa pertanyaan berikut ini sebagai referensi. Kemudian, kamu bisa mengolahnya kembali sesuai dengan keinginanmu.

1. Apa yang dimaksud dengan demokrasi langsung? 
Jawab: demokrasi langsung merupakan suatu sistem demokrasi di mana sistem tersebut akan melibatkan seluruh rakyat secara langsung untuk ikut andil dalam menentukan berbagai kebijakan umum, suatu urusan negara, dan juga permusyawaratan dalam negara. 

2. Apa yang dimaksud dengan demokrasi tidak langsung?
Jawab: Demokrasi tidak langsung merupakan suatu sistem demokrasi yang menjadi sarana penyaluran keinginan warga ataupun masyarakat lewat parlemen atau perwakilan. 

3. Apa yang dimaksud dengan demokrasi Pancasila?
Jawab: demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang terdapat di negara Indonesia yang dibuat berdasarkan nilai-nilai sosial serta budaya suatu bangsa. Demokrasi Pancasila, memiliki azas musyarawarah-mufakat yang meletakkan kepentingan seluruh masyarakat Indonesia sebagai prioritas

4. Mengapa harus ada demokrasi?
Jawab: demokrasi harus ada agar terdapat kontrol secara langsung maupun tidak langsung dari masyarakat terhadap jalannya roda pemerintahan guna membuktikan kebebasan masyarakat dalam hal mengemukakan pendapat serta untuk menjamin adanya pemerintahan yang bersih dan transparan. 

5. Apa manfaat dari demokrasi?
Jawab: ada beberapa manfaat utama dari digunakannya demokrasi dalam suatu negara. Beberapa di antaranya yakni: 
  • Kesetaraan terhadap setiap warga negara.
  • Kebebasan masyarakat untuk menyampaikan maupun mengemukakan pendapat. 
  • Menjamin berbagai hak dasar warga negara. 
  • Memenuhi kebutuhan umum masyarakat. 
  • Membuat masyarakat bisa memiliki tanggung jawab. 
Kamu bisa menggunakan beberapa pertanyaan tentang demokrasi di atas jika memang disuruh untuk membuat serangkaian pertanyaan. Silakan ubah jika memungkinkan. Entah dengan menambahkan variabel lain ataupun menambahkan studi kasus tertentu yang ada kaitannya dengan demokrasi. 

Pertanyaan tentang Demokrasi Pancasila

Selain beberapa pertanyaan di atas, kamu juga bisa menggunakan 5 pertanyaan tentang demokrasi yang akan disediakan pada bagian ini. Namun tetap ingat, jangan langsung dipakai. Melainkan harus diubah atau diberikan sedikit modifikasi terlebih dahulu. Berikut ini kelima pertanyaannya: 

1. Menurutmu, apa yang merupakan esensi dari adanya Demokrasi Pancasila di Indonesia?

2. Silakan jelaskan apa yang menjadi fungsi paling penting dari Demokrasi Pancasila pada kehidupan sehari-hari!

3. Coba sebutkan tiga contoh konkrit dari demokrasi Pancasila dalam dunia pendidikan!

4. Ada satu poin penting dalam Pancasila yang merupakan hal utama dalam penerapan Demokrasi Pancasila. Apa poin tersebut dan mengapa demikian? Jelaskan!

5. Menurutmu, apa tujuan diterapkanna demokrasi Pancasila di Indonesia? 

Silakan gunakan lima pertanyaan tentang demokrasi Pancasila di atas kalau kamu menginginkannya. 

Beberapa pertanyaan di atas, memang merupakan pertanyaan mendasar. Seharusnya, sebagai warga negara yang baik, siapa saja bisa menjawab pertanyaan tersebut. 

Pertanyaan tentang Demokrasi dengan Kecerdasan

Saya belum mengerti betul apa yang dimaksud dengan pertanyaan tentang demokrasi dengan kecerdasan. Entah harus memberikan pertanyaan cerdas atau bagaimana. Namun, kalau kamu tidak keberatan silakan gunakan beberapa pertanyaan berikut: 

1. Menurut pendapatmu, bagaimana penerapan demokrasi Pancasila di Indonesia? Apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan? Jelaskan alasanmu!

2. Apakah bagimu wakil rakyat yang sudah dipilih sudah menerapkan esensi demokrasi Pancasila? Jelaskan alasannya!

3. Apakah benar rakyat sudah diikutsertakan dalam mengawasi jalannya pemerintahan? 

4. Menurut pandanganmu, bagaimana kebebasan mengutarakan atau mengemukakan pendapat di negara dengan demokrasi Pancasila ini? 

Silakan gunakan beberapa pertanyaan tersebut jika memang tidak keberatan dan memang mewakili pertanyaan tentang demokrasi dengan kecerdasan. 

Pertanyaan tentang Demokrasi Pendidikan

Kamu juga bisa menggunakan contoh pertanyaan tentang demokrasi dalam pendidikan seperti yang akan dituliskan pada bagian berikut: 

  1. Jelaskan apa maksud dari demokrasi pendidikan!
  2. Pentingkah adanya demokrasi dalam pendidikan? Jelaskan alasannya!
  3. Bagaimana pendapatmu mengenai penerapan demokrasi dalam pendidikan di Indonesia? 

Beberapa pertanyaan tentang demokrasi di atas memang terdengar mudah. Tapi mungkin untuk menjawabnya, butuh satu lembar kertas ujian penuh jika memang benar-benar mengerti tentang demokrasi pendidikan yang ada di Indonesia. 

Pertanyaan tentang Demokrasi dan Islam

Sebenarnya, saya agak ngeri-ngeri sedap kalau disuruh membuat pertanyaan essay tentang demokrasi yang disandingkan dengan Islam. Pasalnya, saya belum mengerti betul tentang hubungan dari dua hal ini. Tapi, jika berkenan, silakan gunakan beberapa pertanyaan berikut saja:

  1. Bagaimana sikap Islam jika dihadapkan dengan demokrasi?
  2. Apa pentingnya demokrasi dalam Islam? Jelaskan alasannya!
  3. Dalam Islam, apakah memang benar terdapat demokrasi?

Kamu bisa menggunakan beberapa pertanyaan tentang demokrasi dan Islam seperti yang telah dituliskan di atas. 

Pertanyaan tentang Demokrasi untuk Mahasiswa

Pertanyaan untuk mahasiswa sebaiknya lebih bervariasi dan harus menyertakan jawaban yang cukup panjang agar nampak seperti intelektual beneran. Kamu bisa menggunakan 10 pertanyaan tentang demokrasi seperti yang akan dituliskan pada bagian berikut:
 
1. Apa itu demokrasi? 
2. Silakan jelaskan pandanganmu mengenai pendapat para ahli yang mendefinisikan demokrasi!
3. Demokrasi mempunyai azas pokok dan prinsip. Jelaskan apa yang sudah kamu pahami tentang kedua hal tersebut!
4. Ciri-ciri demokrasi itu ada banyak. Silakan jelaskan apa saja ciri-cirinya!
5. Demokrasi memiliki berbagai model atau jenis. Silakan jelaskan apa saja jenis demokrasi yang telah kamu ketahui!
6. Jelaskan dengan bahasamu sendiri tentang apa itu demokrasi Pancasila!
7. Bagaimana pelaksanaan demokrasi yang ada di negara Indonesia?
8. Penerapan demokrasi bisa dilihat dari kehidupan sehari-hari. Sebut dan jelaskan bagaimana penerapan tersebut!
9. Kebebasan mengemukakan pendapat, sebenarnya memiliki batasan. Jelaskan batasan tersebut!
10. Bagaimana pendapatmu tentang sistem politik yang ada di Indonesia? Apakah sudah sesuai dengan demokrasi? Jelaskan alasannya!

Silakan gunakan 10 pertanyaan tersebut dan menjadikannya soal ujian atau apapun. Tapi bisa dong kalau pertanyaan tentang demokrasi tersebut sedikit dimodifikasi? Agar tidak monoton dan jawabannya gitu-gitu aja. 

Pertanyaan tentang Demokrasi yang Sulit

Pertanyaan tentang demokrasi adalah sesuatu yang memang harus diketahui dan bisa dijawab oleh seluruh warga Indonesia. Tanpa mengerti dengan jelas, tentu saja hampir semua pertanyaan demokrasi akan sukar dijawab. Tapi kalau sudah mengerti, tidak akan ada jawaban sulit mengenainya. 

1. Menurut pendapatmu, seharusnya bagaimana kepribadian dari pemimpin yang memegang teguh asa pokok dan prinsip dari demokrasi? 
2. Salah satu hal yang sangat penting dalam roda pemerintahan yang menerapkan sistem demokrasi, yakni harus terbuka dan transparan. Di Indonesia, apakah hal tersebut sudah dilakukan?
3. Silakan jelaskan dengan bahasamu sendiri. Apa saja hal-hal yang dianggap sebagai pelanggaran dalam sistem demokrasi?

Itulah beberapa pertanyaan tentang demokrasi yang bisa kamu ajukan kepada siapapun. Entah untuk bahan diskusi, soal ujian, atau sekadar belajar biasa saja. Jangan lupa, dimodifikasi dulu, ya. 
Lebih baru Lebih lama