5 Kegunaan Vanili Bubuk untuk Kesehatan Tubuh Kita

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Kegunaan Vanili Bubuk
Kegunaan Vanili Bubuk

Vanili bubuk ternyata tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan kue, tetapi bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh kita. Vanili dengan nama latin Vanilla Planifolia adalah tanaman yang menghasilkan bubuk vanili dengan bau harumnya yang khas.

Bubuk yang kerap digunakan sebagai pengharum makanan berasal dari buahnya yang berbentuk polong. Ukuran polong untuk vanili ini bisa mencapai 22 cm. Bahkan, beberapa ahli menyebutkan semakin besar ukurannya, maka kualitas vanili juga semakin bagus.

Vanili pertama kali ditemukan oleh orang-orang Indian di negara Meksiko. Kemudian, vanili berkembang ke berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Vanili punya beragam manfaat yang membuat harganya juga terbilang cukup mahal, jika dihitung kilograman buah ini bisa dihargai sekitar 5 sampai 6 juta per kilogramnya.

Vanili yang biasanya kita beli sudah termasuk kemasan yang paling murah. Biasanya kamu mungkin tidak asing dengan bentuknya yang serbuk putih.

Kegunaan Vanili Bubuk

Pada kesempatan kali ini Kuskus Pintar akan berbagi pengetahuan mengenai kegunaan Vanili Bubuk. Penasaran apa aja sih kegunaan vanili bubuk ini? Yuk simak di bawah ini.

1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Jantung adalah organ vital yang bisa dibilang sangat penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Fungsinya yang penting inilah jangan sampai diganggu oleh adanya kolesterol jahat. Tahukah kamu sobat Kuskus Pintar kalau vanili bisa mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kegunaan vanili bubuk ini penting bagi mereka yang beresiko terkena serangan jantung dan stroke. Kolesterol jahat jika dibiarkan bisa mengganggu peredaran darah di dalam tubuh karena darah akan mengalami pembekuan, sehingga jantung tidak berfungsi dengan normal.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut kata orang adalah mahkota yang perlu dijaga. Mungkin sobat Kuskus Pintar di sini tengah mengalami berbagai permasalahan rambut ya? Tenang aja deh karena vanili bisa menjaga kesehatan rambut. Vanili bagus untuk mengatasi kerontokan pada rambut.

Kok bisa ya vanili membuat rambut kita jadi gak rontok lagi? Iya jelas bisa dong, vanili dapat mencegah rambut rontok dengan memperlancar aliran darah ke kulit kepala. Oleh karena itu, vanili bisa merangsang pertumbuhan rambut yang optimal sehingga rontok takkan mampir lagi.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kegunaan vanili bubuk untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Siapa sangka tanaman yang satu ini bisa menjadi gandengan program diet dan olahragamu lho sobat. Bagi sebagian orang, memiliki tubuh yang ideal itu adalah sebuah cita-cita. Tentu saja, tubuh yang ideal tidak mudah kita peroleh.

Selain olahraga yang rutin, pola makan juga perlu dijaga. Kamu bisa mengonsumsi vanili sebagai pelengkap program diet. Beberapa penelitian menyebutkan kalau vanili ini dapat membantu menurunkan berat badan. Alasan yang melatarbelakangi hal ini adalah karena vanili punya aroma yang khas, di mana aroma ini dapat menimbulkan efek atau perasaan kenyang.

Nah, ketika kamu mengonsumsi vanili ini frekuensi atau nafsu makan akan cenderung menurun.

Baca juga:

4. Memberikan Efek Tenang

Perasaan cemas kadang sulit sekali diatasi, belum lagi jika rasa cemas itu berlanjut hingga stress lalu depresi. Kamu tentu tidak mau perasaan seperti itu terus berlanjut bukan? Ada lho cara yang terbukti ampuh bisa memberikan kita ketenangan yaitu dengan menghirup aroma therapy yang berbau vanili.

Iya, vanili bisa dijadikan aroma therapy yang menenangkan. Hal ini terjadi karena di dalam vanili terkandung bahan alami berupa anti depresan. Argumentasi tersebut telah terbukti manfaatnya oleh penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Pharmacology.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Wajah

Apakah saat ini kamu sedang mengalami masalah pada kulit dan wajah? Jika iya, vanili bisa menjadi solusi untukmu. Di dalam vanili terdapat minyak esensial yang mampu mencegah infeksi bakteri. Jika selama ini kamu punya masalah pada wajah yang berjerawat, vanili bisa mencegah sekaligus mengobati hal tersebut.

Selain itu, kabar bahagianya vanili ini bisa mencegah penuaan dini. Ya walaupun sih penuaan itu tidak dapat dihindari, tetapi penuaan dini itu bisa dicegah. Kok bisa sih? Tentu saja bisa karena vanili ada kandungan anti oksidan yang membuat kulit terasa lebih awet muda.

Ada banyak sekali informasi mengenai manfaat tanaman herbal yang bisa kamu ketahui di website Herbatani. Herbatani merupakan website yang membahas tentang tanaman obat, kesahatan dan pertanian secara komprehensif. Silakan berkunjung ya sobat.

Jika kamu tertarik untuk membaca lebih lanjut tentang kegunaan vanili, bisa berkunjung ke artikel Manfaat Vanili untuk Kesehatan dari Herbatani.

Demikian artikel mengenai kegunaan vanili bubuk untuk kesehatan. Semoga artikelnya bermanfaat ya sobat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama