Produk Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir + Rekomendasi Produk

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Produk Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir
Produk Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir

Produk perawatan kulit bayi baru lahir ada banyak jenisnya. Bagi orangtua baru, rasanya agak cukup kewalahan untuk mempelajari banyak hal tentang dunia bayi. Tenang deh karena Kuskus Pintar kali ini akan memberikan berbagai penjelasan tentang produk perawatan bagi kulit bayi.

Lahirnya bayi ke dunia menjadi kebahagiaan bagi orangtua. Walau tak jarang beberapa orangtua minim akan pengetahuan dalam merawat bayi.

Pemiliha produk perawatan kulit bayi baru lahir juga tidak boleh sembarangan. Kalau salah pilih, bisa-bisa kulit bayi akan rentan terkena berbagai penyakit kulit. Jadi, jangan sampai kamu minim akan pengetahuan ya.

Apakah Bayi Butuh Skincare?

Tidak hanya orang dewasa yang butuh skincare, tetapi bayi juga perlu. Perawatan kulit ini dibutuhkan guna menjaga kulit bayi tetap lembab dan sehat. Kulit bayi yang sensitif perlu sekali diberi skincare agar tidak mudah iritasi, salah satunya iritasi pada pakaian.

Apakah Bayi Boleh Memakai Skincare?

Bayi boleh dipakaikan skincare guna menjaga kulit bayi yang lebih sehat dan terawat. Namun, orangtua tentu harus memberikan kebutuhan skincare kepada bayi secukupnya saja. Produk yang diberikan juga harus terhidar dari kandungan yang keras seperti alkohol dan pewangi yang menyengat.

Urutan Pemakaian Skincare Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir kulitanya sangat sensitif sekali. Selain sensitif, memang kulit bayi agak lembut-lembut gimana gitu. Saat melakukan perawatan setelah mandi, orangtua harus ekstra hati-hati. Gak mau dong anak bunda tersayang malah lecet-lecet karena pengennya yang cepat selesai.

Berikut ini Kuskus Pintar akan memberikan urutan pemakaian skincare bayi baru lahir. Langkah-langkah ini diperoleh dari komunitas The Asian Parent, mohon koreksi jika ada salah atau tambahan ya.

  1. Langkah pertama adalah memandikan bayi dengan air hangat. Bayi yang baru lahir tidak perlu diberikan sampo dan sabun. Nanti kalau sudah agak gedean, karena kulit bayi yang baru lahir masih dalam proses menerima respon berbagai hal.
  2. Setelah bayi mandi, keringkan air yang menempel dikulit bayi dengan cara ditaptap pakai handuk atau kain yang lembut (jangan digosok).
  3. Apabila kulit sudah kering dari air yang menempel, lanjut dengan mengoleskan minyak telon di bagian perut, punggung, tangan dan kaki.
  4. Bayi yang baru lahir akan rentan terkena ruam di bagian lipatan. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut bunda bisa lanjutkan dengan mengoleskan baby oil/baby cream. Jika kulit bayi mengalami masalah yang serius akibat penggunaan ini, silakan hentikan pemakaian dan langsung konsultasi ke bidan atau dokter terdekat.
Beberapa orangtua mengatakan kalau bayi yang baru lahir beri perawatan yang secukupnya saja, nanti kalau sudah sekitar 2 bulan lebih barulah diperkenalkan dengan berbagai perawatan kulit bayi.

Produk Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir

Sebenarnya bayi yang baru lahir, cukup diberikan minyak telon dan baby oil/baby cream saja. Kenapa demikian? Kulit bayi masih sangat sensitif sekali. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya orangtua memberikan produk perawatan kulit bayi baru lahir secukupnya saja.

Ada banyak sekali produk perawatan kulit bayi baru lahir yang bisa gunakan, kami akan memberikan beberapa rekomendasi dari brand yang sudah terkenal dan terpercaya di Indonesia.

1. Produk Zwitsal untuk Bayi Baru Lahir

Produk Zwitsal yang bisa bunda beli untuk bayi yang baru lahir seperti Zwitsal Minyak Telon dengan harga Rp28.000. Minyak yang satu ini bagus untuk kulit bayi karena berasal dari bahan herbal yang aman untuk kulit bayi seperti minyak kayu putih, minyak kelapa, dan minyak adas.

Selanjutnya, rekomendasi produk perawatan kulit baru lahir dari Zwitsal yang bisa digunakan adalah Zwitsal Bedak Cair. Bedak cair ini berguna banget untuk mengatasi masalah pada kulit bayi seperti bintik-bintik merah. Bagus digunakan setelah bayi selesai mandi. Harga produk yang satu ini juga cukup terjangkau yaitu Rp16.000 untuk 100ml.

2. Produk My Baby untuk Bayi Baru Lahir

Produk perawatan kulit bayi baru lahir yang selanjutnya adalah dari brand My Baby. Merek yang satu ini saya rasa sudah sangat familiar di telinga kita, bahkan produk bedaknya masih dipakai hingga seseorang sudah beranjak dewasa.

Bagi bayi yang baru lahir, bisa gunakan produk My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus sebagai perlindungan dari nyamuk. Selain itu, bisa juga gunakan produk My Baby Diaper Rash Cream yang akan melindungi kulit sensitif sang bayi. Harganya saya rasa sangat ramah kantong ya dan mudah dijumpai di warung-warung terdekat.

3. Produk Johnson untuk Bayi Baru Lahir

Produk asal negara Paman Sam ini ternyata sukses menaruh perhatian warga Indonesia. Produknya yang dikenal dengan brand Johnson ini punya banyak macam-macam produk perawatan kulit bayi baru lahir.

Bagi orangtua bisa menggunakan Baby Oil dari Johnson harganya Rp35.000 untuk ukuran 200ml. Cukup murah bukan? Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Johnson Baby Cream untuk menjaga kulit bayi agar terhindar dari ruam. Harganya juga bersahabat, hanya dengan Rp30.000 untuk 100ml.

Selain dari tiga produk di atas, kamu juga bisa menggunakan produk Bepanthen untuk kulit bayi baru lahir. Produk utama yang mereka tawarkan adalah salep popok bayi yang bisa melembutkan kulit dan melindungi kulit dari gesekan. Cocok untuk digunakan bagi orangtua yang mulai menggunakan popok bayi agar kulit bayi terlindungi.

Salep popok bayi ini sudah tersedia di berbagai marketplace besar di Indonesia, harganya juga cukup ramah kantong sekitar Rp56.900 hingga Rp87.000 untuk salep ukuran 20gram. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, silakan kunjungi website Bepanthen

Oke, hanya itu yang bisa Kuskus Pintar berikan mengenai rekomendasi produk perawatan kulit bayi baru lahir. Saran dari saya, sebaiknya gunakan satu brand saja, jangan dicampur-campur. Semua brand untuk produk perawatan kulit bayi itu bagus asalkan terhindar dari kandungan alkohol dan pewangi yang menyengat. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama