Tips Desain Feed Instagram Keren dan Menarik

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Desain Feed Instagram Keren
Desain Feed Instagram Keren

Akhir-akhir ini banyak sekali pengguna Instagram yang mulai menata desain feed Instagram miliknya. Saya termasuk orang yang cukup "mager" mendesain feed Instagram, tetapi sangat antusias kalau bikin desain untuk organisasi atau klien.

Saya sudah lama mengenal dunia desain, tepatnya sejak jaman SMA saya sudah mulai mempelajari desain secara mandiri. Waktu itu saya dipaksa untuk mengerti soal desain karena mau tidak mau harus membuat poster untuk pelengkap sebuah lomba menulis yang saya ikuti.

Ternyata, beranjak masuk ke jaman kuliah, desain menjadi hal yang amat lekat dengan menulis. Tak lengkap rasanya jika tulisan yang kita buat tidak menyertakan gambar atau desain infografis yang mendukung. Jadilah saya lebih banyak aktif mendesain.

Ditambah lagi banyak amanah di beberapa organisasi yang mengharuskan saya menjadi bagian tim media yang sungguh sangat bersahabat dengan desain. Tiada hari tanpa mendesain, cielahh haha.

Apa yang Dimaksud dengan Feeds?

Menurut kamus Oxford Language, Feeds memiliki arti give food to atau memberi makan. Memberi makan merupakan istilah yang menjelaskan mengenai aktivitas rutin memberi makan agar kita bisa tetap hidup dan menjalankan fungsinya. Dalam konteks Instagram, feeds tentu saja maksudnya adalah mem-publish konten di Instagram baik berupa gambar pribadi, desain promosi, desain infografis dan lain-lain.

Apa yang Dimaksud dengan Feeds di Instagram?

Feeds di Instagram menjelaskan mengenai gambar atau foto yang terpampang di akun Instagram. Jadi, semua gambar yang di-upload ke Instagram disebut dengan Feeds. Kalau akun Instagramnya tidak ada gambar gimana? Ya, gak ada feeds itu namanya. Kamu bisa mengisinya dengan cara melakukan posting gambar atau foto.

Berapa Ukuran Feed IG?

Ukuran feeds Instagram yang bisa kamu gunakan adalah bentuk square 1:1 (1080 x 1080 px), horizontal 16:9 (1080 x 608 px), dan vertical 4:5 (1080 x 1350 px). Saya sendiri lebih memilih ukuran square untuk desain feed puzzle dan vertical untuk desain feed yang lebih luas. Sedangkan, horizontal lebih bagus digunakan untuk video.

Berapa Harga Desain Feed Instagram?

Harga desain feed instagram berbeda-beda di setiap desainer grafis. Harga standar yang dipatok adalah 15rb - 30rb per feed Instagram. Ada juga yang memberikan tambahan biaya, jika dalam satu feed terdapat lebih dari satu gambar (ada gambar yang di swipe ke samping itu lho).

Bagaimana Cara Membuat Feeds Instagram?

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi desain feed Instagram keren dan menarik yang bisa kamu gunakan. Aplikasi yang bisa kamu gunakan melalui Android dengan mudah adalah Canva, Picsart, Medibang, ibisPaint, Pixellab, Desygner Creative Design App, dan banyak lagi.

Ada juga aplikasi desain feed Instagram keren di laptop yang biasa digunakan oleh desainer profesional seperti CorelDraw dan Photoshop.

Tips Desain Feed Instagram Keren

Setelah membahas seputar desain feed Instagram keren di paragraf sebelumnya, nah kali ini Kuskus Pintar akan memberikan tips kece biar desain kamu enak dilihat. Apa saja tipsnya? Baca yuk sampai habis di bawah ini.

1. Tentukan Tema Feed Instagram

Tips pertama untuk desain feed Instagram keren dan menarik adalah menentukan tema feed. Feed IG yang seperti apa yang kamu inginkan? Biasanya untuk akun personal bisa menggunakan tema minimalis, black and white, vintage, horizontal lines, dan checkerboard. Sedangkan, feed IG untuk branding bisnis sebaiknya gunakan tema sesuai bidang bisnis yang kamu geluti.

2. Pilih Warna Secukupnya Saja

Beberapa desain memang kadang ada yang penuh warna dan kadang sangat minim warna. Sebaiknya gunakan tiga warna saja dalam satu desain, jika sudah lebih dari itu akan membuat mata menjadi "agak kurang nyaman".

Usahakan memilih warna yang menjadi ciri khas kamu atau branding bisnis milikmu. Biar warna lebih terasa seragam bisa juga menggunakan palet warna dari Canva, My Insta Palette, Colordot, dan lain-lain.

3. Jangan Boros Soal Font

Jangan karena banyak font yang bagus, maka kamu gunakan banyak font dalam satu desain feed Instagram. Pliss jangan haha. Lho, emangnya kenapa? Sudah pasti bakal gak enak untuk dilihat. Saya biasanya menggunakan dua font dalam satu desain. Font untuk judul atau headline dan font untuk isinya.

Bahkan Canva sepakat dengan argumen saya ini haha. Iya, platform desain yang terkemuka ini juga menyarankan untuk font perlu ada batasan sekitar dua atau tiga saja.

Baiklah, itu saja tiga tips penting yang perlu kamu junjung tinggi saat ingin membuat desain feed Instagram keren lagi menarik.

Baca juga:

Oiya, kamu juga perlu mempertimbangkan soal warna background dan kontennya. Jangan sampai background menutupi konten, alias gak kebaca! Hal ini bisa kamu antisipasi dengan membuat warna yang kontras dari salah satu sisi, bisa backgroundnya gelap dan isi kontennya terang.

Jika bingung membuat desain feed instagram, kamu bisa gunakan jasa dari Fastwork saja. Apalagi bagi pebisnis, kamu bisa fokus saja untuk mengurus penjualan. Soal desain, biar ahlinya yang bekerja.

Fastwork merupakan platform Freelancer terbesar di Indonesia. Ada banyak sekali jasa yang tersedia di Fastwork, termasuk jasa desain untuk feed Instagram. Harganya juga beragam, kamu bisa memilih freelancer yang sesuai. Di Fastwork kamu juga bisa memilih freelancer dengan melihat portofolio atau pengalaman kerja milik mereka. Lebih asyik dan terpercaya deh pokoknya.

Jika tertarik menggunakan jasa desain feed Instagram dari Fastwork, bisa langsung klik link https://fastwork.id/social-media-banner/social-media ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama