Cara Menaikkan Rating Google Maps dengan Mudah

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Menaikkan Rating Google Maps
Cara Menaikkan Rating Google Maps

Apakah kamu sedang mencari cara menaikkan rating Google Maps ya? Google Maps sendiri penting bagi kamu yang punya bisnis baik itu online maupun offline.

Saat ini Google melakukan update terhadap algoritma pencarian yang mereka miliki. Ketika kamu ingin mencari sesuatu yang berdasarkan lokasi, maka Google akan merekomendasikan tempat sesuai lokasi. Misalnya, jasa sedot wc Surabaya, digital printing Jogja, tempat makan di Palembang dan sejenisnya.

Nah, ketika kamu mengetikkan frasa kata kunci yang mengandung lokasi, maka otomatis Google akan memberikan rekomendasi berupa daftar bisnis yang sudah terdaftar di Google My Business.

Google Maps sebagai pelengkap di Google My Business untuk memberikan lokasi bisnis milikmu.

Salah satu upaya meningkatkan akun Google My Business kamu muncul di hasil penelusuran adalah dengan menaikkan rating Google Maps.

Cara Membuat Google My Business untuk Menaikkan Rating Google Maps

Jika kamu belum membuat akun di Goole My Business, segera buatlah. Kalau bingung, kami akan memberikanmu cara membuat Google My Business yang mudah agar rating Google Mapsmu meningkat.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan akun google.
  2. Siapkan koordinat titik dari tokomu di maps. Ini dilakukan agar orang bisa dengan mudah datang mengunjungi tokomu.
  3. Jika sudah menentukan titik tempat toko atau bisnismu, berikutnya kamu perlu mendaftarkan titik tersebut berserta detail tokonya.
  4. Proses telah selesai, selanjutnya kamu perlu melakukan verifikasi dari Google. Google akan memberikan kode verifikasi dalam bentuk surat yang dikirim ke kantor pos terdekat.
  5. Jika kamu sudah melakukan verifikasi, maka titik dan nama toko akan muncul di peelusuran google.
Lalu, pertanyaan selanjutnya "Bagaimana cara menaikkan rating Goole Maps dengan mudah?" Ouh tentu mudah sekali. Kamu perlu memperbanyak review atau ulasan mengenai toko, menjalin interaksi jika ada review yang masuk.

Cara Memperbanyak Review atau Ulasan Google My Business agar Rating Google Maps Meningkat

Kamu bisa melakukan berbagai hal agar bisa meningkatkan rating Goole Maps, salah satunya adalah dengan memperbanyak ulasan mengenai bisnismu di lokasi bisnismu. Review bisa datang dari mana saja, berikut kami beri tahu cara memperbanyak review Google Maps.

  1. Minta bantuan teman, kerabat, kenalan atau siapa pun untuk memberikan ulasan di Google My Business atau Google Maps.
  2. Jika pelanggan atau klien sudah memperoleh pelayanan atau produk yang mereka butuhkan, maka minta tolonglah untuk memberikan ulasan di Google Maps.
  3. Kamu juga bisa menggunakan strategi menaikkan peringkat bisnis di Google Maps seperti memberikan diskon atau potongan harga jika pelanggan melakukan review atau ulasan bisnis di Google Maps.
  4. Kamu bisa menggunakan jasa review Google Maps. Namun, cara ini terbilang licik sih. Jika bisnismu memang memberikan yang terbaik pelan-pelan banyak orang yang memberikan ulasan tanpa memakai jasa. Kalau mentok dan pengen cepat, ya sudah silakan dipakai haha.

Strategi Pemasaran dengan Optimalisasi Google Maps

Memang benar dengan mengoptimalkan Google Maps, maka kamu sudah menjalani strategi pemasaran yang mantap. Apa saja yang perlu dioptimalkan?

Berikut ini saran dari Kuskus Pintar untuk oprimalisasi Google Maps:
  1. Tulis Nama di Google Maps sesuai dengan nama bisnismu. Tulis secara baik dan benar seperti Sedot WC Sumber Baru, Toko Pakan Serba Ada, Distributor Kaos Distro Mas Joko, dan lain-lain.
  2. Jika mempunyai website, bisa kamu masukkan linknya.
  3. Lengkapi juga alamat, telepon, jam buka, opsi layanan, tanya jawab, informasi produk, foto produk dan lain-lain.
  4. Perbanyak ulasan atau review Google Maps. Kamu bisa mendapatkan banyak ulasan di Gmaps seperti yang sudah saya jelaskan tadi.
  5. Jangan lupa untuk membalas ulasan yang telah diberikan.

Cara Agar Tempat Bisnis Muncul di Google Maps

Kadang kala ada yang mengeluh bahwa tempat bisnis tidak muncul di Google Maps. Apa yang menyebabkannya tidak muncul? Tentu banyak sekali alasannya, salah satunya adalah banyaknya kompetitor.

Google menampilkan ulasan yang punya rating paling baik dari yang lain. Biasanya dilihat dari banyaknya ulasan atau rating yang tampil di Google Maps. 

Sebenarnya bukan hilang dari penelusuran Google Maps, hanya saja Google manampilkan tempat bisnis yang paling populer terlebih dahulu. Jadi, jika kamu mau bisnismu muncul paling atas, jangan lupa untuk melakukan cara menaikkan rating Google Maps yang telah saya berikan. Semoga bermanfaat ya.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama