Langkah Awal Memulai Bisnis Online

Daftar Isi [Tampil]
Langkah Awal Memulai Bisnis Online
Langkah Awal Memulai Bisnis Online

Di masa pandemi ini, di mana banyak bisnis yang mengalami penurunan, bisnis berbasis online tetap bertahan, bahkan banyak yang mengalami kenaikan. Dengan banyak dibatasinya pertemuan yang melibatkan banyak orang, maka banyak aktifitas yang beralih melalui online. Dengan banyaknya aktivitas menjadi online, kebiasaan berbelanja pun mulai bergeser menjadi online. Jadi memulai bisnis online di saat ini adalah saat yang sangat tepat.

$ads={1}

Bisnis online bisa berupa bisnis penjualan produk maupun bisnis jasa. Bahkan menjual kebutuhan sembako pun ada yang menjual secara online. Apapun yang dijual, harus dipersiapkan properti berjualan onlinenya.

Jalur penjualan online sangat luas, akan menggunakan satu jalur penjualan saja atau mengoptimasi semua jalur penjualan. Misalnya, mengoptimasi penjualan melalui sosial media saja atau melalui sosial media dan marketplace. Jalur penjualan online manapun yang dipilih, harus dioptimasi dan update setiap hari.

Langkah Awal Memulai Bisnis Online


Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai bisnis online :

Produk yang Akan Dijual

Berjualan di internet tidak harus menjual produk sendiri. Apabila belum bisa memproduksi produk sendiri, bisa berjualan dengan sistem reseller, dropship atau affiliate. Dengan sistem tersebut, penjual akan memperoleh margin atau komisi bila produk yang dijual laku. Selain itu, dengan menjual produk pihak lain juga bisa menjadi proses pembelajaran tersendiri dalam terjun di bisnis online.

Bila sudah mempunyai produk sendiri dan ingin memperluas pemasaran, jalur online adalah pemasaran yang efektif dengan biaya yang lebih murah.

Menyiapkan Media Sosial

Baik akan fokus berjualan melalui media sosial atau tidak, sebaiknya siapkan media sosial bisnisnya. Membuat media sosial gratis dan memiliki akun media sosial yang sudah berumur lama mempunyai keuntungan tersendiri.

Media sosial yang berusia lama dianggap sudah kredibel, bukan akun abal-abal oleh media sosialnya. Dengan demikian resiko dipinalti oleh pihak sosial media semakin berkurang. Jadi meski tidak fokus memasarkan melalui media sosial, akun media sosial sebaiknya tetap dibuat.

Buat media sosial yang biasa digunakan untuk aktivitas bisnis, seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, Line dan yang mulai naik daun karena efek viralnya, Tiktok. Bila berjualan jasa, pastikan juga mempunyai akun Youtube.


Menyiapkan Foto Produk

Langkah Awal Memulai Bisnis Online
Siapkan Foto adalah Langkah Awal Memulai Bisnis Online

Berbeda dengan berjualan secara langsung ke konsumen, berjualan online kesan pertamanya ada di foto produk. Tanpa foto produk yang menarik, toko hanya dilewati oleh konsumen tanpa dilihat detailnya lebih lanjut.

Tidak perlu menyewa fotografer bila budget minim. Pelajari trik - trik memotret produk yang ada banyak di internet baik berupa video tutorial atau artikel penjelasannya. Trik - trik tersebut akan membantu menghasilkan foto produk yang menarik.

Bila budget foto produk cukup banyak, bisa menyewa model atau influencer sebagai model dalam foto produk. Produk yang digunakan oleh influencer biasanya mendapat perhatian dari pengguna internet cukup besar.

Melakukan Riset Kata Kunci

Di internet, aktivitas berselancar untuk mencari sesuatu diawali dengan menulis kata kunci di kotak pencarian. Agar produk bisa muncul ketika sebuah kata pencarian tertentu ditulis, diperlukan optimasi.

Yang pertama harus dilakukan adalah riset kata kunci. Kata kunci yang sebaiknya digunakan adalah yang mempunyai volume pencarian cukup, tetapi kompetitor pengguna kata kunci yang sama sedikit. Volume pencarian kata kunci adalah jumlah pengguna internet menuliskan kata tertentu dalam waktu tertentu.

Setelah mendapatkan kata kunci yang tepat untuk produk yang akan dijual, kata kunci bisa dimasukkan ke dalam, nama toko, judul produk, deskripsi produk atau hashtag bila digunakan di media sosial.


Membuat Toko Online

Membuat toko online bisa secara gratis atau menggunakan website domain TLD yang berbayar. Baik yang gratis atau berbayar bisa menjaring konsumen. 

Toko online gratis bisa dibuat di sosial media yang biasa dipakai jual beli seperti Instagram, Facebook atau bisa membuat di marketplace.

Yang harus diingat ketika membuat toko online gratis di sosial media atau marketplace adalah harus mengikuti aturan main yang sudah ditetapkan oleh sosial media atau marketplace-nya Bila tidak, akun bisa kena banned atau diblokir oleh sosial media maupun marketplace.

Rutin Membuat Update

Langkah Awal Memulai Bisnis Online
Update untuk Langkah Awal Memulai Bisnis Online

Membuat toko di manapun, harus melakukan update tiap hari. Apabila tidak ada update, menurunkan kepercayaan calon konsumen, karena dianggap toko sudah tidak aktif lagi. Update harus dilakukan setiap hari.

Update yang dimaksud tidak harus selalu menambah produk baru, tetapi bisa berupa tulisan, review, tips, termasuk status toko sedang buka atau tutup. Dengan membuat update setiap hari, selain memberi kepercayaan calon konsumen, juga akan menaikkan posisi hasil pencarian di media sosial atau marketplace.

Membuat Promosi

Konsumen di manapun menyukai promosi, termasuk konsumen online. Jadi membuat event promosi di toko harus dilakukan. Untuk waktunya bisa kapan saja atau mengikuti waktu tertentu, misalnya dalam rangka menyambut hari raya, hari natal dan tahun baru atau mengikuti event harbolnas (hari belanja nasional) yang sekarang mulai tren di dunia online.

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai model, misalnya diskon, giveaway, cashback, gratis ongkos kirim, gratis produk tertentu dengan syarat dan ketentuan. Tentunya setiap promosi ada syarat dan ketentuannya masing-masing.

Review Dari Konsumen

Salah satu yang membuat keputusan konsumen untuk membeli suatu produk online adalah review atau ulasan dari orang lain yang sudah pernah membeli produknya. Bila reviewnya sangat memuaskan, toko akan menjadi laris dengan sendirinya.

Untuk mendapat review yang baik, pastikan pelayanan toko dan kualitas produk baik. Kualitas pelayanan toko dari kecepatan menjawab setiap pertanyaan, packing barang yang rapi hingga kecepatan mengirim produk setelah konsumen melakukan pemesanan. Komunikasi yang baik membuat konsumen puas.

Demikian artikel mengenai Langkah Awal Memulai Bisnis Online. Semoga bisa membantu kamu ya sobat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama