3 Bantuan Modal Usaha untuk Mahasiswa

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Bantuan Modal Usaha untuk Mahasiswa



Menjadi seorang mahasiswa pastinya kita akan banyak biaya yang dikeluarkan. Mulai dari biaya kuliah seperti perlengkapan kuliah, buku, tas, pena, uang kuliah tunggal (UKT), biaya kost dan lain-lain. Bahkan ada pula biaya gedung dan sejenisnya. Beda universitas, maka akan beda pula biaya yang akan dikeluarkan. Balik lagi, secara umum kalau biaya kuliah tidak terlepas dari yang sudah saya sebutkan di atas.

Baca juga:
$ads={1}

Banyaknya biaya yang dikeluarkan semasa kuliah, mahasiswa perlu memutar otak untuk memperoleh uang guna menutupi semua kebutuhan. Bagi mahasiswa kurang mampu bisa ikut beasiswa Bidikmisi dari Kementerian Indonesia. Namun, kadang kala beasiswa hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari seperti biaya kost dan makan.

Tentu kita ingin setidaknya ada uang yang bisa kita tabung untuk di masa yang akan datang atau sekadar menabung untuk membeli sesuatu yang kita inginkan. Membuka usaha, bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa yang ingin menutupi biaya hidupnya. Minta uang tambahan sama orang tua? Duh jangan deh, orang tua kita sudah berupaya bisa mengirimkan uang bulanan kepada kita. Kalau mau minta lebih itu rasanya kita gak bersyukur atau merasa kurang gitu saja.

Nah, perlu banget buat mahasiswa untuk membuka usaha biar bisa menabung. Saya sendiri ketika ingin membeli sesuatu yang diingankan, saya tidak akan memberitahu dan meminta kepada orang tua. Kalau mau ya berusaha sendiri.

Beragam jenis usaha juga pernah saya lakukan, demi mewujudkan keinginan saya. Misalnya beli handphone impian, beli laptop, atau sekadar beli buku bacaan dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini, Kuskus Pintar akan membahas mengenai 3 Bantuan Modal Usaha untuk Mahasiswa yang bisa kamu manfaatkan. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Bantuan Modal Usaha untuk Mahasiswa

Sebenarnya ada banyak bantuan modal usaha yang bisa diperoleh, namun kali ini saya hanya bisa bahas tiga saja. Tiga bantuan modal usaha untuk mahasiswa yang lumayan gedelah untuk membuka usaha atau bisnis untuk mahasiswa. Yuk cekidot baby huhu.

1. PMW (Program Mahasiswa Wirausaha)

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) adalah sebuah program wirausaha untuk mahasiswa di suatu universitas. Biasanya hampir di setiap universitas ada yang namanya program ini. Tujuan dari adanya PMW tentu tidak lain dan tidak bukan adalah memupuk semangat berwirausaha bagi mahasiswa dan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan usahanya.

PMW terbuka bagi siapa saja yang ingin memperoleh bantuan modal usaha untuk mahasiswa. Bisa bagi kamu yang baru ingin memulai usaha atau kamu yang sudah punya usaha tetapi ingin menambah modal. Cara cukup mudah, ketika ada pembukaan program PMW ini kamu tinggal daftar saja. Bisa perorangan dan bisa tim (maksimal 5 orang). Syarat yang diperlukan tentu ikut serta mengumpulkan proposal usaha kamu.

Dana yang dicairkan juga akan ditelaah kembali, apakah akan diberikan full sesuai proposal atau hanya setengahnya saja. Ya lumayanlah hehe.

2. PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

Bantuan modal usaha untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah PKM. Apa itu PKM ? Yuk simak sedikit pembahasannya.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah program dari Kemenristekdikti yang mewadahi kreativitas mahasiswa untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Salah satu output dari program PKM adalah mahasiswa bisa ikut Pekan Ilmiah Nasional atau PIMNAS.

Di sini kamu tidak hanya memperoleh dana untuk mengembangkan ide kamu, tetapi juga bisa sekalian ikut berkompetisi untuk beradu gagasan. Wow sekali bukan? Nah, di PKM ini ada 5 bidang yang bisa diikuti yaitu:
  • PKM-Penelitian (PKM-P)
  • PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M)
  • PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
  • PKM-Teknologi (PKM-T)
  • PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
Semua bidang dari PKM akan diberikan pendanaan sesuai isi proposal yang diajukan, khusus untuk PKM K (Kewirausahaan) kamu bisa mengembangkan usaha. Setiap keuntungan yang diperoleh itu bisa masuk ke kantong kamu, tidak perlu dikembalikan. Uuh, udah dapet dana gratis (bukan pinjam) terus keuntungannya masuk ke kantong sendiri pula. Nikmat syekaleee guys.

Apakah kamu ingin membuka bisnis properti untuk mahasiswa? Ada lo bisnis kayak gitu, yuk baca juga: Bisnis Properti untuk Mahasiswa

3. Koperasi Mahasiswa

Bantuan modal usaha untuk mahasiswa yang terakhir Kuskus Pintar ulas adalah bantuan modal dari Koperasi Mahasiswa (Kopma).

Koperasi mahasiswa di setiap kampus itu biasanya punya programnya masing-masing. Nah, setahu saya kita tidak hanya bisa simpan uang saja, tetapi bisa meminjam dana untuk mengembangkan usaha.

Misalnya, kamu membutuhkan modal 1 juta untuk membuka usaha pulsa kecil-kecilan, nantinya ketika memperoleh keuntungan akan dibagi sesuai kesepakatan di awal. Apakah dengan rasio 90:10 atau rasio lainnya tergantung ketentuan saat meminjam bantuan modal usaha.

Demikian artikel dari Kuskus Pintar mengenai 3 bantuan modal usaha untuk mahasiswa yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat ya. Jangan bingung-bingung lagi dech.

9 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Ada lagi bantuan lain buat mahasiswa: Traktiran kawan. Berasa banget kebantunya. Tapi jangan pula dijual nasi itu yang sudah siap di meja. Hiks :(

    BalasHapus
  2. Ada lagi bentuk bantuan lain buat mahasiswa : nyari duit dari lomba wkwk

    BalasHapus
  3. Sedikit menyesal belum pernah mencoba ketiganya ketika masih jadi mahasiswa dulu 😭

    BalasHapus
  4. Sorry to say, aku agak kecewa dengan oknum PMW. Why? banyak yh ikutan PMW hanya ngejer duinya saja, ketika udah menang, usaha nya tidak dijalankan. Aku pernah ikut PMW dengan usaha yg bener-bener udah jalan. Tapi ga menang hahaa

    BalasHapus
  5. Wah thanks mbak, emang ke tiga hal tersebut menjadi dasar pelarian anak-anak wirausaha untuk nambah modal heeh, lewat pkm dan pmw mahasiswa menjadi dapat mendapatkan tambahan modal usaha dari kampus heeh

    BalasHapus
  6. Sepakat. Kasihan dengan teman-teman lain yang benar2 butuh modal usaha, tetapi belum "menang", eh yg menang malah berfoya-foya dengan uangnya

    BalasHapus
  7. Terima kasih infonya Mbak *eh. Boleh dicobain nih buat para mahasiswa muda :)

    BalasHapus
  8. Menarik ini. Tapi bisa ditambahkan dgn berbisnis. Udah banyak Mahasiswa yg Nyambi berbisnis sekarang ni

    BalasHapus
  9. ingat bangget dulu selalu jd pejuang PKM hihiii tp seru juga yaaa :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama