9 Tanda Mengandung Anak Kembar, Apa Aja?

Konten [Tampil]
9 tanda mengandung anak kembar


Saya suka lucu dan gemas, ketika melihat anak kembar. Apalagi kembar identik, bak pinang dibelas dua. Saking lucunya anak kembar ini, beberapa pasangan banyak mengidam-idamkan punya anak kembar. Tahukah sobat Kuskus Pintar mengenai 9 tanda mengandung anak kembar? Belumm tau yaaa.

Baca juga:
$ads={1}

Jika sobat belum tau 9 tanda tersebut, mari pelan-pelan saya kupas informasinya di sini. Simak terus artikel ini.

9 Tanda Mengandung Anak Kembar

Dulu saya pernah menemukan pisang yang kembar di tandannya. Kata mamak, "Eiiit sini dibuang dulu sebelahnya. Ntar anakmu kembar." Iya, mitos yang beredar sejak saya kecil adalah makan pisang kembar (dempetan) itu bisa punya anak kembar.

Sejak memasuki usia produktif, saya pikir-pikir mitos itu gak ada logisnya sama sekali. Masa hanya makan pisang bisa punya anak kembar. Padahal kan itu gak ada hubungannya dengan organ reproduksi dan lain sebagainya.

Dari pada kamu mendengarkan mitos ini, yuk baca 9 tanda mengandung anak kembar di bawah ini.

1. Meningkatnya Berat Badan secara Drastis

Tanda pertama yang paling mudah adalah dengan ditandainya penambahan berat badan yang secara drastis. Berat badan ibu hamil dari awal bulan hingga masuk ke trisemester pertama (3 bulan kehamilan). Jika ada kenaikan berat badan yang drastis, nah bisa jadi ibu sedang hamil bayi kembar.

2. Punya Firasat Hamil Kembar

Seorang ibu intuisinya kepada anak itu sangat lekat sekali. Apalagi anak tersebut masih berada dalam kandungannya. Nah, ketika ibu hamil sudah punya firasat hamil kembar bisa jadi memang intuisi tersebut benar. Kalo kata orang, ikatan batin ibu dan anak itu kuat.

3. Mual yang berlebihan Bahkan Cenderung Disebut Lebay

"Ah masa mual sampe segitu parahnya, lebay deh kamu dik. Pas hamil anak pertama kemarin gak segitunya" Sebut suami. Eiit pak, jangan begitu sama istri ya. Bisa jadi mual yang dahsyat ini merupakan tanda kehamilan kembar.

Secara medis hal ini wajar saja terjadi karena ibu yang mengandung anak kembar kadar hormon hCG (Human Chrionic Gonaditropin) pada air kemih produksinya meningkat.

Baca juga: Apa itu ICCU

4. Adanya Gangguan Percernaan

Tidak hanya mual-mual yang berlebihan, ibu hamil yang diprediksi hamil kembar akan mengalami gangguan pencernaan. Ada beberapa gangguan pencernaan yang akan terjadi yaitu mulas, kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

Jika ibu hamil mengalami tanda-tanda ini, solusi untuk meringankannya adalah dengan makan makanan porsi yang lebih kecil dan dimakan secara berkala. Ibu hamil juga perlu menghindari makanan berminyak dan makanan terlalu pedas. Dan ibu hamil perlu banyak minum air putih agar pencernaan bisa kembali sehat.

5. Ukuran Kandungan Lebih Besar

9 tanda mengandung anak kembar, salah satunya adalah ukuran kandungan akan lebih besar. Hal ini beriringan dengan adanya peningkatan berat badan secara drastis. Jadi, wajar saja jika ibu hamil anak kembar perutnya lebih besar ya. Sedikit informasi, bahwa kandungan untuk satu bayi bisa mencapai 38-40 cm besar ketinggiannya, dihitung dari tulang pinggang. Nah, bayi kembar sendiri ukurannya lebih tinggi hingga mencapai 48 cm.


6. Janin Lebih Sering Bergerak

Tanda yang satu ini bisa dirasakan oleh ibu hamil. Bayi kembar akan lebih sering bergerak di dalam rahim. Apakah janin ibu juga demikian? Bisa jadi kembar lho itu.


7. Sesak napas

Tanda mengandung anak kembar yang selanjutnya adalah ibu hamil akan mudah sesak napas. Hal ini terjadi karena adanya dorongan diafragma yang membuat ibu hamil terengah-engah. Sesak napas memang menjadi salah satu gejala umum kehamilan. Tetapi, jika hal ini berlangsung terus-menurus segera ibu hubungi dokter.

8. Sakit punggung

Tanda selanjutnya adalah sakit punggung. Tanda yang satu ini juga berkaitan dengan berat badan meningkat dan ukuran kandungan yang lebih besar, sehingga beban yang ibu hamil bawa akan lebih terasa. Nah, ketika ibu hamil merasa sakit punggung itu bisa jadi ada bayi kembar di rahim.


9. Tes Kehamilan Terlihat Terang atau Sangat Positif

9 tanda mengandung anak kembar yang terakhir adalah saat tes kehamilan garis samar menjadi lebih terang. Biasanya ibu hamil anak satu garis di testpack terlihat samar, berbanding terbalik dengan ibu hamil kembar yang akan lebih terang. Testpack atau alat tes kehamilan akan mendeteksi kadar hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) di dalam tubuh ibu hamil. Ketika ibu hamil kembar, kadar hCG akan lebih banyak yang menyebabkan garis lebih gelap atau terlihat jelas.

Demikian 9 Tanda Mengandung Anak Kembar yang bisa Kuskus Pintar sampaikan. Semoga ibu hamil semakin yakin ya kalau kandungannya kembar. Selamat menanti kelahiran ya bu!

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama