Usia Kandungan 37 Minggu, Apakah Ibu Hamil Siap Melahirkan?

Konten [Tampil]
Usia Kandungan 37 Minggu


Kelahiran sosok si kecil di tengah keluarga selalu dinanti-nanti. Apalagi bagi mereka yang baru saja menikah. Tak jarang, pernyataan "Semoga segera memiliki momongan," akan sering diperoleh. Saat ibu sedang hamil, banyak orang akan bertanya perihal usia kandungan.

Baca juga:
$ads={1}

"Usia kandungan udah masuk minggu ke berapa jeng?"
"Wah udah gede ni, bentar lagi lahiran ya."
"Mau lahiran di mana bund?"

Dan berbagai kalimat-kalimat penasaran lainnya. Orang (termasuk saya juga) kadang akan menebak-nebak usia kandungan dengan lingkar perut buncit sekian. Gede nih udah masuk 9 bulan pasti. Iya, kita seakan ahli soal tebak-menebak tanda kehamilan.

Tahukah kamu kapan usia kandungan yang tepat untuk melahirkan? Apakah 36 minggu, 37 minggu atau 38 minggu? Simak artikel ini hingga selesai.

Usia Kandungan 37 Minggu, Apakah Ibu Hamil Siap Melahirkan?

Usia kandungan bagi ibu hamil yang siap melahirkan itu normalnya ketika sudah masuk minggu ke 38 hingga minggu 42.

Lalu, mungkin kamu akan bertanya "Apakah usia kandungan 37 minggu dikatakan normal dan siap melahirkan?"

Usia Kandungan



Usia kehamilan 37 minggu masih dikatakan normal dan cukup untuk melahirkan. Jika kurang dari usia kandungan tersebut, barulah dikatakan belum siap. Artinya, bayi yang lahir di usia kandungan <37 (kurang dari 37 minggu) akan disebut dengan bayi lahir secara prematur.

Usia kandungan kurang dari 37 minggu memang agak riskan dan cukup bikin kita (ibu hamil dan keluarga) khawatir tujuh keliling. Persoalan lahir secara prematur bukan perkara mudah, tetapi ibu hamil harus benar benar percaya dengan tim medis dalam proses melahirkan di ruang bersalin.

Intinya, jika ibu hamil sudah merasakan beberapa tanda ingin segera melahirkan di usia kandungan 37 minggu, ibu tidak perlu risau karena masih dianggap normal dan siap untuk melahirkan.

Perkembangan Janin Usia Kandungan 37 Minggu

Usia Kandungan 37 Minggu


Pasti kamu akan bertanya-tanya tentang perkembangan janin, mulai dari awal kehamilan hingga mendekati masa melahirkan.

Perkembangan janin di usia kehamilan 37 minggu itu sudah sebesar bayi yang siap lahir. Maksudnya, bayi ibu beratnya akan mencapai sekitar 2,85 kilogram.

Kemudian, janin pada usia kandungan 37 minggu akan memiliki panjang kurang lebih sekitar 48 cm.

Baby Center menyebutkan bahwa janin di usia kandungan 37 minggu ini anggota gerak bayi yang ada di dalam kandungan sudah berkembang cukup baik. Janin mampu menggenggam jari jemarinya di dalam kandungan. Bahkan ketika ada cahaya terang yang diarahkan ke perut ibu hamil, si calon bayi akan bergerak memutar ke arah datangnya cahaya.

Apa yang Perlu Ibu Hamil Lakukan untuk Menjaga Kesehatan di Usia Kandungan 37 minggu kehamilan?

Bagi ibu hamil, saat memasuki usia kehamilan 37 minggu maka perlu sekali untuk berkonsultasi dengan dokter. Keluarga perlu juga berjaga-jaga di minggu kehamilan siap melahirkan. Jangan sampai ibu hamil ditinggal seorang diri, paling tidak ada satu orang yang menjaga jikalau ibu hamil mengalami kontraksi ingin melahirkan.

Saat di usia kandungan seperti ini, ibu hamil perlu menjaga diri untuk tetap tenang dan tidak stres. Melakukan beberapa olahraga kecil demi tetap bugar dan menjaga pola makan yang sesuai anjuran.

Di usia kandungan 37 minggu kehamilan, ibu hamil sebentar lagi siap melahirkan. Ibu perlu tahu apa saja proses yang perlu dilewati selama masa persalinan. Ibu hamil juga perlu membaca-baca mengenai cara menghilangkan rasa sakit saat persalinan.

Dokter mungkin akan memberikan suntikan anestesi kepada ibu hamil yang ingin bersalin serta mengajarkan pula tentang teknik pernapasan selama proses melahirkan.

Demikian artikel mengenai usia kandungan 37 minggu yang bisa Kuskus Pintar bagikan. Semoga ibu dan bayi sehat seusai proses persalinan ya.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama