Penasaran Sama Fungsi Tulang Kering Manusia? Cek Sini

Daftar isi [Tampil]
Fungsi Tulang Kering
Fungsi Tulang Kering

Rangka tubuh manusia terdiri dari sendi dan tulang yang fungsinya sangat beragam untuk tubuh dan kesehatan. Ada berbagai jenis tulang dalam tubuh manusia yang mempunyai peranan sangat amat penting dan salah satunya adalah tulang kering. Tulang kering sering dikenal sebagai salah satu tulang yang tersebar pada dua bagian tungkai kaki. 

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai fungsi tulang kering. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran tentang fungsi dari salah satu tulang tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Kumpulan Fungsi Tulang Kering 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk tulang kering ini menjadi salah satu bagian paling penting di tubuh manusia. Bahkan, tanpa adanya tulang kering manusia tidak bisa berdiri tegak. Beberapa fungsi dari tulang kering yang harus Anda ketahui adalah: 

1. Sebagai Alat Penyambung Lutut dan Pergelangan Kaki 

Fungsi utama dari tulang kering adalah sebagai alat penyambung antara lutut dan pergelangan kaki. Selain itu, dengan adanya tulang kering ini bisa membantu pergerakan pada bagian pergelangan kaki supaya bisa bekerja lebih baik dan optimal. 

2. Sebagai Alat Penyangga Otot Tungkai Kaki 

Tulang kering tidak hanya dijadikan sebagai alat penyambung bagian lutut dan pergelangan kaki saja. Akan tetapi, tulang tersebut mempunyai fungsi untuk menyangga otot yang berada di bagian area tungkai kaki. Pada otot yang tertopang dengan baik ini bisa memberikan pergerakan pada area kaki supaya bisa lebih optimal lagi. 

3. Sebagai Alat Penyangga Berat Badan 

Pada tulang kering yang sehat bisa membuat kaki bisa menjadi lebih kuat lagi. Artinya, dengan begitu kaki bisa menjadi lebih kuat lagi untuk menopang berat badan yang dimiliki oleh seseorang tersebut. 

4. Sebagai Alat Menjaga Keseimbangan Tubuh 

Beberapa aktivitas yang dijalani dalam sehar-hari tidak bisa dijauhkan dengan peranan tulang kering. Untuk kondisi tulang kering yang sehat dan optimal ini bisa membuat kesimbangan tubuh bisa lebih terjaga lagi. 

Bahkan, dengan tulang kering yang sehat bisa melakukan aktivitas berjalan sampai dengan lari lebih lancar lagi. Resiko terjadinya jatuh pun juga sangat berkurang disaat tulang kering mempunyai kondisi sehat. 

5. Sebagai Alat Penggerak Pada Pergelangan Kaki 

Pergelangan kaki yang bisa bergerak dengan bebas, tentu saja dipengaruhi dengan peran dari tulang kering. Untuk tulang kering yang sehat dan optimal bisa membuat Anda bisa bergerak lebih bebas lagi. 

Ketika terjadi masalah pada tulang kering, Anda bisa langsung saja melakukan konsultasi pada dokter yang ahli di dalam bidangnya Hindari juga beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan pada tulang kering. 

Paling tidak, Anda juga mengetahui beberapa penyebab yang membuat tulang kering menjadi cidera atau sakit. Mengalami cedera pada tulang kering ini bisa membuat peran dan fungsinya menjadi menurun. 

Jangan sampai bagian tulang kering mengalami benturan cukup keras terhadap suatu barang. Dengan benturan tersebut juga bisa membuat cedera pada bagian tulang tersebut dan bisa saja Anda tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa. 

Menjaga kesehatan pada tulang kering sama pentingnya dengan menjaga kesehatan secara keseluruhan.  Sebelum melakukan olahraga, Anda sangat disarankan untuk melakukan peregangan dan pemanasan terlebih dahulu. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai fungsi tulang kering. Besar harapan dengan adanya penjelasan di atas bisa memberikan informasi kepada Anda yang belum banyak paham dengan fungsi dari anatomi tulang kering.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama