Cara Mematikan Laptop yang Hang dengan Aman

Daftar isi [Tampil]

Cara Mematikan Laptop yang Hang

Pernahkah laptop Anda mengalami hang? Masalah ini pada umumnya terjadi dalam dua kondisi. Pertama, laptop dan Windows dalam keadaan menyala namun laptop hang. Kedua, layar laptop mati, namun OS Windows masih berjalan. Jangan panik, Anda perlu mengetahui cara mematikan laptop yang hang dengan aman.

Jika laptop Anda mengalami masalah tersebut, satu-satunya cara untuk membuatnya normal adalah dengan mematikan laptop tersebut. Namun, mematikan laptop tidak boleh sembarangan karena bisa mengakibatkan kerusakan Windows semakin besar. oleh karena itu, Anda perlu mempelajari cara mematikan laptop yang hang tersebut.

Cara Mematikan Laptop Hang

Ada banyak cara untuk mematikan laptop yang sedang hang. Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Menggunakan Kombinasi Tombol ALT + F4

Anda bisa mematikan laptop dengan keyboard saat terjadi hang dengan menekan lama tombol keyboard ALT + F4 secara bersamaan. Nantinya Anda akan dihadapkan pada menu pilihan untuk mematikan laptop. Pilih dan klik Shut down. Dengan demikian secara otomatis laptop Anda akan menonaktifkan programnya.

2. Menggunakan Kombinasi Tombol CTRL + ALT + DEL

Cara mematikan laptop yang layarnya hitam untuk mengatasi laptop hang adalah dengan menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL. Kombinasi tersebut berfungsi untuk memunculkan pilihan menu logo. Setelah menu muncul, pilih Shut down dan laptop akan menonaktifkan programnya secara otomatis.

3. Menggunakan Tombol Windows

Selanjutnya cara mematikan laptop tanpa Shutdown saat terjadi hang. Cara ini sangatlah mudah untuk mematikan laptop yang hang, yaitu dengan menekan tombol Windows. 

Anda hanya perlu menekan tombol Windows, kemudian klik tanda panah ke atas, lalu klik tanda panah ke kanan, setelah itu klik enter. Secara otomatis laptop akan mati, namun hanya berlaku pada Windows XP dan Windows 7.

4. Menggunakan Kombinasi Tombol Windows + U

Kombinasi tombol Windows + U juga bisa digunakan untuk mematikan laptop yang hang. Tekan kombinasi tombol tersebut dalam waktu yang lama. Setelah itu, laptop secara otomatis akan mati.

5. Menggunakan Tombol Power

Cara mematikan laptop yang hang terakhir adalah dengan menekan tombol power dalam waktu lama. Setelah menekan tombol power dan terdengar suara ‘klek’ maka secara otomatis laptop sudah dinonaktifkan. Namun, cara mematikan laptop secara paksa ini tidak boleh sering dilakukan. Sebaiknya gunakan cara-cara sebelumnya terlebih dahulu.

Agar bisa terhindar dari laptop yang hang, Anda bisa menginstal pembaruan terbaru. Laptop bisa mengalami hang jika Anda tidak menginstal pembaruan terbaru dengan tepat waktu. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menjalankan Microsoft Windows yang resmi dan mengunduh pembaruan terkini. 

Cara Update Windows

Anda bisa mengatur pembaruan secara otomatis. Selain itu, pembaruan juga bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Pada Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1

Cara pembaruan pada Windows tersebut sebagai berikut:

  • Pertama, buka Control Panel

  • Setelah itu, pilih dan buka menu System and Security 

  • Kemudian, klik opsi Windows Update

  • Lalu Windows Update akan mengecek apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada, Anda bisa melihat pembaruan apa saja yang tersedia, lalu instal semua pembaruan tersebut.

Pada Windows 10

Pembaruan pada Windows 10 adalah sebagai berikut:

  • Pertama buka menu setting dan klik Update & Security

  • Setelah itu, klik Windows Updates, kemudian restart now.

Setelah mengetahui langkah mematikan laptop hang, Anda perlu mengetahui penyebab laptop mengalami hang.

Penyebab Laptop hang

Ada beberapa penyebab yang menjadi pemicu laptop mengalami hang. Berikut beberapa kemungkinan penyebab laptop mengalami hang:

1. Masalah pada Driver

Driver yang sudah lama atau mengalami rusak sering menjadi penyebab laptop mengalami hang. 

2. Terlalu Banyak Program yang Dibuka

Setiap program membutuhkan sumber daya internal dan eksternal agar bisa berfungsi dengan baik. Program yang berjalan secara bersamaan memungkinlan laptop Anda tidak memiliki memori yang cukup atau daya komputasi untuk mendukung semuanya.

3. Overheating

Panas berlebih pada laptop akan memperlambat kinerjanya. Bahkan suhu yang cukup tinggi bisa menyebabkan rusaknya integrated circuit pada sistem prosesor laptop tidak bisa digunakan. Ciri-ciri suhu yang lebih tinggi pada prosesor adalah ketika ada suara tidak normal dari kipas di dalam laptop. 

4. RAM Tidak Cukup

Salah satu kemungkinan yang menyebabkan laptop hang adalah karena laptop tidak memiliki RAM yang cukup. Kapasitas RAM akan mempengaruhi sistem agar tetap bisa berjalan dengan lancar.

5. Pengaturan BIOS

Adanya perubahan pada pengaturan BIO juga biasa menjadi penyebab sistem pada laptop berubah ke dalam mode freeze

6. Masalah Pada Perangkat Eksternal

Perangkat eksternal yang rusak dan terhubung ke sistem bisa menyebabkan laptop mengalami hang atau mengalami booting berulang yang sering terjadi. 

7. Kesalahan Pada Perangkat Lunak

Beberapa aplikasi bisa menyebabkan laptop hang. Hal tersebut kemungkinan dikarenakan aplikasi tidak kompatibel atau membutuhkan memori yang banyak untuk bekerja.

Cara mematikan laptop yang hang di atas bisa Anda lakukan jika laptop mengalami hang. Semoga pengetahuan tentang penyebab laptop hang dan cara mematikannya bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Anda juga bisa berkunjung ke Blog Dzikry untuk mengetahui tips seputar teknologi lainnya. Ada penjelasan terkait tips untuk laptop, android, iOs dan lain-lain. Silakan kunjungi di https://blogdzikry.com ya.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama