Cara Mendapatkan Dana Hibah untuk Koperasi yang Legal

Daftar isi [Tampil]
Cara Mendapatkan Dana Hibah untuk Koperasi


Demi mendorong semangat kerja dan membangun koperasi lebih baik, pemerintah menyampaikan tutorial atau cara mendapatkan dana hibah untuk koperasi. Harapannya, agar koperasi maupun UMKM dapat berkembang dengan pesat di tengah efek pandemi yang masih merajalela di Indonesia.

Penyaluran dana hibah yang dilakukan oleh pemerintah bukan tanpa arahan atau regulasi. Sebagai anggota atau ketua koperasi, kamu wajib mengetahui apa saja persyaratan atau mekanisme pengajuan dana hibah. Alhasil, dana hibah yang koperasi butuhkan dapat cair tanpa masalah.

Cara Mendapatkan Dana Hibah untuk Koperasi

Pendanaan merupakan salah satu hal mutlak yang harus koperasi  miliki agar dapat menjalankan program kerja dengan lancar. Permasalahannya, tidak semua koperasi dapat memenuhi dana operasional karena satu dan berbagai penyebab. Ketika koperasi kamu mengalami kesulitan keuangan, yuk ikuti beberapa cara berikut.

1. Manfaatkan Program Dana Hibah dari Pemerintah Pusat

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu isu yang tidak bisa kita lepaskan dari program pemerintah. Pemerintahan yang maju dan sukses dapat dinilai dari perekonomian yang membaik. Berusaha mewujudkan kondisi tersebut, pemerintah menghadirkan banyak terobosan bidang koperasi dan UMKM.

Terobosan yang pemerintah berikan bukan hanya melalui pemberdayaan SDM melalui workshop namun juga pemberian dana hibah. Dengan penyaluran dana hibah tersebut diharapkan koperasi yang kesulitan dana dapat kembali bergerak menjalankan kegiatan kerja sesuai tujuan awal mereka.

Satu hal yang harus kamu perhatikan saat mencari dana hibah pemerintah adalah program yang berlaku tahun ini. Mengapa demikian? Karena program pemberian dana hibah oleh pemerintah yang terjadi pada 2021 belum tentu berlanjut pada tahun berikutnya. Tugas kamu adalah memastikan program masih berjalan dan bisa diikuti.

2. Dana Hibah dari Luar Negeri

Banyak orang berbondong-bondong mencari nafkah atau mengejar pendidikan  ke luar negeri namun pernahkah terlintas dipikiranmu mencari dana hibah ke luar negeri? Beda dari program pemerintah yang sosialisasinya lebih banyak, bantuan dana hibah luar negeri tidak begitu familiar atau populer.

Padahal banyak sekali program pemerintah luar negeri yang memungkinkan WNI untuk memperoleh dana hibah. Jika kamu tertarik untuk mendapatkan dana hibah luar negeri maka pilihlah bantuan multilateral. Bantuan ini diberikan oleh lembaga keuangan internasional.

Indonesia yang termasuk sebagai anggota IDB memiliki kesempatan yang sama dengan negara lainnya untuk memperoleh dana hibah. Bagaimana regulasi, persyaratan hingga prosedurnya bisa kamu riset lebih mendalam.

3. Penyaluran Dana Hibah oleh Bekraf

Presiden selaku pemegang kekuasaan dan pemerintahan tertinggi di Indonesia memiliki hak untuk menunjuk badan pemerintahan tertentu sebagai lembaga penyalur dana hibah. Salah satu badan yang ditunjuk adalah Bekraf yang kemudian menerbitkan regulasi tentang BIP.

Skema bantuan ini modal non-perbankan yang memungkinkan siapa pun terutama pemilik usaha untuk memperoleh modal kerja. Proses pendaftarannya tersendiri terbuka lebar di website resmi Bekraf. Jumlah total alokasi dana yang pemerintah gelontorkan untuk pelaku usaha terpilih sebesar Rp200.000.000.

Besaran dana tersebut dapat kamu manfaatkan untuk biaya operasional koperasi. Bila permodalannya cukup kamu juga bisa mencanangkan program baru yang dapat menggerakkan koperasi ke arah yang lebih baik.

4. Bantuan Spesial dari Swasta

Cara mendapatkan dana hibah untuk koperasi selanjutnya datang dari swasta yakni perbankan. Sudah menjadi rahasia umum jika perbankan memiliki program bantuan untuk UMKM maupun koperasi. Selagi bantuannya ada dan berjalan, segera daftarkan koperasi kamu untuk memperoleh dana hibah.

Prosedur pendaftaran hingga keputusan layak tidaknya menerima dana hibah diatur seluruhnya oleh perusahaan swasta. Supaya dana hibah yang koperasi kamu butuhkan tidak terlepas dari genggaman silahkan ikuti seluruh persyaratan dan mekanisme yang berlaku.

Bila memungkinkan, kamu bisa mendatangi bank-bank tersebut untuk bertanya informasi lebih lanjut. Apakah bank mereka tengah mengadakan program dana hibah serta bagaimana cara pendaftarannya?

5. Program Penyaluran Dana Hibah dari BUMN

Jenis program bantuan dana hibah BUMN yang paling populer saat ini adalah PKBL. PKBL sengaja dipersiapkan dan diselenggarakan untuk para pelaku UMKM. Tujuan utama dari program ini adalah membantu permodalan UMKM dengan maksimal pembiayaan sebesar Rp200.000.000.

Walaupun sama-sama menjalankan usaha, baik koperasi dan UMKM keduanya memiliki program kerja yang berbeda. Kamu harus memperhatikan, apakah BUMN turut menyalurkan dana hibah untuk koperasi atau tidak.

Dana bantuan dari BUMN PKBL yang telah kami jelaskan tersebut disalurkan secara merata untuk sejumlah kegiatan. 
Pertama adalah peningkatan kesehatan, selanjutnya untuk pembangunan sarana ibadah hingga mitra binaan dan sebagainya.

6. Dana Hibah yang Disalurkan oleh Pemerintah Daerah

Tidak mau ketinggalan dari BUMN, sejumlah Pemda juga memberikan dana hibah sebagai program kesejahteraan masyarakat. Tujuan lain dari diadakannya program ini juga tak lain untuk meningkatkan grafik perekonomian daerah agar semakin naik bukannya menurun.

Setiap Pemda mempunyaI program dana hibah yang berbeda. Sasaran atau target marketing dari programnya pun bisa berubah sesuai aturan dan hukum yang berlaku. Kamu berkewajiban untuk memonitoring apa saja program dana hibah yang telah dicanangkan oleh Pemda. Sekiranya, bisakah koperasi turut andil berpartisipasi sebagai peserta penerima dana hibah?

Apa Itu Program Akselerator Koperasi Modern 2022?

Program pemerintah tentang bidang perkoperasian sangatlah banyak. Fokus utama pemerintah adalah mengembangkan SDM yang bagus dengan memanfaatkan teknologi canggih dan modern. Salah satu program koperasi yang sedang berlangsung saat ini adalah program Akselerator Koperasi Modern 2022.

Program tersebut bisa kamu akses pendaftarannya hingga 22 Juni 2022. Lantas, apa kaitannya Akselerator Koperasi Modern 2022 dengan dana hibah? Hubungannya sangat erat bahkan program ini memberikan impact yang lebih besar dari itu. Ingin tahu lebih lanjut, simak manfaat program Akselerator Koperasi Modern 2022 berikut.

1. Pelatihan Intensif

Memperoleh kucuran dana yang melimpah merupakan kabar baik tapi tidak akan bermanfaat jika tidak didukung oleh SDM terbaik. Penting bagi koperasi untuk terus melakukan upgrade SDM dengan mengikuti berbagai program pemerintah salah satunya adalah Akselerator Koperasi Modern 2022.

2. Pendampingan Bisnis dan Kelembagaan

Selain mendapatkan pelatihan intensif yang sangat membantu dan bermanfaat, program ini juga memungkinkan koperasi kamu untuk memperoleh pendampingan. Nantinya ada 2 jenis pendampingan yang pemerintah berikan yakni pendampingan bidang bisnis dan pendampingan kelembagaan.

3. Fasilitas Akses Permodalan

Bila koperasi kamu masih kesulitan permodalan atau butuh dana hibah, utarakan kondisi tersebut secara gamblang saat mengikuti program ini. Akselerator Koperasi Modern 2022 membuka kesempatan emas bagi koperasi untuk memperoleh fasilitas akses permodalan tanpa batas. Tentunya hanya 150 koperasi terpilih yang beruntung.

4. Fasilitas Akses Kemitraan

Selain fasilitas akses ke permodalan, program Akselerator Koperasi Modern 2022 juga menyiapkan akses kemitraan. Akses ini penting untuk meningkatkan kesejahteraan koperasi kamu melalui bantuan mitra lainnya. Semakin banyak mitra yang bekerja sama tentunya akan semakin baik.

Tak terbatas pada empat manfaat di atas, manfaat program Akselerator Koperasi Modern 2022 masih sangat banyak. Program ini terbuka secara umum untuk kategori koperasi yang memenuhi persyaratan.

Penutup

Koperasi adalah wadah banyak orang untuk melakukan berbagai kegiatan usaha. Supaya koperasi tetap berjalan lancar sesuai jalurnya, yuk  terapkan satu atau sejumlah cara mendapatkan dana hibah untuk koperasi seperti penjelasan kami di atas.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama