Apakah Koperasi Sejahtera Bersama Terdaftar di OJK? Cek Sini

Daftar isi [Tampil]
Apakah Koperasi Sejahtera Bersama Terdaftar di OJK

Banyak orang yang meragukan legalitas beroperasinya Koperasi Sejahtera Bersama (KSB). Bahkan muncul pertanyaan apakah Koperasi Sejahtera Bersama terdaftar di OJK atau tidak. Legalitas yang masih abu-abu ini, menjadikan banyak orang ragu dalam menggunakan layanan yang ditawarkan oleh KSB. 

Keraguan atas lembaga ini muncul karena bos atau pemimpin KSB dibekuk ketika berada di Bandara Soekarno-Hatta. Selain itu, ada juga kabar yang mengatakan bahwa KSB atau Koperasi Sejahtera Bersama, merupakan lembaga pinjaman online yang meneror seorang Ibu di daerah Wonogiri. 

Teror yang dilakukan, menyebabkan Ibu yang jadi targetnya, melakukan bunuh diri. Apalagi, keraguan semakin muncul ketika media sosial dari Koperasi Sejahtera Bersama (KSB), menyatakan bahwa mereka tidak pernah menyediakan pinjaman online. 

Dengan adanya kasus tersebut, pihak Koperasi Sejahtera Bersama juga mengeluarkan press-release yang menyatakan bahwa pihaknya, sama sekali tidak menawarkan jasa pinjaman online. Jadi, mungkin bisa dikatakan bahwa mereka hanya mengatasnamakan KSB. 

Apa Itu Koperasi Sejahtera Bersama? 

Koperasi Sejahtera Bersama itu sendiri, merupakan koperasi yang didirikan untuk usaha simpan-pinjam. Saat ini, KSB sudah memiliki kantor cabang yang sudah tersebar di berbagai daerah yang ada di Pulau Jawa. 

Bahkan menurut informasi yang didapatkan, koperasi ini masuk dalam 10 besar Koperasi Simpan Pinjam yang ada di Indonesia. Namun, apakah Koperasi Sejahtera Bersama terdaftar di OJK atau belum, masih jadi pertanyaan cukup banyak orang saat ini. 

Belakangan ini, KSB sedang diterpa oleh masalah yang cukup besar lantaran banyak orang yang mengira pihaknya melakukan teror pinjaman online. Padahal, KSB sudah merilis berita yang menyatakan kalau mereka, tidak melayani pinjaman online. 

Jika ada orang lain yang menawarkan pinjaman online atas nama KSB, maka hal itu bisa dikatakan sebagai penipuan yang menggunakan nama lembaga lain. Maka dari itu, setiap konsumen wajib cerdas dan teliti dalam memeriksa setiap informasi. 

Layanan dalam Koperasi Sejahtera Bersama

Ada cukup banyak layanan yang ditawarkan dalam Koperasi Sejahtera Bersama. Layanan ini, tentu bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin tahu apakah KSB ini, melayani pinjaman online atau tidak. Berikut penjelasannya: 

1. Simpanan

Layanan yang ada dalam Koperasi Sejahtera Bersama, adalah Simpanan. Dalam layanan satu ini, dibedakan menjadi beberapa kategori. Adapun kategori Simpanan yang disediakan yakni: 
  • Layanan Simpanan Digital
  • Registrasi Mitra Pemasaran
  • Simpanan Berjangka Maksimal
  • Simpanan Berjangka Xtra Save
  • Tabungan KOIN Sejahtera
Jika ingin tahu lebih detail mengenai masing-masing kategori, kamu bisa langsung cek website resmi milik Koperasi Sejahtera Bersama. Di sana, sudah ada penjelasan secara detailnya. 

2. Pinjaman

Selain itu, ada juga layanan lain yang juga menjadi layanan utamanya. Layanannya yakni Pinjaman. Dalam jenis layanan ini, Pinjaman dibagi menjadi beberapa kategori. Adapun kategori Pinjaman yang disediakan yakni: 
  • Pinjaman Komersial. 
  • Pinjaman Mikro
  • Pinjaman Cerdas untuk Karyawan
  • Pinjaman EzHajj
  • Pinjaman SB Lite
Kamu bisa melihat di sini, bahwa tidak ada opsi pinjaman online seperti yang belakangan ini dikabarkan. Jadi, jika ada yang menawarkan pinjaman online atas nama Koperasi Sejahtera Bersama, besar kemungkinan bahwa hal tersebut adalah penipuan. 

3. Layanan Khusus

Ada layanan khusus yang bisa diberikan oleh Koperasi Sejahtera Bersama. Layanan khusus ini, juga dibagi menjadi beberapa kategori. Adapun kategorinya yakni: 
  • Tunai KSB
  • Bayar Tagih
  • KSB Online
  • Transfer KSB
Kamu juga bisa melihat secara detail mengenai layanan khusus di atas melalui website resmi yang dimiliki oleh Koperasi Sejahtera Bersama. 

Apakah Koperasi Sejahtera Bersama Terdaftar di OJK?

Secara umum, kamu wajib mengetahui bagaimana peraturan yang ada di negara ini. Kalau koperasi, tentu sudah tidak butuh izin ke OJK karena memang ada lembaga lain yang mengawasinya. 

OJK hanya akan mengawasi lembaga perbankan, pasar modal, jasa keuangan non-bank, dan lembaga keuangan khusus, selain koperasi. Kalau koperasi sendiri, sudah dinaungi oleh aturan Kementerian Koperasi dan UKM. 

Jadi jelas, tidak akan terdaftar di OJK karena tidak membutuhkannya. 

Apakah Koperasi Sejahtera Bersama Penipuan?

Jika Koperasi Sejahtera Bersama yang sebenarnya, atau yang hanya melayani simpan-pinjam langsung di kantor cabang, tentu bukanlah penipuan. Tapi kalau kamu mendapatkan KSB yang menawarkan pinjaman online, jelas itu penipuan. 

Penulis sendiri juga menemukan dua website berbeda. Ada website https://kspsb.id/ dan juga www.sejahterabersama.web.id. Di sini, mungkin akan banyak orang terkecoh. Website yang benar adalah yang pertama, yakni https://kspsb.id. 

Sedangkan yang kedua, adalah website pinjaman online yang mungkin benar telah membuat seorang ibu di Wonogiri, mati bunuh diri. Jadi, jangan sampai salah ya!

Penutup

Saran dari penulis, lebih baik hati-hati saat ingin melakukan pinjaman. Kamu tidak hanya butuh pertanyaan sederhana seperti apakah Koperasi Sejahtera Bersama terdaftar di OJK. Melainkan juga butuh kecerdasan dan ketelitian dalam memeriksa informasi secara detail mengenai lembaganya.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama