Rekomendasi Beasiswa S2 dalam Negeri dan Tips Lolos

Daftar isi [Tampil]
Beasiswa S2 dalam Negeri


Pastinya sudah tahu buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan, beasiswa S2 dalam negeri bisa menjadi pilihan menarik. Selain menarik, tentunya ketersediaannya juga cukup banyak. Diimbangi dengan syarat pendaftaran yang relatif tidak rumit dibandingkan beasiswa di luar negeri. 

Bagi kamu yang ingin mengambil kesempatan pendidikan S2 melalui beasiswa ini, tentunya bertujuan untuk memperdalam ilmu pengetahuan serta nilai yang ada pada diri kamu bukan? Apalagi kamu akan dituntut profesional setelah memasuki dunia pekerjaan. 

Maka dari itu, kamu harus memilih pilihan beasiswa yang tepat sesuai dengan bidang masing-masing. 

Rekomendasikan Beasiswa S2 dalam Negeri

Di Indonesia sendiri pilihan beasiswa pendidikan banyak jumlahnya, khususnya S2 yang mempunyai banyak peluang kesempatan untuk diraih. Akan tetapi, perlu kamu tahu bahwa semua beasiswa mempunyai persyaratannya masing-masing sesuai spesifikasi. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan dengan sebaik-baiknya. Yuk, baca macam beasiswa S2 dalam negeri berikut ini:

1. Beasiswa S2 Unggulan Kemendikbud

Rekomendasi pertama yang penuh dengan ketertarikan yaitu beasiswa S2 Unggulan Kemendikbud. Beasiswa yang diperuntukan buat kamu yang mempunyai prestasi baik saat kuliah S1, baik itu prestasi akademik maupun non-akademik. 

Hal ini diperjelas kembali pada laman resmi beasiswa Puspendik Kemendikbud yang menyebutkan bahwa harus mempunyai prestasi, bahkan karyawan atau guru pun juga bisa turut serta mendaftarkan diri untuk bisa memperoleh beasiswa ini. 

Secara umumnya, persyaratan pertama yang harus kamu penuhi yaitu mempunyai IPK minimal 3,00. Disamping itu nanti, kamu harus menyertakan sertifikat prestasi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, baik di tingkat regional maupun nasional. 

2. Beasiswa S2 LPDP

Rekomendasi beasiswa S2 dalam negeri 2022 selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu LPDP. Siapa yang tidak tahu beasiswa ini? Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah kepada putra-putri bangsanya sejak tahun 2013 ini menawarkan berbagai macam pilihan jalur seperti reguler, afirmasi, PNS, TNI, dan lainnya.

Beasiswa dengan persyaratan minimal IPK 3,00 ini akan menanggung semua biaya kuliah dengan pendaftaran yang dibuka melalui dua tahap, biasanya tahap pertama akan dimulai pada bulan Mei hingga Juni. Sedangkan tahap kedua pada bulan Agustus hingga September. 

Untuk kamu yang ingin mencari dalam informasi mengenai beasiswa ini langsung bisa datang untuk mengunjungi situs resminya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

3. Beasiswa S2 Kominfo

Selanjutnya ada beasiswa S2 dalam negeri dari Kominfo. Beasiswa yang menawarkan biaya penuh mulai dari biaya kuliah, biaya penunjang hingga biaya hidup bulanan ini disalurkan melalui Kominfo pada bagian Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. 

Akan tetapi perlu untuk diperhatikan bahwa beasiswa dari Kominfo ini diperuntukkan bagi kamu yang mempunyai latar belakang pendidikan sekaligus pekerjaan pada sektor teknologi informasi atau startup lokal. 

Untuk pekerjaannya sendiri pun harus minimal 2 tahun serta nantinya sudah mendapatkan izin atau rekomendasi dari tempat bekerja atau pimpinan. 

Buat kamu yang sejalan dengan persyaratan beasiswa ini serta ingin  melanjutkan pendidikan S2 melalui  jalur beasiswa Kominfo bisa mengunjungi website resminya untuk informasi selengkapnya. 

Tips Lolos Beasiswa S2 Dalam Negeri

Setelah kamu mengetahui info beasiswa S2 dalam negeri yang bisa pilih dipilih, selanjutnya perhatikan baik-baik mengenai tips lolos beasiswa agar sesuatu yang menjadi tujuan kamu bisa terealisasikan. 

1. Perhatikan Persyaratan

Tips pertama yang harus kamu teliti dan perhatikan dengan baik yaitu persyaratan. Sebelum mendaftarkan beasiswa apapun itu pastinya kamu diharuskan melengkapi berkas dokumen. 

Biasanya permasalahan yang sering muncul yaitu terlewatkannya deadline, maka dari itu kamu harus memperhatikan dengan  teliti dari jauh-jauh hari. Apalagi berkas dokumen beasiswa yang menjadi persyaratan tersebut cukup banyak, oleh karena itu kamu harus mempersiapkan dari jauh-jauh hari. 

2. Membuat Rencana Studi dengan Jelas

Tips kedua ini diperuntukkan buat kamu yang mendaftarkan beasiswa dengan pernyataan rencana studi, seperti halnya beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP yang bertujuan untuk mencetak pemimpin masa depan ini diharapkan mampu berpikir secara visioner. 

Artinya, kamu harus mempunyai tujuan yang jelas sekaligus benar untuk bisa dicapai. Oleh sebab itu, kamu bisa mencantumkan dengan jelas rencana studi mulai dari jurusan, modul ataupun riset yang nantinya akan diambil. Jangan lupakan pula, rencana setelah kamu selesai menempuh pendidikan S2 tersebut. 

3. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Tips kedua apapun daftar beasiswa S2 dalam negerinya, tidak menutup kemungkinan adanya persyaratan kemampuan bahasa Inggris yang ditunjukkan oleh nilai TOEFL atau IELTS. 

Maka dari itu, kamu bisa menyiapkan hal ini jauh hari sebelum pengumuman pendaftaran dibuka. Karena untuk bisa mendapatkan sertifikat ini tidak hanya membutuhkan waktu satu hari saja, akan tetapi minimal seminggu. 

4. Percaya Diri dengan Mempersiapkan Mental

Jika kamu sudah mempersiapkan hal-hal yang menjadi persyaratan dengan sangat baik, satu hal yang perlu kamu ingat dengan baik bahwa percaya diri dengan mempersiapkan mental merupakan tips selanjutnya. 

Jangan dikira, beasiswa pendidikan S2 itu punya saingan sedikit. Salah besar, karena pesaingnya semakin banyak dengan semua pendaftar mempunyai persiapan yang matang-matang.

5. Berdoa

Tips paling ampuh ketika kamu sudah menyiapkan semua berkas dengan sempurna, maka tinggal berdoa. Berdoa kepada Tuhan untuk meminta jalan terbaik atas usaha yang sedang kamu lakukan. Dengan begitu, usaha sudah dan doa pun sudah tinggal tunggu hasil terbaiknya.

Sudahkah kamu merasa semakin yakin untuk melanjutkan pendidikan dengan beasiswa S2 dalam negeri? Guna memaksimalkan hal tersebut buatlah jadwal dan segeralah membuat persiapan.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama