3 Tipe Software HRIS yang Banyak Dipakai Perusahaan

Daftar isi [Tampil]
tipe software hris
Tipe Software HRIS

KuskusPintar.com - Banyak perusahaan saat ini mencari software HRIS untuk kebutuhan mengelola pekerjaan human resource mereka. Mengingat sumber daya manusia adalah aset yang berharga bagi perusahaan, maka harus dikelola dengan sangat tepat demi kelancaran bisnis.

Untuk itulah salah satu cara terbaik dalam mengelola SDM secara maksimal adalah dengan menggunakan aplikasi berbasis HRIS (Human Resource Information System). Berdasarkan fungsinya, ada 3 tipe aplikasi HRIS yang paling banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia untuk mengelola segala kebutuhan HR. 

Berikut ini 3 tipe software HRIS yang harus Anda tahu. Yuk, cari tahu sama-sama dalam artikel ini. 

Software HRIS Operasional 

Jenis HRIS yang pertama ada HRIS operasional. HRIS ini menyediakan keseluruhan data karyawan bagi para manajer terkait posisi kerja dan peraturan pemerintah yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.

Di dalam HRIS operasional terdapat pilihan modul terintegrasi yang berfungsi untuk mengelola keperluan HR terkait operasional, mulai dari urusan administrasi, pengelolaan absensi, hingga penggajian. 

Pada HRIS operasional terbagi menjadi 5 komponen, yaitu: 

1. Employee Information System

Employee information system ini digunakan untuk mengelola data pribadi karyawan, seperti nama, jenis kelamin, alamat, tanggal lahir, pendidikan, status pekerjaan, gaji, kewarganegaraan, dan lain-lain.
 
Selain itu pada komponen satu ini, ada pula informasi mengenai preferensi kerja, minat kerja, nilai psikotes, hingga keahlian atau keterampilan tertentu. 

2. Position Control System

Komponen ini digunakan untuk mengidentifikasi masing-masing posisi karyawan yang ada di perusahaan. Data-data di dalamnya ini terdapat nama jabatannya, serta orang yang mendudukinya. Dari sini juga bisa diketahui posisi-posisi apa saja yang sedang kosong dan siap dilakukan perekrutan karyawan baru jika dibutuhkan. 

3. Performance Management System

Performance management system menyediakan data-data terkait penilaian kerja dan produktivitas karyawan. Nantinya data tersebut dapat dijadikan sebagai acuan bagi manajer untuk apakah karyawan tersebut mendapatkan promosi, kenaikan jabatan, hingga pemecatan. 

4. Applicant Selection and Placement Information System

Komponen sistem ini sedikit berbeda dengan sistem sebelumnya, dimana fungsinya adalah untuk proses perekrutan karyawan. Ketika HR telah mendapatkan calon kandidat utama yang diinginkan, selanjutnya calon kandidat tersebut akan melalui proses screening, evaluasi, dan penempatan kerja pada posisi yang dibuka. 

5. Goverment Reporting and Compliance Information System

Sistem memberikan informasi terkait kepatuhan perusahaan terhadap segala peraturan dari pemerintah. Selain itu, pada sistem ini juga dapat difungsikan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan serta menekan budget pengeluaran SDM. 

Software HRIS Tactical

Software HRIS tactical fungsi utamanya adalah menyajikan data pendukung kepada manajer dalam hal menekan alokasi sumber daya. Sementara dalam divisi HR, tipe HRIS ini dapat membantu terkait urusan rekrutmen, analisis pekerjaan, kompensasi karyawan, pelatihan dan pengembangan karyawan, dan man power planning.

Dalam HRIS tactical dibagi menjadi 4 komponen, diantaranya adalah: 

1. Job Analysis and Design Information System

Sistem ini menyediakan data-data yang berisikan informasi internal perusahaan. Data yang dimaksud seperti informasi tugas karyawan, tanggung jawab supervisor, tentang serikat pekerja, dan lainnya. 

2. Recruiting Information System

Sistem digunakan untuk memudahkan tugas HR dalam membuat rencana dan strategi proses rekrutmen yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

3. Compensation and Benefit Information System

Fungsi dari sistem ini adalah untuk acuan dalam proses pengambilan keputusan terkait penggajian, kompensasi serta tunjangan karyawan yang bertujuan meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

4. Employee Training and Decision System

Adanya sistem ini akan sangat memudahkan pekerjaan HR dalam mengadakan pelatihan karyawan, baik itu karyawan baru maupun karyawan lama. 

Software HRIS Strategic

HRIS stretegic berfungsi untuk membantu untuk dapat menyamakan strategi perusahaan dengan karyawannya menggunakan performance review. Selain itu, tipe software ini juga memfokuskan pada perencanaan pengembangan karyawan, proses negosiasi karyawan, dan sebagai pendukung untuk pekerjaan di posisi tertentu. 

Tujuannya adalah untuk mengetahui dengan lebih detail mengenai SDM beserta rencana pekerjaan secara menyeluruh. Dalam software HRIS strategic dibagi menjadi 3 komponen, yaitu: 

1. Information System Supporting Workforce Planning

Sistem ini difokuskan untuk membuat rencana strategi jangka panjang, misalnya memperluas pasar, membuka cabang baru, hingga meluncurkan produk terbaru. 

2. Specialized Human Resource Information System Software

Berdasarkan namanya, sudah jelas sistem ini digunakan untuk mendukung fungsi manajemen SDM yang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu software komprehensif dan terbatas.
 

3. Information System Supporting Labor Negotations

Berguna untuk mendukung proses negosiasi dan menjaga hubungan dengan vendor, kerja sama dengan serikat pekerja, serta manajemen perusahaan secara menyeluruh.

Ketiga tipe aplikasi HR di atas yang paling banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan HR di perusahaan Anda. 

Untuk pilihan terbaiknya, Anda dapat mempercayakan segala urusan dalam pekerjaan HR kepada LinovHR sebagai salah satu software HRIS terbaik di Indonesia. Fitur yang disediakan pun beragam, mulai dari live attendance, penggajian otomatis, hingga benefit dan kompensasi karyawan.

Terlebih LinovHR merupakan software yang menggabungkan ketiga tipe HRIS di atas sehingga menjadi software HRIS yang powerful dan cocok digunakan oleh berbagai perusahaan di Indonesia. Demikian artikel yang membahas tipe software HRIS yang banyak dipakai perusahaan, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama