Cara Membuka File Obb di Android dengan Aplikasi

Daftar isi [Tampil]
Cara Membuka File Obb di Android
Cara Membuka File Obb di Android

KuskusPintar.com - Jika kamu ingin membuka file Obb di Android maka perlu aplikasi untuk akses Android Data pada sistem operasi Android 11. Nah, cara membuka file obb di android bisa dilakukan dengan menggunak beberapa aplikasi berikut ini.

OS (Operating System) Android generasi ke 11 ini memiliki pengaturan khusus dimana keamanan diperketat dibandingkan dengan versi android sebelumnya.

Scoped Storage yang merupakan fitur keamanan yang diterapkan pada Android 11. Hal tersebut menyebabkan beberapa folder tidak bisa diakses. Seperti folder di penyimpanan internal - Android - Data.

Tempat dimana data aplikasi dan game disimpan. Kamu tidak akan bisa mengakses lagi folder tersebut di Android 11 tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Developer Android mengatakan dari situs resmi mereka, bahwa pembatasan ini berfungsi untuk melindungi privasi pengguna.

Karena perizinan aplikasi Files atau Manager File bawaan ponsel android tidak diberikan. Sehingga perlu menggunakan aplikasi untuk akses Android Data, folder yang memang tidak boleh diakses oleh pengguna.

Padahal akses terhadap folder Android Data sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Seperti untuk mengganti file Obb game. Apabila ingin instal game yang terpisah dengan file Obb nya maka harus menyalin file tersebut ke folder Android - Data. Kalau pakai Manajer File bawaan kita tidak bisa melakukannya.

Maka dari itu, kita membutuhkan aplikasi untuk mengakses folder tersebut. Aplikasi android apa saja yang bisa digunakan? Ulasannya dibawah.

Aplikasi untuk Akses Android Data

cara membuka file obb di android
Cara Membuka File Obb di Android

Secara umum jika kamu menggunakan Android Pure/Stocks, aplikasi File Manager bawaan tidak bisa mengakses folder Android - Data. Jika dibuka maka tidak ada isinya alias disembunyikan oleh sistem. Padahal seharusnya disana berisi folder data untuk setiap aplikasi dan game yang terinstal. Berikut ini aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mengakses folder tersebut:

1. ZArchiver Biasa dan Pro

Aplikasi ZArchiver sebenarnya terkenal untuk membuat sebuah file menjadi arsip. Namun uniknya aplikasi ini bisa untuk mengakses folder Android - Data. Karena aplikasi ini telah disesuaikan oleh developer mampu menembus perizinan akses folder sistem.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ZArchiver versi biasa yang bisa diunduh di Play Store secara gratis. Untuk ZArchiver Pro, bisa membeli di Play Store atau unduh dari penyedia aplikasi pihak ketiga seperti APKPure, APKMirror,  QooApp, Aptoide, APK DL dan situs lainnya. Pilih salah satu yang cocok untuk ponsel android kamu baik yang biasa atau yang Pro.

2. X-Plore File Manager

Dikembangkan oleh Lonely Cat Games, aplikasi untuk akses Android Data ini tersedia di Play Store. Aplikasi ini terkenal sejak jaman Hp Symbian (S60) telah menjadi andalan untuk manajerial file. Sejak versi 4.24.15 aplikasi file manajer ini telah mampu membuka folder Android Data bahkan menyalin dan menghapus file didalamnya.

3. Solid Explorer

Aplikasi untuk akses Android Data selanjutnya yaitu diciptakan oleh NeatBytes. Kelebihan yang dimiliki selain untuk membuka folder sistem yaitu bisa memberi proteksi pada file dengan kata sandi dan fingerprint. Aplikasi ini juga mampu melakukan Batch Rename, Image - Music Text Editor, dan terkoneksi dengan mudah pada Google Drive, One Drive, Drop Box, Mediafire dan lainnya.

4. Total Commander

Ukuran paling kecil dari aplikasi untuk akses Android Data yang telah kami sebutkan sebelumnya. Hanya 2,1 Mb pada versi 3.30 kemungkinan besar aplikasi ini punya fitur dasar saja seperti Copy, Paste, Rename, Search. Jadi tidak banyak fitur tambahan membuat aplikasi ini lebih ringan untuk digunakan.

5. Autosync - File Sync & Back Up

Terlihat dari namanya, aplikasi besutan MetaCtrl ini punya kelebihan mampu melakukan sinkronisasi dan pencadangan file untuk Onedrive, Google Drive, Mega, Yandex, FTP, Dropbox dan lain sebagainya. Jadi selain bisa membuka folder Android Data, aplikasi ini berguna untuk sinkronisasi data dengan server penyimpanan.

Adapun aplikasi untuk akses Android Data lainnya yang direkomendasikan yaitu:

  • Speed Software Explorer
  • Root Explorer
  • MT File Manager
  • File Manager (dari File Manager Plus)
  • Mengakses menggunakan kabel data yang dihubungkan dengan komputer Windows 10 dengan mode penyimpanan
  • MiXplorer (dari Hootan Parsa)
  • Explorer (dari Speed Software)

Cara Membuka File Obb di Android

Ada banyak sekali memang aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakses file Obb, kamu bisa pilih salah satu saja. Nah, pada tutorial cara membuka file Obb di android kali ini, saya akan memberikan cara akses melalui aplikasi X-Plore.

  1. Pastikan kamu sudah punya file Obb yang ingin kamu buka.
  2. Silakan download aplikasi file manager X-Plore di Google Playstore.
  3. Kemudian, silakan buka aplikasi file menager X-Plore yang sudah kamu download tadi.
  4. Cari file atau data Obb yang ingin dibuka.
  5. Rename atau ubah nama data obb yang berformat obb menjadi zip. Pastikan yang kamu ubah buka folder, tetapi nama data Obb. Contohnya "nama game.obb" kemudian ubah/rename menjadi "nama game.zip" tanpa tanda petik.
  6. Setelah diubah menjadi "nama game.zip" silakan ekstrak lewat aplikasi X-Plore.
  7. Selamat, kamu sudah bisa membuka file Obb di android.

Jangan lupa ketika membuka aplikasi tersebut, berikan Izin (Grant Permission) agar aplikasi dapat mengakses dan mengedit file di dalam folder Android Data. Semoga artikel tentang cara membuka file Obb di android ini bermanfaat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama