Berapa Sih Modal Usaha Pecel Lele? Cek Perhitungan Ini

Daftar isi [Tampil]
Modal Usaha Pecel Lele
Modal Usaha Pecel Lele

KuskusPintar.com - Punya ide untuk membuka usaha pecel lele, tentu perlu segera direalisasikan. Pasalnya, modal usaha pecel lele yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Keuntungannya pun, cukup menggiurkan. Apalagi kalau kamu sampai punya resep khas untuk pecel lele yang dibuat.

Bisa dipastikan, usaha pecel lele yang kamu rintis, akan segera memiliki banyak pelanggan. Tapi itu merupakan hal yang bisa kamu capai, setelah kamu menyiapkan dan segera membuka usaha pecel lele-mu. Prosesmu, bisa dimulai dengan mengetahui berapa modal usaha pecel lele yang dibutuhkan terlebih dahulu. 

Setelah tahu modalnya, mungkin kamu juga sangat butuh mengenai tips agar lancar ketika membuka usaha jualan pecel lele. Pun juga, kamu mesti mengetahui apa saja kelebihan serta resiko usaha pecel lele. Penasaran mengenainya? Kamu bisa lanjut membacanya di artikel ini secara lengkap. 

Modal Usaha Pecel Lele

Terdapat beberapa kategori yang harus dimasukkan ke dalam modal usaha pecel lele. Beberapa kategori tersebut, memang merupakan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai usaha pecel lelemu. Adapun rincian secara lengkapnya, dapat kamu simak pada pada uraian berikut:

1. Modal Awal untuk Perlengkapan Usaha

Pertama, kamu perlu memasukkan perlengkapan usaha sebagai modal usaha pecel lele. Modal ini, nantinya akan digunakan untuk membeli beberapa perlengkapan penting. Monggo simak rincian modal dan perlengkapannya: 
  • Gerobak: Rp 1,5 juta
  • Terpal berukuran 4x6 meter: Rp 200 ribu
  • Etalase kecil: Rp 500 ribu
  • Peralatan makan serta dapur: Rp 800 ribu
  • Magicom ukuran sedang: Rp 300 ribu
  • Satu set spandung dengan ukuran 5x2 meter: Rp 400 ribu
  • Ember plastik 2 buah ukuran sedang: Rp 40 ribu
  • Kursi plastik, jumlah disesuaikan: Rp 450 ribu
  • Lampu: Rp 200 ribu
  • Meja: Rp 700 ribu
Kalau ingin buka usaha pecel lele, paling tidak, sediakan beberapa perlengkapan di atas. Modal usaha pecel lele-nya pun sudah disebutkan secara lengkap. Jika seluruh modal tersebut ditotal, maka jumlahnya adalah Rp 5.090.000. Ini masih tergantung dengan besar kecilnya usaha pecel lele yang akan kamu mulai.

Bisa bertambah kalau ingin usaha yang cukup besar dan bisa lebih kecil kalau memang ingin usaha pecel lele sederhana saja. Tapi, mungkin rincian modal di atas, bisa jadi acuan untuk membuka usaha pecel lelemu. Modal bisa berbeda kalau kamu memilih paket usaha pecel lele. 

Dengan kata lain, setiap perlengkapan dan kebutuhanmu, sudah langsung disediakan. Biaya atau modalnya bisa sangat berbeda. 

2. Modal untuk Beli Bahan Baku

Sebagai seorang penjual pecel lele, tentu setiap hari kamu butuh beli bahan baku. Kalau belum punya referensi, mungkin acuan yang akan dijelaskan pada bagian ini, bisa sangat membantumu. Secara lebih lengkap, monggo simak saja uraian berikut: 
  • 3kg ikan lele: Rp 75 ribu
  • 5L minyak goreng: Rp 70 ribu
  • 6L beras: Rp 60 ribu
  • 1kg telur: Rp 21 ribu
  • 1kg gula: Rp 12 ribu
  • Gas 3kg: Rp 35 ribu
  • Bahan-bahan sambel pecel: Rp 60 ribu
Nah kalau ini, merupakan modal usaha pecel lele yang harus dikeluarkan setiap hari. Jadi, kalau ditotal, setiap hari kamu butuh sekitar Rp 333.000. Jika ingin hitungan yang lebih mudah, kalikan saja dengan satu bulan. Maka hasilnya yakni Rp 9.990.000 dalam satu bulan.

3. Biaya Operasional

Tentu saja, masih ada biaya operasional yang kamu butuhkan. Biaya operasional ini, juga merupakan hal yang wajib dikeluarkan. Tentu kamu tidak ingin kalau usaha pecel lelemu, tidak punya penerangan, tidak bisa pakai listrik, dan tidak menggaji pegawai yang ada.

Jika ingin rincian modal usaha pecel lele, berikut ini informasi lebih lengkapnya: 
  • Sewa tempat: Rp 500 ribu
  • Retribusi: Rp 100 ribu
  • Listrik: Rp 50 ribu
  • Gaji karyawan: Rp 1,5 juta
  • Transport dan biaya lain-lain: Rp 200 ribu

Dalam sebulan, paling tidak, kamu harus mengeluarkan sejumlah modal usaha pecel lele yang sudah dirinci di atas. Jika dijumlahkan, maka totalnya yakni Rp 2.350.000. Ini untuk biaya operasionalnya. 

4. Total Modal Usaha Pecel Lele Satu Bulan Pertama

Lebih baik, kamu juga harus mengetahui modal usaha pecel lele dalam satu bulan pertama. Caranya mudah, jumlahkan saja semua kategori modal yang sudah dirinci di atas. 
Hitungannya begini:

Rp 5.090.000 + Rp 9.990.000 + Rp 2.350.000 = Rp 17.430.000

Jadi, total biaya yang harus kamu keluarkan dalam satu bulan pertama plus modal perlengkapan yakni Rp 17.430.000. Monggo persiapkan modal usaha pecel lele seperti yang telah disebutkan. Jangan buru-buru, kamu bisa mulai menyimpannya sedikit demi sedikit. Usahakan nggak perlu ngutang biar bebanmu nggak kebesaran. 

Tips Sukses Jualan Pecel Lele

modal usaha pecel lele
Tips Usaha Pecel Lele

Tak lupa pula, kamu harus mengetahui bagaimana tips sukses agar mendapatkan keuntungan usaha pecel lele secara maksimal. Dengan mengetahui tipsnya, probabilitas usaha pecel lelemu bisa sukses, juga akan semakin membesar. Kalau ingin tahu tipsnya, nih ada beberapa: 

1. Pakai Resep Khas Sendiri

Ini merupakan faktor yang sepertinya harus dijalankan. Paling tidak, kamu harus meracik dan menggunakan resep khas sendiri. Jadi, pecel lele milikmu, akan berbeda dengan usaha pecel lele yang lain atau kompetitor. Kalau di manajemen, itu ada faktor uniqueness. 

Faktor tersebut, memang cukup berpengaruh terhadap diminati atau tidaknya suatu produk. Termasuk juga produk pecel lele. Produk yang unik, biasanya akan nempel di benak pelanggan. Dalam hal usaha pecel lele, kalau rasanya unik, mungkin akan banyak pelanggan yang akan mengingat usahamu saat ingin beli pecel lele. 

Jadi sebisa mungkin, usahakan jualan pecel lele dengan resep khas milikmu sendiri dibandingkan pakai resep yang sama dengan usaha sejenis. 

2. Lokasi yang Strategis, Pinggir Jalan Lebih Bagus

Kebanyakan, usaha pecel lele yang laris itu, terletak di lokasi strategis. Biasanya sih di pinggir jalan. Kalau pecel lelemu ada di pinggir jalan, bukan tak mungkin kamu bisa membuat usaha pecel lele yang sangat laris dibandingkan pesaing. Coba saja usaha untuk cari lokasi tersebut. 

3. Jaga Kebersihan

Lele itu, sepertinya sangat identik dengan hal-hal yang kotor. Jika ingin memberikan kesan berbeda, tentu kamu harus menjaga kebersihan dari gerobak dan tentu saja setiap hal yang ada dalam usaha pecel lelemu. Entah itu dari ikan, bahan, piring, sendok, sayur, dan pokoknya semuanya. 

Kalau melakukannya, kamu bisa memberikan nilai lebih terhadap usahamu di mata para pelanggan dibandingkan usaha pecel lele lainnya. 

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Pecel Lele

Selain itu, kamu juga harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan saat menjual pecel lele. Jadi pengetahuanmu bisa lengkap. Mulai dari modal usaha pecel lele, sampai tahu pada kelebihan serta kekurangannya. Adapun kelebihan-kekurangan dari usaha ini yakni: 

1. Kelebihan

  • Disukai banyak orang.
  • Harga makanan terjangkau.
  • Tidak tergantung musim. 
  • Bahan baku mudah diperoleh. 

2. Kekurangan

  • Bahan baku harus selalu segar. 
  • Sayur dan bahan pelengkap lain juga harus segar. 
  • Bisnis yang banyak kompetitornya. 
  • Lokasi strategis sukar didapatkan. 

Sepertinya, beberapa uraian di atas sudah cukup untuk menuntaskan rasa penasaranmu terhadap berapa modal usaha pecel lele sampai pada kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi ini membantu.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama