Tips Belanja Online yang Cerdas dan Aman

Daftar isi [Tampil]
Tips Belanja Online yang Cerdas dan Aman
Tips Belanja Online yang Cerdas dan Aman

Kamu suka belanja online? Kalau iya, apakah kamu sudah mengetahui apa saja tips belanja online secara cerdas lagi aman? Saya rasa jawabannya tidak demikian. Saya juga yakin, bahwa kamu berbelanja online dengan cara yang sembarangan dan asal pencet saja. 

Padahal, belanja online dengan serampangan, bisa menimbulkan risiko yang tidak sedikit. Ada berbagai kemungkinan yang bakal terjadi. Misalnya saja, ada yang memanfaatkan kemudahan belanja online untuk kejahatan. Terkadang, ada saja pihak yang berjualan barang palsu, sampai pada penipuan. 

Bentuk penipuannya bisa beragam. Terkadang ada yang menipu dengan barang yang tak kunjung sampai atau bahkan ada yang sampai tega melakukan hack kartu kredit seseorang. Hal ini dilakukan oleh penjual yang tidak bertanggung jawab dan memiliki kompas moral diri yang tidak beraturan. 

Kalau kamu tidak ingin beberapa hal di atas terjadi, ada baiknya menyimak tips belanja online yang cerdas serta aman pada bagian berikut ini. 

Tips Belanja Online yang Cerdas dan Aman

Kira-kira, bagaimanakah cara agar belanja online bisa aman dan bisa cukup cerdas ketika berbelanja? Pertanyaan itu akan dijawab dengan ulasan mengenai beberapa tips yang harus kamu lakukan sebelum atau ketika berbelanja online. Penasaran? Sejumlah tipsnya akan disediakan pada bagian berikut. 

1. Berbelanja di Online Shop Terpercaya

Tentu saja, tips belanja online pertama adalah melakukan kegiatan belanja di online shop yang terpercaya. Indikator dari suatu online shop sudah terpercaya itu ada banyak. Misalnya saja, memiliki rating dari pelanggan yang cukup tinggi, ulasan dari pelanggan yang membeli barang, atau akun yang sudah terverifikasi. 

Kamu bisa mengeceknya melalui produk-produk yang sudah terjual. Bisa juga dengan mengecek secara lengkap tentang online shop tersebut. Akun yang sudah terverifikasi, sama halnya dengan akun media sosial. Terkadang ada centang, ceklist, atau tulisan kecil yang bertuliskan trusted atau terpercaya. 

Memang, kamu harus cukup selektif dalam memilih online shop. Jika tidak beberapa kerugian di atas tidak akan bisa kamu minimalisir. Pun sama halnya jika kamu berbelanja di website. Kamu harus memastikan kelengkapan dari website tersebut. Jika website terlihat mencolok dan memang niat menggarap fiturnya, maka ia terpercaya. 

Namun, jika website tersebut hanya ala kadarnya, ada baiknya untuk segera menutup dan mencari website lain yang lebih terpercaya. Ini pertama. 

2. Mewaspadai Barang yang Ditawarkan dengan Harga Murah

Harga, juga bisa jadi salah satu indikator apakah website ataupun suatu lapak dalam marketplace bisa dipercaya atau tidak. Biasanya, barang-barang yang murah cenderung memiliki kualitas yang tak kalah murahnya. Idiom ‘ada harga ada kualitas’ memang harus dipegang teguh.

Tidak apa mahal, selama barang tersebut original, punya garansi, dan kualitasnya memang sangat baik. Buat apa beli barang murah yang paling satu dua hari pemakaian, sudah hancur tak bersisa. Bukannya menghemat, malah kamu rugi dari biaya pembelian, ongkir, waktu, dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, pastikan kamu berbelanja barang yang ditawarkan dengan harga wajar. Jangan lupa untuk membandingkannya dengan barang-barang sejenis. Kalau rentang harga tidak terlalu jauh, maka hampir bisa dipastikan bahwa barang tersebut memang berkualitas. 

Namun jika jarak harganya sangat jauh, hampir bisa dipastikan bahwa barang tersebut memang murahan, mudah rusak, dan juga tak layak dibeli. Mending cari barang lain saja. Ini tips belanja online kedua. 

3. Membaca Deskripsi Produk yang Akan Dibeli

Ada baiknya, kamu harus membaca deskripsi produk sebelum membelinya. Penjual yang niat berjualan, tentu saja akan melengkapi informasi deskripsi produk. Jika tidak, kemungkinan besar penjual tersebut memang malas, barang yang dijual abal-abal, alias tidak berkualitas.

Penjual yang baik, tentu saja akan memudahkan para pelanggannya. Salah satu caranya yakni dengan memberikan deskripsi produk secara lengkap. Misalnya, ada informasi tentang tipe, kelebihan, fitur-fitur, dan kelengkapan deskripsi lainnya. Jika demikian, maka kamu bisa melanjutkan transaksi belanja online. 

Kalau penjualnya tidak niat, tidak memberikan deskripsi produk, apalagi fotonya buram dan tidak jelas, abaikan saja. Penjual tersebut mungkin hanya iseng menjajal dunia jual-beli dengan hati yang setengah-setengah. Ini adalah tips belanja online ketiga. Apa masih ada lagi? Sabar, masih ada. 

4. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Aman

Tips belanja online selanjutnya, yakni dengan memilih metode pembayaran yang paling aman. Kamu bisa memilih metode pembayaran COD atau Cash on Delivery. Dengan begitu, uang akan kamu bayarkan setelah barang sampai ke tempat tujuan. Hal ini akan mengurangi risiko penipuan. 

Namun harap ingat, bayar dulu baru buka paketnya. Dan lagi, jangan marahi kurir yang sedang bertugas. Kamu cukup bebal jika melakukan hal demikian. Kurir tugasnya mengantar, bukan sekaligus menjadi tempat dampratan kalau kamu kesal terhadap produk yang diantarkan. 

Selain COD, kamu juga bisa memilih metode pembayaran rekening bersama. Dalam sistemnya, rekening bersama atau yang akrab disebut rekber, baru akan mentransfer uang tersebut jika barang sudah sampai ke tangan pembeli. Jika tidak sampai, maka uang akan tertahan. Pihak penjual juga akan kerepotan jika niat menipu. 

Dengan rekber, maka transaksi dalam belanja online akan sangat aman. Kalaupun kamu ingin menggunakan kartu kredit, ada baiknya menggunakan Virtual Credit Card atau VCC saja. Buatlah di lembaga perbankan yang sudah terpercaya dalam hal pembuatan dan punya kelebihan dalam produk VCC-nya. 

Itu semua adalah tips belanja online yang cerdas dan aman. Namun, ada satu hal yang sangat penting dipertimbangkan, yakni rekomendasi tempat belanja online yang memang sudah dikenal aman, terpercaya, dan produknya juga sangat baik.

Baca juga:

Belanja Online di Fossil Indonesia

Salah satu yang memang direkomendasikan sebagai tempat belanja online yang aman, terpercaya, dan juga menawarkan produk berkualitas adalah dengan berbelanja di Fossil Indonesia. Semua hal yang telah dijadikan tips tadi, seluruhnya sudah disediakan di fossil.co.id.

Tempat belanja online ini, sudah memenuhi beberapa prasyarat sebagai salah satu toko online yang aman serta terpercaya. Misalnya, websitenya digarap dengan sangat baik. Informasi mengenai produk yang dijual juga sangat lengkap. 

Jika kamu mencari jam tangan dengan jenis smartwatch, leather watches, stainless steel watchs, atau jenis jam tangan lainnya, Fossil adalah pilihan yang tepat. Pun juga halnya dengan produk tas berkualitas. Ada banyak jenis tas dengan kualitas oke punya di toko online ini.

Belum cukup dua barang tersebut, bahkan sampai aksesoris untuk keperluan traveling juga disediakan. Dan lagi, ada banyak promo yang ditawarkan. Fossil Indonesia akan memenuhi kebutuhan belanja online yang nyaman, aman, serta tawaran untuk berbagai  produk berkualitas.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama