Mengenal Jenis-jenis Baut dan Mur untuk Berbagai Keperluan

Daftar isi [Tampil]
Jenis-jenis Baut dan Mur
Jenis-jenis Baut dan Mur

Baut dan mur merupakan barang yang banyak dibutuhkan. Misalnya saja, untuk keperluan otomotif, pabrik, atau bisa juga untuk kebutuhan rumahan. Baut dan mur dengan berbagai jenisnya, merupakan barang fungsinya menggabungkan sejumlah komponen agar bisa menjadi satu bagian.

Tidak seperti menggunakan las,  penggunaan baut dan mur sifatnya tidak permanen. Maka dari itu, sambungan yang menggunakan baut dan mur bisa dipasang dan dilepas tanpa menimbulkan risiko kerusakan pada barang yang disambung. Di pasaran, ada berbagai jenis serta harga baut dan mur

Kamu bisa mendapatkannya di berbagai toko peralatan. Namun sebelum itu, pengetahuan mengenai jenis baut dan mur, adalah hal yang perlu diketahui lebih dulu. Jika tidak tahu, bukannya membeli baut yang sesuai fungsi, malah membeli baut yang tidak sesuai dengan penggunaannya. 

Pengetahuan tentang keduanya, tentu saja sangat penting. Pasalnya, baut dan mur juga memiliki beragam jenis. Dan berbagai jenis tersebut, memiliki kegunaannya masing-masing. 

Jenis-jenis Baut dan Mur

Seperti yang telah dikatakan, baut dan mur memiliki banyak jenis. Selain itu, harga baut dan mur juga bervariasi, tergantung pada jenis dan kuantitas yang dibeli. Adapun jenis-jenis baut dan mur yakni sebagai berikut: 

1. Carriage Bolts

Carriage bolt merupakan jenis baut dan mur yang banyak digunakan pada komponen kayu. Baut ini, berbentuk kubah di bagian kepalanya dan berbentuk persegi empat di bagian lehernya. Bentuk persegi tersebut, fungsinya agar bisa mempererat komponen yang disambung. 

Caranya yakni dengan menekannya hingga masuk ke dalam kayu dan bisa menghasilkan sambungan yang kuat. 

2. Square Head Bolts

Square Head Bolts merupakan jenis baut yang cukup banyak digunakan. Baut yang bentuk kepalanya segi empat ini, biasanya banyak digunakan untuk pekerjaan konstruksi dan juga pada industri berat. 

3. Flange Bolts

Selain itu, masih ada juga jenis lainnya, yakni Flange Bolts. Jenis baut yang satu ini, memiliki bubungan pada bagian bawah kepalanya. Baut ini didesain khusus agar bisa memberi kekuatan pada baut seperti ketika menggunakan washer. Materialnya beragam mulai dari besi berat sampai baja hitam. 

4. Hex Bolts

Jenis Hex Bolts ini, merupakan baut yang pada umumnya ditemukan di pekerjaan konstruksi ataupun perbaikan. Baut ini, memiliki ciri kepala yang bentuknya segi enam atau hexagonal. Jenis baut ini, mempunyai sifat atau bahan baku tertentu yang disesuaikan terhadap komponen yang akan disambung.
 
Bahan baku dari jenis baut satu ini di antaranya: carbon steel, stainless steel, serta alloy steel yang biasanya sudah dilapisi dengan seng plating atau kadium agar risiko terjadinya korosi bisa diminimalisir. Pengaplikasiannya, bisa kamu temukan di banyak tempat.

Misalnya saja pada eksterior, otomotif kelautan, lingkungan dengan tingkat suhu tinggi, dan juga di pesisir.

Itu adalah beberapa jenis baut yang pada umumnya digunakan untuk keperluan otomotif, konstruksi, industri berat, dan juga kebutuhan rumahan. Sebagai pelengkap, baut tak berdiri sendiri. Ia membutuhkan mur agar bisa tersambung dengan kuat dan rapi.

Jenis-jenis Mur yang Banyak Digunakan

Adapun beberapa jenis mur yang banyak digunakan yakni sebagai berikut:

1. Mur Segi Enam

Mur segi enam memang banyak digunakan untuk berbagai keperluan industri. 

2. Castellated Nut

Mur yang di bagian kepalanya memiliki bentuk mahkota ini adalah salah satu jenis mur yang didesain lengkap dengan mekanisme penguncian. Kepala mahkota yang ada di mur jenis ini, berfungsi untuk mengatur posisi mur agar tidak berubah posisi sesuai dengan yang telah ditentukan. 

3. Mur Pengunci

Ada juga mur pengunci yang memang ukurannya lebih tipis dibandingkan jenis mur lainnya. Mur pengunci, biasanya dipasang pada bagian bawah mur utama. Fungsinya tentu saja, untuk mengunci sambungan agar semakin kuat dan tidak goyah ketika digerak-gerakkan. 

Semua jenis baut dan mur di atas, merupakan yang pada umumnya dipakai oleh banyak orang. Harga baut dan mur tersebut, biasanya disesuaikan dengan berapa banyak atau kuantitas yang ingin kamu beli. Kamu bisa mendapatkannya di toko peralatan yang ada di daerahmu. 

Jika memang belum menemukannya, kamu bisa membelinya di Monotaro Indonesia. Di sini, kamu bisa membeli berbagai jenis baut dan mur serta berbagai macam alat pengikat lainnya. Segala kebutuhan baut dan mur yang kamu inginkan, sudah tersedia di Monotaro.

Baca juga:

Mengapa Harus di Monotaro Indonesia?

Ada alasan tertentu mengapa kamu harus berbelanja di Monotaro, salah satunya adalah karena di sini, kamu akan disediakan koleksi yang lengkap serta harga baut dan mur yang terjangkau. Selain itu, masih ada layanan lain yang ditawarkan, yakni Pembayaran Tempo (TOP). 

Apa Itu Pembayaran Tempo (TOP)?

Jadi, Pembayaran Tempo merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Monotaro Indonesia, khusus bagi customer perusahaan (PT). Nantinya, ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan. Jika kamu ingin tahu informasinya lebih lanjut, silakan hubungi Customer Service Monotaro di cs@monotaro.id.

Demikian artikel mengenai jenis-jenis baut dan mur, semoga bermanfaat ya.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama