Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Tidak Mudah Sakit

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Tidak Mudah Sakit
Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Tidak Mudah Sakit

Cara merawat bayi baru lahir agar tidak mudah sakit sebenarnya mudah, hanya saja kadang kita sering melewatkannya. Bagi para orangtua yang baru memiliki bayi, penting nih untuk mengetahui tips merawat bayi yang akan dibahas oleh Kuskus Pintar kali ini.

Bayi adalah seorang anak manusia yang baru saja lahir. Bayi yang baru lahir butuh sekali perawatan yang intensif karena tubuh mungil mereka masih amat sensitif. Bagi keluarga yang sudah lama menunggu kelahiran bayi, tentu saja momen merawat bayi akan amat berharga baginya.

Masa-masa pertumbuhan bayi tidak bisa diulang kembali. Oleh karena itulah orangtua harus bisa menjalani proses masa pertumbuhan sang bayi dengan hati-hati dan menikmatinya sepenuh hati. Hati orangtua mana yang tidak senang kala melihat anak yang ia rawat semasa kecil tumbuh menjadi sosok yang tangguh dan bahagia. Yup, saya rasa semua orangtua ingin melihat anaknya tumbuh dengan baik.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Tidak Mudah Sakit

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat membantu orangtua untuk merawat bayi baru lahir agar tidak mudah sakit:

1. Lebih Sering Cuci Tangan

Mungkin selama ini sebelum punya bayi, kamu masih lupa cuci tangan sehabis aktivitas. Sekarang setelah punya bayi harus lebih rajin mencuci tangan karena di tangan ada kuman tak kasat mata yang menempel.

Memang bagi orang dewasa kuman-kuman kecil tidak terlalu berbahaya, tapi bagi bayi bisa mengancam kesehatannya. Apalagi bayi masih dalam proses pertumbuhan sehingga imunitas yang ia miliki juga belum sepenuhnya bekerja dengan baik.

Pastikan ayah dan bunda mencuci tangan saat sesudah beraktivitas.

2. Lebih Sering Mencuci Pakaian Bayi

Menumpuk pakaian kotor memanglah terasa ringan, tetapi mencucinya ketika banyak itu bikin kita suka mageran dan merasa menjadi beban. Lain halnya jika orangtua rajin mencuci pakaian bayi setiap hari, pastilah akan lebih ringan rasanya.

Selain lebih ringan, mencuci pakaian bayi lebih sering dan tidak ditumpuk ternyata lebih baik karena mikroba yang menempel di pakaian bayi tidak berkembang lebih banyak lagi. Apa jadinya kalau dibiarkan seminggu menumpuk? Aduhh gak kebayang sih perkembangan mikroba di pakaian bayi yang menempel itu.

Hal ini penting juga yang perlu diperhatikan saat ingin mencuci pakaian adalah rendam terlebih dahulu pakaian ke dalam cairan pembersih. Setelah itu, barulah dilanjukan untuk mencuci pakaian hingga jejak mikroba atau kuman jahat menghilang.

3. Jangan Membiarkan Orang Lain Mencium Bayi

Melihat bayi yang baru lahir memang menggemaskan, pengen rasanya dicoel-coel pipinya yang lembut itu. Pengen juga dicuim, apalagi aroma bayi itu khas sekali.

Agar bayi baru lahir tidak mudah sakit, cara yang bisa orangtua lakukan adalah jangan membiarkan orang lain mencium si bayi. Terbilang sangat protektif dan pelit gitu ya, yaelah pelit dikira minjem duit wkwkk. Iya intinya, pasti orang-orang akan mikirnya yang aneh-aneh kalo kita melarang orang lain buat nyim bayik kesayangan kita.

Gapapa bun, lebih baik orang lain membenci kita karena terlalu protektif daripada bayi kita terlular penyakit yang tidak diinginkan. Ingat bun, bayi itu masih sensitif dan rentan sekali terjangkit penyakit. Apalagi kalo dicium-cium duhh. Oiya, ingat juga bund usahakan melarang orang lain dengan kalimat yang baik ya, sertai juga alasan kenapa bunda melarang itu.

4. Menyusui

ASI adalah satu-satunya yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh sehat dan membangun sistem kekebalan yang kuat untuk dirinya sendiri.

Menyusui adalah hal penting yang harus bunda berikan pada bayi untuk kesehatan Si Kecil dalam jangka panjang. Yuk ketahui juga posisi terbaik menyusui bayi dari Asimor.

5. Jangan Melewatkan Vaksinasi

Bunda disarankan untuk teratur melakukan vaksinasi Si Kecil karena akan memberikan perlindungan bayi untuk melawan penyakit.

Vaksinasi yang tepat dan waktu yang tepat akan memberikan bayi bunda perlindungan terhadap penyakit.

Pastikan bunda mengikuti grafik vaksinasi yang diberikan oleh dokter kesayangan bunda.

Demikian artikel mengenai cara merawat bayi baru lahir agar tidak mudah sakit. Smeoga bermanfaat ya!

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama