Cara Riset Pasar Online yang Mudah dan Tepat Sasaran

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Riset Pasar Online
Cara Riset Pasar Online

Berbicara mengenai dunia marketing, maka tidak lepas dari adanya permintaan dan penawaran pasar. Apakah kamu seorang pebisnis atau baru memulai bisnis? Jika kamu sedang memulai bisnis, penting untuk mengetahui cara riset pasar online untuk mengetahui siapa target market kamu.

Riset pasar merupakan upaya untuk memahami kondisi pasar mulai dari merumuskan masalah, mengumpulkan data, menganalisis data, melaporkan hingga menyusunnya secara sistematis guna menentukan strategi pemasaran produk yang tepat.

Dalam dunia bisnis, riset pasar ini penting dilakukan saat sebelum memulai sebuah bisnis. Bahkan jika bisnis sudah berjalan, riset pasar harus terus dilakukan guna melihat perkembangan target pasar kita. Apakah ada perubahan yang mempengaruhi minat konsumen atas produk kita? Apakah ada cara kekinian yang membuat pesaing lebih unggul dari kita? Semuanya perlu dilakukan yang namanya riset pasar.

Riset pasar menjadi penting dilakukan karena berkaitan dengan strategi pemasaran produk kita. Apabila riset pasar uang kita lakukan tepat maka hasilnya juga akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan bisnis kita.

Jika trend minat atas produk kita meningkat, tentu saja keuntungan yang diperoleh juga semakin meningkat. Siapa sih yang gak mau untung di dunia ini? Hehe, ya walaupun gak selamanya untung, kita juga kadang kala akan merasa di bawah. Tetap semangat ya para pebisnis!

Apakah kamu sedang mencari tahu bagaimana cara riset pasar online yang mudah? Kali ini Kuskus Pintar akan memberikan kamu cara mudah untuk melakukan riset pasar online.

Cara Riset Pasar Online

Riset pasar memang penting dilakukan saat ingin memulai bisnis. Nah, sobat Kuskus Pintar gak perlu bingung cara riset pasar online karena beberapa penjelasan di bawah ini mudah banget untuk dipahami. Yuk simak caranya di bawah ini.

1. Tentukan Bidang Bisnis yang Ingin Kamu Tekuni

Saat melakukan riset pasar online tentu saja yang perlu kamu tentukan di awal adalah bidang bisnis yang ingin kamu kembangkan. Bidang bisnis bisa banyak banget seperti makanan, minuman, fashion, alat kecantikan, pertanian, peternakan dan lain-lain.

Tentukan bidang bisnis yang memang kamu sukai dan merasa mampu untuk mengembangkannya. Jika sudah memilih salah satu bidang yang ingin kamu tekuni, selanjutnya kamu perlu memikirkan produk/jasa apa yang ingin dijual. Cara mencari bidang bisnis ini juga bisa dilakukan secara online, tinggal dicari saja melalui internet dan dalami satu per satu bidang yang mungkin kamu minati.

2. Menentukan Barang atau Jasa yang Ingin Dijual

Saat ingin membangun sebuah bisnis, tentu saja yang perlu kamu tentukan adalah "apa yang ingin kamu jual". Sesuatu yang punya nilai jual ini bisa barang atau jasa. Barang adalah sesuatu yang kita hasilkan dari bahan baku, kemudian diproses menjadi bahan atau produk yang layak jual. Sedangkan, jasa merupakan hasil dari suatu perbuatan yang kita lakukan punya manfaat untuk orang lain.

Cara riset pasar online yang bisa dilakukan saat ingin menentukan barang atau jasa adalah dengan mencari tahu di berbagai lini masa bisa internet, media sosial, atau tanya sama teman apa yang mereka inginkan.

Kamu juga bisa menggali lebih dalam mengenai barang atau jasa yang ingin dijual dengan mempelajari Consumer Insight. Consumer Insight adalah sebuah upaya untuk mengetahui kebutuhan konsumen secara lebih dalam.

Hal ini juga berkaitan dengan Marketing Insight tentang sebuah cara strategis untuk memenangkan kompetisi bisnis. Marketing Insight diperlukan guna mencari tahu kebutuhan target pasar kita, sehingga dapat memaksimalkan keuntungan karena kita bisa memberikan produk atau jasa yang tepat sasaran.

3. Cari Tahu Kekuatan dan Kelemahan Pesaing

Ini salah satu bagian yang tidak boleh kamu lewatkan ketika melakukan riset pasar secara online. Apalagi produk yang kamu jual adalah produk yang bisa dijual secara online, jadi lebih mudah dalam melihat kekuatan dan kelemahan pesaing.

Coba perhatikan bagaiamana pesaingmu menjual produknya. Cari tahu harga produknya, variasi produknya, kelebihan dan kelemahan produk, cara promosi, serta aspek lainnya. Dengan melihat bagaimana pesaingmu berbisnis, maka kamu lebih siap untuk memasuki medan pertempuran asekkk.

Nah, itulah sedikit tips saat ingin melakukan riset pasar secara online. Semoga artikel Kuskus Pintar tentang cara riset pasar online ini bisa bermanfaat ya buat kamu.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama