5 Daftar Sekolah Inklusi di Bogor Terdekat dan Terbaik

Daftar isi [Tampil]
Daftar Sekolah Inklusi di Bogor
Daftar Sekolah Inklusi di Bogor

Apakah bunda atau ayah sedang mencari tahu daftar sekolah inklusi di Bogor ya? Tenang, Kuskus Pintar akan menyajikan informasinya di sini.

Bersekolah merupakan hak bagi setiap insan. Kita tahu bahwa di sekolah akan ada banyak hal yang akan kita pelajari. Peran guru di sini penting sekali untuk memberikan pengajaran bagi siswanya. Guru tidak hanya memberikan pelajaran saja, tetapi juga memastikan siswa paham apa yang ia ajarkan.

Bagi anak dengan disabilitas, tentu punya keterbatasan dalam memahami pelajaran. Guru haruslah paham bagaimana caranya memberkan materi kepada anak disabilitas yang didukung pula dengan fasilitas memadai dari sekolah.

Apa itu Sekolah Inklusi?

Sekolah inklusi adalah sekolah yang ditunjuk pemerintak untuk juga memberikan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Jadi, tidak hanya memberikan kepada siswa-siswa pada umumnya, tetapi juga memberikan pendidikan kepada anak dengan disabilitas. Bagi yang ingin tahu daftar sekolah inklusi di Bogor, baca artikel ini sampai habis.

Apa Perbedaan Sekolah Inklusi dengan SLB?

Perbedaan sekolah inklusi dengan SLB ini bisa kita ketahui bahwa sekolah inklusi adalah sekolah yang langsung ditunjuk oleh pemerintah agar membuka pelayanan pendidikan untuk anak disabilitas juga. Sedangkan, Sekolah Luar Biasa (SLB) adalah sekolah yang dibuat khusus untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus atau disabilitas.

Apa yang Dimaksud Pendidikan Inklusi Jelaskan dan Berikan Contohnya?

Pendidikan Inklusi adalah sistem layanan pendidikan yang memberikan kesempatan bagi anak dengan disabilitas untuk bisa bersekolah di dekat rumahnya bersama teman-temannya yang lain di kelas reguler. Adanya sistem layanan pendidikan ini membuat sekolah tidak membeda-bedakan siswa dan sekolah tidak perlu membuat sekolah khusus bagi anak dengan disabilitas.


Daftar Sekolah Inklusi di Bogor

Bagi para orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah inklusi yang ditunjuk pemerintah, bisa baca beberapa rekomendasi di bawah ini.

1. Sekolah Alam Bogor

Alamat : Jl. Pangeran Sogiri No.150, RT.03/RW.03, Tanah Baru, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat
Jam Buka : Tidak Diketahui
No Telepon : (0251) 8662889

Daftar sekolah inklusi di Bogor yang pertama adalah Sekolah Alam Bogor. Sekolah ini memberikan layanan pendidikan untuk jenjang pendidikan Pra sekolah, SD, dan SMP. Sekolah ini asri, hijau, tenang dan kondusif sehingga anak bisa belajar lebih nyaman.

2. Sekolah Kreativa Bogor

Alamat : Jl. Johar Raya No.38, RT.02/RW.04, Kedung Waringin, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat
Jam Buka : Senin-Jumat, mulai pukul 08.00
No Telepon : (0251) 8357845

Selanjutnya, daftar sekolah inklusi di Bogor yang kedua adalah Sekolah Kreativa Bogor. Sekolah yang satu ini juga memberikan layanan pendidikan untuk anak dengan disabilitas. Sekolah ini melayani jenjang pendidikan dari KB, TK, dan SD.

3. Sekolah Islam Plus Daarul Jannah

Alamat : Johar Raya No.38, Kedung Waringin, Tanah Sereal, Bogor
Jam Buka : Senin-Jumat, mulai pukul 08.00
No Telepon : (021) 87900543

Daftar sekolah inklusi di Bogor yang bisa menjadi pilihan berikutnya adalah Sekolah Islam Plus Daarul Jannah. Sekolah bernuansa Islami ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pendidikan inklusi sekaligus pendidikan rohani juga. Tersedia layanan pendidikan untuk jenjang TK, SD, SMP.

4. School of Universe

Alamat : Jalan Raya Parung No.KM.43, Pemagarsari, Parung, Bogor
Jam Buka : Tidak Diketahui
No Telepon : 0856-8080-868

Selanjutnya sekolah inklusi di daerah Bogor yaitu School of Universe. Sekolah ini sangat memperhatikan bagi anak dengan disabilitas. Bermacam-maca fasilitas juga tersedia di sekolah ini. Jenjang pendidikan yang dibuka mulai dari TK, SD, dan Sekolah Menengah. Bisa kunjungi website school-of-universe.com untuk info lebih lanjut.

5.  Sekolah Madania

Alamat : Telaga Kahuripan, Tegal, Kemang, Bogor
Jam Buka : Senin-Jumat, mulai pukul 08.00
No Telepon :  (+62251) 8602777

Daftar sekolah inklusi di Bogor yang berikutnya adalah Sekolah Madania. Jenjang pendidikan yang dibuka di Sekolah Madania mulai dari SD (kelas 1 hingga 6) dan Sekolah Menengah (kelas 7 hingga 12). Silakan kunjungi website resmi milik mereka di link madania.sch.id ya sobat. Atau bisa juga hubungi mereka melalui instagram @madaniaschool.

Demikian artikel mengenai daftar Sekolah Inklusi di Bogor yang melayani pendidikan inklusi bagi anak dengan disabilitas. Setiap insan berhak memperoleh pendidikan, oleh karena penting sekali bagi pemerintah dan orangtua untuk mendukung keinginannya. Semoga informasi ini bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama