Cara Mencari Jurnal di Scopus dengan Mudah

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Mencari Jurnal di Scopus
Cara Mencari Jurnal di Scopus

Scopus menjadi bahasan umum dalam dunia keilmiahan terutama untuk dosen dan mahasiswa S3 dimana mempublish artikelnya mereka dengan indeks Scopus merupakan sebuah kewajiban. Jika kamu pemasaran bentuk dan isi artikel jurnal Scopus dibawah ini ada cara mencari jurnal di Scopus yang mudah. 

Cara Mencari Jurnal di Scopus 

Scopus merupakan database jurnal dan tahukah kamu jika didalam database ini tersimpan lebih dari 22 ribu artikel yang sudah terbit dan 5 ribu penulis. Scopus seringkali dijadikan tolak ukur jurnal internasional bidang pengetahuan yang memiliki reputasi tinggi serta berkualitas. 

Kenapa jurnal yang berhasil tembus Scopus memiliki kualitas baik? Sebab standar penilaian yang tinggi seringkali membuat manuskrip penulis yang dikirimkan gagal. Bahkan untuk bisa tembus Scopus Q4 saja sangat sulit sekali. Kualitas tulisan, originalitas, serta novelty sangat dibutuhkan dalam artikel kamu jika ingin tembus scopus. 

Biasanya topik yang dibahas dalam jurnal Scopus adalah seputar ilmu pengetahuan baik sains, matematika, manajemen, akuntansi, komputer, dan masih banyak lagi yang didasarkan pada riset dan penelitian panjang. 

Sebab jurnal Scopus memiliki kualitas baik banyak orang yang mencarinya untuk mendapatkan ilmunya. Tapi ternyata masih banyak yang tidak tau cara mencari jurnal di Scopus. Padahal mencari jurnal sangatlah mudah ada 2 cara yang bisa kamu coba. Pertama dengan mengunjungi langsung website resminya atau melalui website lain seperti Scimago JR (SJR). 

1. Cara Mencari Jurnal di Website Resmi Scopus

Cara mencari jurnal di Scopus yang pertama adalah melalui website resminya. Link : www.scopus.com

Langkah-langkah : 
  1. Buka website resminya, tunggu hingga muncul tampilan awal. 
  2. Pilih menu "Sources" pada bagian atas sebelah "author search", nanti akan muncul berbagai macam jurnal yang berhasil terbit dengan berbagai macam bahasan bidang ilmu pengetahuan. 
  3. Jika kamu ingin mencari jurnal yang lebih spesifik maka kamu bisa memilih menu publisher dibawah kata source sebelah kiri atas. 
  4. Ada beberapa pilihan yang akan muncul diantaranya subject area, title, publisher, dan ISSN. 
  5. Setelah itu pilih "Display option" klik "display only open access journals". 
  6. Pilih kualitas jurnal yang ingin kamu cari mulai dari Q1, Q2, Q3, dan Q4. 
  7. Pilih tipe Journal, book series, Conference Proceedings, atau Trade Publications. 
  8. Klik apply tunggu beberapa saat maka kumpulan jurnal yang kamu inginkan akan muncul. 

Cara lain yang bisa kamu pakai jika ingin mencari jurnal yang lebih spesifik lagi kamu bisa langsung memasukkan nama publisher pada menu "enter publisher name" yang ada di sebelah menu "Source". 

Mau tau cara cari jurnal internasional secara lengkap? Baca artikel Kuskus Pintar yang ini: cara mencari jurnal internasional.

2. Cara Mencari Jurnal di Website SJR (Scimago)

Cara mencari jurnal di Scopus yang kedua adalah melalui Scimago lewat link ini https://www.scimagojr.com/. Disini selain bisa melihat jurnal orang lain kamu juga bisa sekalian melihat rank berdasarkan jurnal yang masuk serta ranking menurut negara tertentu, level jurnal yang tersedia mulai dari Q1, Q2, Q3, dan Q4.

Langkah-langkah mencari jurnal lewat Scimago adalah sebagai berikut : 
  1. Masuk lewat website di atas, nanti kamu akan diarahkan ke halaman depan atau home.
  2. Pada bagian home kamu bisa melihat ada banyak sekali jurnal berkualitas dengan berbagai macam issue dan novelty. 
  3. Untuk mencari Jurnal yang lebih spesifik kamu bisa mencari lewat menu search yang terdapat pada bagian atas sebelah kanan. 
  4. Ketik judul jurnal, ISSN, publisher jurnal yang kamu inginkan. 
  5. Klik tombol ok atau gambar kaca pembesar. Tunggu beberapa saat sampai konten yang kamu inginkan muncul, jangan lupa perhatikan kuartilnya (Q).  
  6. Klik jurnal pilihan kamu. 

Jika kamu belum memiliki daftar jurnal yang ingin dibaca atau tidak mengetahui judulnya kamu bisa memilih menu "Journal Ranking". Menu ini terdapat pada bagian home sebelah kanan. Klik tanda garis 3 kemudian pilih "Journal Ranking", nanti akan ditampilkan deretan jurnal mulai urutan ranking tertinggi sampai terendah yang dipilih dari berbagai negara.

Pelajari juga:

Sekian menu Journal Ranking kamu juga bisa memilih menu Country Ranking atau mengatur pada mode All subject areas, All subject categories dan lain sebagainya untuk memudahkan dalam hal pencarian. 

Cara mencari jurnal di Scopus sangat mudah asalkan mau mengikuti langkah-langkah atau step by step. Jika tidak paham cobalah untuk bertanya kepada orang lain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama