Contoh Visi Misi Organisasi Terbaik & Lengkap (2021)

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Contoh Visi Misi Organisasi
Contoh Visi Misi Organisasi

Contoh Visi Misi Organisasi - Kuskus Pintar. Sewaktu sekolah dulu saya tak terlalu menyoroti apa itu visi dan misi. Iya, saya hanya taunya seseorang itu bersemangat dalam memimpin. Beberapa kali saya menonton debat saat pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS selalu berpikir "Emang bakal terlaksana itu program-program visi dan misi dia?"

Ada beberapa jenjang saat seseorang membuat sebuah "Goal" dalam masa kepemimpinan. Saya lupa persisnya apa, karena dulu pernah dapat materi ini pas ikut pengkaderan di suatu organisasi. Visi dan misi, lalu tujuan, lalu turun program unggulan untuk mencapainya, turun lagi ada strategi dan sasaran, dan seterusnya hingga unit terkecil dalam jenjang mencapai sebuah Goal.

Bagi seorang siswa SMA atau sederajat, pasti amatlah kenal sama yang namanya OSIS ? Saya hampir tertawa dan merasa tidak percaya kalau adik lelaki saya bertanya, "Ayuk, bikinkan aku Visi dan Misi Ketua OSIS." Sebutnya seperti itu.

Dia baru masuk kelas 1 SMP waktu itu, sudah dipercaya sama teman satu angkatan dan bapak gurunya untuk mencalonkan diri sebagai Ketua OSIS. Wadaw, boleh juga. Ya walaupun dia gak terpilih, ya jelas pasti kakak kelasnya yang banyak dipilih oleh orang.

Masih SMP belum tau apa-apa mengenai organisasi, apa itu visi dan misi serta tetek bengek lainnya. Jadilah saya suruh dia buka HP liat contoh di Google. Dan benar saja waktu itu saya cari contohnya ke Google, lalu mengadopsi beberapa contoh yang ada. Tadaaa, adek gue berhasil punya visi dan misi untuk mendaftar sebagai Ketua OSIS.

Beranjak dari cerita masa lalu itu, saya baru sadar sih kenapa gak dibuatkan aja artikel mengenai contoh visi misi organisasi di blog tercintah ini. Selamat membaca sampai akhir, semoga gak pusing dan mual-mual ya sob.

Apa itu Visi dan Misi ?

Bagi orang awam, mereka tidak terlalu paham apa itu visi dan misi. Tak perlu jauh-jauh mengambil Contoh Visi Misi Organisasi, lihatlah saat ada pemilihan kepala daerah atau kepala negara (aka Presiden). Orang-orang awam hanya taunya mereka memilih orang yang punya bukti nyata.

Sehingga banyak dari mereka ketika tidak menemui bukti nyata tersebut akan berkata, "Halahh itu mah janji-janji manis doang, nanti kalo udah terpilih pura-pura lupa". Singkatnya begitu kebanyakan orang awam menganggapnya. Padahal visi dan misi inilah yang menjadi poin utama dari apa yang ingin dicapai.

Misalnya, ketika kamu punya visi ingin menjadi seorang wirausaha sukses dan bermanfaat, nah misi adalah sebuah cara untuk mencapai visi tersebut.

Pengertian Visi dan Misi

Pengertian Visi dan Misi
Pengertian & Contoh Visi Misi Organisasi

Berbicara mengenai pengertian visi dan misi dan contoh visi misi organisasi, tentu gak afdol dong kalo kita gak buka kamus besar negara tercinta kita yaitu KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Menurut KBBI, visi adalah suatu pandangan atau wawasan ke depan. Sebenarnya ada banyak pengertian mengenai visi, dalam hal ini visi yang kita maksudkan adalah suatu konsep atau arah pandang untuk masa depan. Tentang "sesuatu" apa yang ingin dicapai (pengertian ini sudah diolah).

Sedangkan, misi adalah suatu tugas yang dibuat dan dirasakan oleh orang sebagai hal wajib untuk dikerjakan demi agama, ideologi, patriotisme dan lain-lain (pengertian ini sudah diolah). Artinya, misi ini berisi beberapa poin atau katakanlah tugas untuk mencapai sesuatu. Sesuatu yang dimaksud adalah visi.

Melihat dua pengertian tersebut, jika digabung maka visi dan misi memiliki arti sebagai berikut.

Visi dan misi adalah arah pandang yang dibuat untuk mencapai sesuatu di masa depan dengan disertai upaya untuk mencapainya. - Menurut rangkuman pemahaman saya, penulis Kuskus Pintar.
Dari dua pengertian di KBBI, tentu saja visi dan misi punya pengertian yang berbeda tetapi tetap linier dalam hal pencapaian sesuatu yang diinginkan (dream).

Menurut Bygrave bahwa karakteristik seorang wirausaha harus mempunyai visi ke depan yang disebut dream. Dream atau dalam Bahasa Indonesia adalah mimpi. Bygrave ingin mengatakan bahwa seorang wirausaha yang hebat dengan visi ke depan akan bergerak konsisten dan membangun kalau dia punya mimpi yang ingin dicapai.

Contoh Visi Misi Organisasi

Berbicara mengenai organisasi, ada banyak persepsi yang bisa kita artikan. Organisasi di sini bisa bermaksud contoh visi misi organisasi di sekolah, di kampus, maupun organisasi dalam arti suatu lembaga.

Walaupun demikian, saya akan berusaha memberikan contoh visi dan misi terbaik dan terlengkap untuk kamu.

Contoh Visi Misi Organisasi Sekolah

Baiklah pembahasan pertama mari kita mulai dengan contoh visi dan misi untuk organisasi di sekolah. Apakah sekarang kamu sedang menempuh bangku sekolah seperti SD, SMP, SMA ? Iya? Betol? Mari simak contoh-contoh berikut ini.

1. Contoh Visi Misi Organisasi OSIS

Contoh yang pertama ini adalah visi misi untuk menjadi ketua OSIS untuk jenjang SMP bisa, SMA pun bisa. Yuk cek di bawah ini.

Visi & Misi Organisasi OSIS
Visi :
Menjadikan OSIS sebagai wadah untuk berkreasi, berinovasi dan berprestasi di berbagai bidang dengan menjunjung tinggi akhlak mulia.

Misi :
  1. Mengaktifkan dan mengembangkan program ekstrakurikuler yang ada di sekolah.
  2. Mengajak siswa untuk ikut aktif dalam setiap kegiatan sekolah maupun di luar sekolah.
  3. Menjaga tali silaturahim antar angkatan, guru, pegawai, dan mitra sekolah.
  4. Menumbuhkan rasa keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Mengadakan kegiatan positif untuk meningkatkan mutu sekolah.

2. Contoh Visi Misi Calon Ketua OSIS SMP Islam atau MTS

Contoh Visi Misi Organisasi
Contoh Visi Misi Organisasi

Selanjutnya kita akan membahas visi misi OSIS MTS atau SMP Islam. Apakah kamu penasaran bagaimana visi misi untuk menjadi ketua OSISI di sekolah ini? Cek yuk.

Visi dan Misi Calon Ketua OSIS MTS
Visi :
Terwujudnya sekolah yang unggul, nyaman, aman, sejahtera dan berakhlak mulia.

Misi :
  1. Mengadakan kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan yang produktif. 
  2. Mengaktifkan program ekstrakulikuler yang ada disekolah dan terlibat aktif untuk membangun kepengurusan yang harmonis.
  3. Mempererat kekeluargaan antara seluruh anggota sekolah.
  4. Meningkatkan dan menjaga mutu kerja OSIS yang berkualitas.
  5. Menjadikan siswa aktif, kreatif, berprestasi, dan menjunjung tinggi ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Nah, itu tadi contoh visi misi organisasi di jenjang SMP. Masih penasaran sama yang lainnya? Yuk baca terus.

3. Contoh Visi Misi OSIS SMP Terbaik

Berikut adalah contoh visi misi OSIS SMP terbaik.

Visi dan Misi OSIS SMP
Visi :
Menciptakan lingkungan SMPN 3 Kuala Palembang yang berprestasi, nyaman, bersih, harmonis dengan berlandaskan kecintaan kepada Tuhan YME. 

Misi :
Mewadahi bakat dan minat siswa untuk menghasilkan prestasi yang gemilang.
Mengaktifkan kembali ekstrakurikuler yang ada.
Membuat program belajar bagi siswa agar bisa meningkatkan mutu belajar.
Meningkatkan kesadaran siswa untuk menjaga lingkungan sekolah.
Membuat kegiatan-kegiatan di bidang sosial dan keagamaan.
Menjaga tali silaturahim antar keluarga besar di sekolah.
Nah, itu tadi contoh visi misi organisasi OSIS SMP terbaik. Semoga bisa menjadi ide buat kamu.

4. Contoh Visi Misi OSIS SMA

Selanjutnya ada contoh visi misi OSIS SMA. Cekidott sob di bawah ini:

Visi & Misi Calon Ketua OSIS SMA
Visi :
Mewujudkan sekolah yang unggul, berkualitas, disiplin, kreatif, harmonis berdasarkan iman dan takwa.

Misi :
  1. Mengajak siswa untuk aktif ikut serta dalam ajang perlombaan.
  2. Membuat pekan kreativitas siswa dengan berbagai acara dan lomba.
  3. Mewadahi bakat dan minat siswa dengan mengaktifkan ekstrakurikuler sekolah.
  4.  Membentuk progam belajar kakak dan adek asuh.
  5. Mengadakan kegiatan-kegiatan di bidang sosial dan keagamaan.
Nah, itu tadi conton visi misi organisasi untuk OSIS SMA.

5. Contoh Visi Misi OSIS SMK Terbaik

Berikut contoh visi misi OSIS SMK. Cekidott sob di bawah ini:

Visi dan Misi Calon Ketua OSIS SMK N 3 Angkasa Jaya
Visi :
Memajukan dan Mempertahankan prestasi SMK N 3 Angkasa Jaya serta meningkatkan kepribadian dan kebersamaan yang lebih baik.

Misi :
Mewadahi segala aspirasi dari warga sekolah, mempertahankan dan memajukan program-program yang ada di sekolah, menegaskan sanksi dan memperketat aturan, mempertahankan dan meningkatkan mutu kerja yang dimiliki OSIS serta menciptakan lingkungan yang berlandaskan asas kekeluargaan.

6. Contoh Visi Misi Organisasi Pramuka

Berikut adalah contoh visi misi Pramuka. Yuk baca di bawah ini:

Visi dan Misi Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 3.0 Teluk Alaska
Visi :
Bersatu padu menciptakan kekompakan, berdaya prima, dan mengikuti arus kemajuan perkembangan teknologi.

Misi :
Mempererat ikatan dan menjalin komunikasi yang baik, membentuk karakter kepramukaan di setiap anggota Kwartir Ranting 3.0 Teluk Alaska, meningkatkan kerja sama dan kekompakan, mengkolaborasikan teknologi dengan kegiatan-kegiatan yang ada.

7. Contoh Visi Misi Organisasi Paskibra

Berikut contoh visi misi OSIS SMK. Cekidott sob di bawah ini:

Visi dan Misi Calon Ketua Paskibraka
Visi :
Menciptakan serta memajukan Paskibraka SMAN 2 Kuskus Pintar dengan menjunjung tinggi rasa kekeluargaan yang bersifat religius, disiplin, berkarakter, humanis dan berdaya.

Misi :
Mengoptimalkan fungsi senior-junior agar bisa mempererat kekeluargaan tetapi tidak mengintimidasi.
Mempertegas setiap sanksi yang diberikan kepada anggota yang tidak taat aturan.
Mewadahi segenap aspirasi keluarga besar Paskibraka SMAN 2 Kuskus Pintar.
Mengevaluasi dan melanjutkan program kerja dari kepengurusan tahun sebelumnya.
Mengadakan kegiatan sosial dan keagamaan.

8. Contoh Visi Misi Organisasi PMR

Berikut adalah contoh visi misi PMR. Yuk baca di bawah ini:

Visi dan Misi PMR
Visi :
Siap melayani dan mengabdi secara profesional demi pelayanan sosial, kemanusiaan yang secara cepat, tepat dan terkoordinir dengan baik.

Misi :
Menciptakan karakter kader PMR berdasarkan prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional serta Tri Nakti PMR.
Menanamkan jiwa sosial dan peduli sesama kepada kader PMR.
Membangun rasa kesukarelaan.

Contoh Visi Misi Sekolah

9. Contoh Visi Misi Sekolah Dasar

Berikut adalah contoh visi misi OSIS untuk jenjang Sekolah Dasar.

Visi & Misi OSIS SD
Visi :
Menjadi pelajar yang aktif, berprestasi, peduli kebersihan, menjaga keharmonisan, jujur dan berakhlak mulia.

Misi :
Aktif belajar di media pembelajaran seperti edmodo, ruang guru, dan quipper.
Membuat program belajar bagi siswa agar bisa meningkatkan prestasi yang dimiliki.
Membuat perlombaan untuk siswa agar bisa aktif dan berprestasi.
Meningkatkan kesadaran siswa dalam menjaga lingkungan sekolah yang bersih.
Menjaga kerukunan antar keluarga besar di sekolah.
Ikut membantu penyelenggaraan kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan.
Nah, itu tadi contoh visi misi organisasi OSIS untuk jenjang Sekolah Dasar. Semoga bisa membantu.

10. Contoh Visi Misi Sekolah Adiwiyata

Berikut adalah contoh visi misi Sekolah Adiwiyata.

Visi & Misi OSIS SD
Visi :
Religius, Berprestasi, Berbudi Luhur, dan Berwawasan Lingkungan.

Misi:
Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Menciptakan dan mempertahankan sekolah yang berprestasi di bidang akademi dan non akademik
Mengembangkan budi pekerti dengan nilai-nilar budaya serta berkarakter kebangsaan.
Mewujudkan sekolah yang disiplin, bersih, aman, nyaman, rindang dan asri.
Melaksanakan pengelolaan lingkungan hidup, bersih dan sehat.
 

Demikian artikel mengenai berbagi Contoh Visi Misi Organisasi Terbaik & Lengkap dari Kuskus Pintar. Dengan adanya visi dan misi tentu langkah ke depan lebih terarah. Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Keren ya adeknya baru masuk SMP sudaj dipercaya buat jadi ketua OSIS. Oh ya dulu saya juga nggak ngeh dengan visi misi ini dan sempat bertanya2 juga apa tujuan dibuatnya visi misi ini. Ternyata ya emang penting, nggak cuma buat pemimpin saja, ketika mau berumahtangga pun visi misi ini tetap diperlukan :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama