Contoh Teks Negosiasi Jual Beli + Struktur (Terbaik 2021)

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli

Pada pelajaran Bahasa Indonesia, sobat pasti akan belajar tentang Teks Negosiasi mulai dari pengertian, ciri-ciri teks negosiasi, tujuan dan struktur teks negosiasi. Oiya, ada juga contoh teks negosiasi jual beli dan banyak lagi deh.

Pada kesempatan kali ini Kuskus Pintar akan berbagi mengenai materi tersebut. Jadi, yuk dibaca sampai habis ya sobat.

Pengertian Teks Negosiasi

Sebelum kita masuk ke dalam pengertian teks negosiasi, sobat perlu tau dulu apa itu negosiasi. Udah tau belom dengan arti negosiasi?

Negosiasi adalah proses tawar-menawar yang dilakukan oleh dua pihak dengan jalan berunding untuk mencapai sebuah kesepakatan. Mengambil dari pengertian tersebut, teks negosiasi itu berbentuk teks yang berisi dialog antar pihak yang sedang berunding.

Sederhananya, teks negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi yang dilakukan oleh beberapa pihak dengan cara berunding untuk memperoleh kesepakatan.  

Ciri-ciri Teks Negosiasi

Teks negosiasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut untuk membedakannya dari teks jenis lain. Adapun ciri-ciri teks negosiasi antara lain adalah:
  1. Punya tujuan untuk menentukan solusi dan menjadi cara atas masalah yang ingin diselesaikan.
  2. Memperoleh sebuah kesepakatan atau perjanjian antara pihak yang berunding.
  3. Memperoleh penyelesaian yang saling menguntungkan.
  4. Menekankan pada kepentingan bersama.
  5. Sebagai tujuan praktis yakni menjadi sarana untuk menghasilkan sebuah kesepakatan yang bisa diterima.

Tujuan Teks Negosiasi

Ketika kita berbicara mengenai ciri-ciri teks negosiasi, pasti sobat akan bertanya "Apa ya tujuan teks negosiasi ini?" Adapun tujuan dilakukan sebuah negosiasi adalah sebagai berikut:
  1. Mencapai sebuah kesepakatan yang memiliki persamaan sudut pandang dan tujuan.
  2. Mencapai sebuah penyelesaian atas masalah yang dihadapi.
  3. Mencapai sebuah kondisi yang saling menguntungkan antar dua pihak (win-win solution).

Struktur Teks Negosiasi

Bagi sahabat yang masih sekolah, di kelas Bahasa Indonesia ada yang namanya pelajaran Teks Negosiasi. Ada banyak sekali yang dibahas, nah kamu gak perlu bingung ya sobat ini kami kasih tau mengenai pengertian, ciri-ciri dan struktur teks negosiasi.

Penasaran bagaiamana struktur teks negosiasi? Bagi kamu yang ingin mengingatnya dengan mudah. Hapalkan saja 1O + 5P ya sobat. Berikut adalah penjelasannya.

1. Orientasi

Orientasi adalah awalan atau pembuka saat percakapan sedang dimulai untuk bernegosiasi. Penggunaan kata yang sering digunakan adalah berupa kata salam, sapa dan sejenisnya untuk membuka sebuah percakapan.

2. Permintaan

Permintaan adalah saat dimana salah satu pihak meminta atau menanyakan suatu barang atau permasalahan yang sedang dihadapi.

3. Pemenuhan

Pemenuhan adalah saat salah satu pihak memberitahukan tentang masalah atau produk atau barang atau jasa (disesuaikan dengan topik pembicaraan) kepada pihak lainnya untuk mengajak interaksi agar ia menjadi paham.

4. Penawaran

Penawaran adalah struktur teks negosiasi kondisi puncak dari aktivitas bernegosiasi karena ada proses tawar-menawar antara satu pihak dengan pihak lain untuk memperoleh kesepakatan yang disetujui bersama dan tentunya saling menguntungkan.

5. Persetujuan

Persetujuan adalah bagian ketika terjadi kesepakatan setelah penawaran dari kedua pihak, sehingga memperoleh kata setuju atau memperoleh solusi.

6. Penutup

Terakhir adalah penutup. Penutup merupakan sebuah percakapan akhir antara dua pihak yang telah menyelesaikan proses bernegosiasinya.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Beserta Strukturnya

Apakah teman-teman semuanya sudah penasaran sama contoh teks negosiasi jual beli dan strukturnya? Berikut di bawah ini contohnya untuk kamu sobat. 

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Beserta Strukturnya 1

Orientasi
Suatu hari di sebuah toko fashion terkini di pasar Tanah Abang.
Penjual: "Selamat Pagi ibu, ada yang bisa kami bantu?"
Pembeli: (Masih melihat-lihat toko)

Permintaan
Pembeli: "Ada baju tidur untuk anak-anak warna biru pak?"

Pemenuhan
Penjual: "Bentar bu saya lihat dulu, karena yang di luar ini warna merah aja." (Sambil ke rak baju untuk mencari sesuai permintaan).
Pembeli: "Iya pak silakan."

Penawaran
Pembeli: "Harganya 35 ribu ya pak?"
Penjual: "Iya betul bu."

Pembeli: "Kalau saya beli dua bisa 50 ribu tidak pak? Hitung-hitung diskon gitu"

Persetujuan
Penjual: "Wah gak bisa bu. Ambil 60 ribu aja deh ini untuk ibu, penglaris pagi-pagi bu."
Pembeli: "Ouh gitu, ya deh gapapa. Ini pak uangnya." (Sang ibu sambil memberikan uangnya).

Penutup
Penjual: Ini bu bajunya. (Sambil menyodorkan baju yang telah dimasukkan ke dalam kantong kresek).
Pembeli: Makasih ya pak.
Penjual: Siap, makasih juga ibu. Kapan-kapan beli lagi ke sini (Sambil senyum).
Pembeli: Hehe bisa aja bapak. Saya permisi dulu pak.
Penjual: Eh iya bu silakan.

Nah, begitu sobatku untuk contoh teks negosiasi jual beli beserta strukturnya. Yuk baca lagi contoh lainnya.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Sepatu

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Sepatu

Selanjutnya kita akan bahas mengenai contoh teks negosiasi jual beli sepatu dan strukturnya. Bagaimana teksnya? Cekidot bro.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Sepatu Beserta Strukturnya 2

Orientasi
Suatu hari ketika libur panjang segera usai. Budi sebentar lagi mau masuk sekolah tetapi sepatunya sudah rusak. Sang Ibu bersama Budi pergi ke pasar untuk membeli sepatu. Datanglah ia ke salah satu toko sepatu dan terjadilah proses negosiasi.
Budi: "Ibu kita ke Toko Reskia Sport itu yuk."
Ibu Budi: "Ouh iya nak, bagus itu kayaknya banyak diskon."

Kemudian, terjadilah percakapan antara Ibu Budi dan Penjual.
Penjual: "Cari sepatu apa bu?"
Ibu Budi: "Sebentar pak kami mau lihat-lihat dulu."
Penjual: "Ouh iya bu silakan."

Permintaan
Budi pun menemukan sepatu kesukaannya. Tetapi, sayangnya sepatu tersebut besar sekali ukurannya.
Ibu Budi: "Pak, ini ada ukuran 35 tidak ya? Sepatu yang ini kegedean untuk anak saya"
Penjual: "Sebentar bu, sepertinya ada. Maaf boleh saya lihat mereknya." (Lalu, penjual mencari sepatu dengan merek dan ukuran yang diinginkan tersebut. 

Pemenuhan
Penjual: "Ini bu sepatu nomor 35 merek STAR. Boleh dicoba dulu." (Sambil menyodorkan sepatu).
Ibu Budi: "Nah coba dulu yang ini Budi."
Budi: "Iya bu." (Budi memasangkan sepatu tersebut).

Ibu Budi: "Bagaimana pas gak itu?"
Budi: "Pas bu."

Penawaran
Ibu Budi: "Kalo yang ini berapa pak harganya?"
Penjual: "Sama bu, masih diskon 99ribu."

Ibu Budi: "Owah diskon tho. Pas ini jadinya ya pak, gak kurang sama sekali?"

Persetujuan
Penjual: "Hehe iya bu, kami jual dengan harga pas. Kalau sudah dikasih diskon tidak ada potongan lagi. Lagi pula ini model terbaru bu dari STAR."
Ibu Budi: "Begitu ya. Oke deh karena sepatunya pas juga, hargnya juga udah murah banget. Ini pak uangnya" (Ibu Budi mengeluarkan uang dan memberikannya kepada penjual).

Penutup
Penjual: "Maaf ya dek, sini dibungkus dulu sepatunya."
Budi: (Menyodorkan sepatu tersebut).
Penjual: "Ini bu sepatunya dan pengembalian uangnya."
Ibu Budi: "Terima kasih pak."
Penjual: "Iya ibu sama-sama, terima kasih juga."

Bagus sekali ya contoh teks negosiasi dalam bentuk dialog antara Budi, Ibu Budi dan Penjualnya? Dicatet tuh sob hehe.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Baju

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Baju

Berikutnya adalah contoh teks negosiasi jual beli produk baju beserta strukturnya. Bagaimana teksnya? Cekidot bro.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Sepatu Beserta Strukturnya 3

Orientasi
Penjual: "Dipilih-pilih baju cantiknya 3 cuman 100ribu."
Pembeli: (Datanglah si ibu ke toko tersebut).

Permintaan
Pembeli: "Bagus kali ini bajunya mbak. Murah pula."
Penjual: "Jelaslah bu, kami ambil grosiran dari Bandung. Jadinya lebih murah."
Pembeli: "Motif yang ini ada warna biru gak mbak?" (Sambil menunjukkan baju).
Penjual: "Owah habis bu."
Pembeli: "Warna merah marun ada gak mbak?"
Penjual: "Bentar ya bu, rasanya ada deh sisa satu."

Pemenuhan
Penjual: "Nah, ini bu ada sisa satu."
Pembeli: (Melihat-lihat baju).

Penawaran
Pembeli: "Dah tiga ini. Pas banget ya 100 ribu?" (Sambil menunjukkan baju yang ia pilih)

Persetujuan
Penjual: "Iya bu udah pas banget. Ini juga termasuk paling murah di deretan ini bu."
Pembeli: "Ouh iya ya mbak. Ya sudah gapap karena bajunya bagus banget sih harga murah juga. Ini uangnya mbak"
Penjual: "Bentar ya bu saya bungkus dulu."
Pembeli: "Iya mbak silakan."

Penutup
Penjual: "Nah ini bu bajunya."
Pembeli: "Makasih ya mbak."
Penjual: "Iya sama-sama bu."
Nah begitu teman-teman contoh teks negosiasi dalam bentuk dialog produk baju beserta strukturnya.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli HP

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli HP

Berikutnya adalah contoh teks negosiasi jual beli produk HP beserta strukturnya.

Contoh Teks Negosiasi Jual HP Sepatu Beserta Strukturnya 4

Orientasi
Pembeli: (Melihat-lihat HP)
Penjual: "Ini mas kalau mau lihat produk terbaru dari Pipo." (Sambil menyodorkan brosur).
Pembeli: "Ouh iya mbak."

Permintaan
Pembeli: "Ramnya 4 GB ya untuk seri A97?"
Penjual: "Iya betul, 4 GB. Kalau mau yang bagus lagi itu seri A99, itu dia 6 GB untuk Ram HPnya"
Pembeli: "Boleh saya lihat mbak yang seri A99 ?"
Penjual: "Ada mas, sebentar tadi habis dilihatin sama pelanggan lainnya."

Pemenuhan
Penjual: "Nah, ini mas. Model Pipo A99 punya banyak pilihan warna"
Pembeli: (Melihat-lihat kondisi HP).

Penawaran
Pembeli: "Kalau disini harganya Rp2.999.000 ya mbak?"
Penjual: "Bener mas, itu grand launching-nya bulan Januari kemaren. Jadi masih keluaran terbaru mas."

Persetujuan
Pembeli: "Gak kurang nih?"
Penjual: "2.700.000 deh mas, angkut. Mentoknya segitu kalau mau mas."
Pembeli: (Sambil dipikir-pikir).
Penjual: "Bagaimana mas? Sayang banget sih ini, soalnya stok terbatas kalau di cabangnya ini."
Pembeli: "Oke deh mbak gapapa. Saya ambil yang ini. Bisa bayar pakai debit card?"
Penjual: "Bisa pak, langsung ke kasir saja pak."

Penutup
Pembeli: "Ini mbak." (Menyodorkan Kartu debit card).
Kasir: "Tunggu ya mas."
Pembeli: "Iya mbak silakan."
Kasir: "Ini mas kartunya sama HP barunya. Terima kasih."
Pembeli: "Iya mbak sama-sama, makasih juga."

Asyik nih percakapan teks negosiasi sama mbaknya yang jual HP. Duh jadi pengen beli HP deh hihi.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Mobil

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Mobil

Berikutnya adalah contoh teks negosiasi jual beli produk HP beserta strukturnya.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Mobil Beserta Strukturnya 5

Orientasi
Penjual: "Pagi pak, ini dengan Pak Bambang ya? Kemarin yang menanyakan mobil ini ya."
Pembeli: "Iya pak betul. Kemarin saya lihat bapak jual mobil bekas di OLX ya pak?" 
Penjual: "Iya kemarin saya ada rencana mau jual mobil. Itu saya beli sekitar dua tahun yang lalu, kelengkapan surat aja masih ada semuanya ini pak."


Permintaan
Pembeli: "Boleh saya test drive mobilnya pak?"
Penjual: "Silakan pak, mumpung di depan rumah saya ada halaman sepak bola. Sebentar ya saya keluarkan dulu dari bagasinya."

Pemenuhan
Penjual: "Ini pak silakan dicoba untuk drive mobilnya"
Pembeli: "Wuih mantap, ijin saya coba dulu ya."

Beberapa menit kemudian, si pembeli mencoba test kendaraan tersebut.

Penjual: "Bagaimana pak, aman?"
Pembeli: "Aman pak, mesinnya berfungsi dengan baik. Gak macet-macet ini."

Penawaran
Pembeli: "Jadi ini pas 150 juta pak? Itu keterangan harga di OLX iklan punya Pak Bambang kemarin saya lihat."
Penjual: "Iya, betul pak. Itu masih bisa nego kok"

Persetujuan
Pembeli: “100 juta bagaimana pak?”
Penjual: “Kalau 125 juta, bagaimana pak?
Pembeli: “Gini-gini, kalau 110 juta aja deh pak, bagaimana?” (Sambil senyum sumringah ke penjual).
Penjual: "Wah, maaf pak udah pasnya 125. Lumayan jauh itu kalau dari 150 juta. Itung-itung tambahan buat beli mobil baru."
Pembeli: "Hehehe, cakep kali dah. Oke pak saya setuju."
Penjual: "Deal ya 125 juta?"
Pembeli: "Siap angkut pak, deal."

Penutup
Penjual: "Ini pak kunci mobil beserta kelengkapan surat-suratnya."
Pembeli: "Wah siap, terima kasih banyak ya Pak."
Penjual: "Siap terima kasih juga pak."
Seperti itu kira-kira contoh teks negosiasi jual beli mobi. Kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah kalimat yang santun dan persuasif ya. Apalagi bagi penjual, mesti bisa menggunakan kalimat persuasif untuk membujuk pembeli.

Contoh Teks Negosiasi di Sekolah

Ini adalah contoh teks negosiasi di sekolah beserta strukturnya. Penasaran? Yuk baca di bawah ini.

Contoh Teks Negosiasi di Sekolah Beserta Strukturnya 6

Orientasi
Pagi hari di kelas sedang belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Ibu Guru: "Buka Bab tentang Teks Negosiasi."
Siswa: "Baik bu guru."

Permintaan
Setelah satu jam belaja, kelas selesai dan ibu guru ingin memberikan PR.
Ibu Guru: "PR untuk Bab Teks Negosiasi ya anak-anak."

Pemenuhan
Siswa: "Iya bu guru." (Jawab beberapa siswa).

Penawaran
Ibu Guru: "Kalian Mau Soal Esai dengan jawaban panjang atau Pilihan Ganda aja?"

Persetujuan
Siswa A: “Bagaimana kalau 15 pilihan ganda 5 esai bu?”
Siswa B: "Jangan bu, pilgan ajaaa." (Teriak yang lain).
Ibu Guru: "Gini aja, cobak angkat tangan yang mau PR Pilihan Ganda."
Semua Siswa mengangkat tangannya, kecualis Siswa A.

Ibu Guru: "Wah ini sepakat semua ya? Siswa A kamu bagaimana sepakat gak nih?"
Siswa A: "Ya sudah bu karena teman-teman sudah sepakat, saya ikut juga."

Penutup
Ibu Guru: "Terima kasih anak-anak, sampai jumpa minggu depan."

Kalau ada yang nanya, bagaimana contoh teks negosiasi singkat ? Nah itu udah lumayan singkat ya sob.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Sayuran

Ibu-ibu suka membeli sayur, pasti sudah menjadi hal umum kalau ada tawar-menawar ya. Yuk baca contohnya di bawah.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Sayuran Beserta Strukturnya 7

Orientasi
Kang Sayur: "Sayur bu, sayurrr."
Ibu Pembeli: "Wah seger nih kang sayurnya."

Permintaan
Ibu Pembeli: "Kangkung cabutnya ada kang?"

Pemenuhan
Kang Sayur: "Ini bu ada, sampingan sama bayam."

Penawaran
Ibu Pembeli: "3 ikat lima ribu kang ini?"

Persetujuan
Kang Sayur: "Maaf buk, sekarang harga kangkung lagi seret. Agak naik di tengkulak. Satunya 2 ribu aja bu."
Ibu Pembeli: "Ouh gitu, oke kang saya ambil satu ikat aja ya. Ini sama ayam juga setengah kilo ya"
Kang Sayur: "Iya bu siap."
Ibu Pembeli: "Berapa totalnya kang?"
Kang Sayur: "18 ribu bu. Pas dah."
Ibu Pembeli: "Ini kang uangnya." (Sambil memberikan uang pecahan 20ribu).
Kang Sayur: "Ini bu kembaliannya."

Penutup
Ibu Pembeli: "Makasih ya kang."
Kang Sayur: "Iya sama-sama bu."

Ini juga termasuk contoh teks negosiasi singkat ? Nah bagus gak tuh percakapannya? Hehe.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Jam Tangan

Yuk baca contoh teks negosiasi selanjutnya di bawah ini.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Jam Tangan Beserta Strukturnya 8

Orientasi
Adek kecil: "Mamak mau beli jam tangan yang berbie."
Ibu Pembeli: "Iya, itu kita ke toko jam tangan yuk."

Datang ke Toko SmartWatch.
Penjual: "Selamat siang ibu. Mau cari jam tangan apa bu?"

Permintaan
Ibu Pembeli: "Jam tangan untuk anak kecil mas yang warna pink ada gambar berbienya, ada gak mas?"

Pemenuhan
Kang Sayur: "Ada bu, coba lihat ini yang ada di pojok kanan saya."

Penawaran
Ibu Pembeli: "Ouh iya ini, bagus juga. Adek mau yang ini?"
Adek kecil: "Lihat bu."
Penjual: (Mengambil jam tangan) "Coba dipakai dulu bu."

Ibu Pembeli: "Nah, dicoba dulu ya dek." (Memasangkan jam tangan).
Adek kecil: "Baguss bu."

Ibu Pembeli: "Berapaan ini mas?"
Penjual: "35 ribu bu."

Persetujuan
Ibu Pembeli: "Gak kurang mas? 30 ribulah. Pas itu."
Penjual: "Ouh ya sudah gpp, ambil aja bu 30 ribu buat adeknya."

Penutup
Ibu Pembeli: "Makasih ya mas."
Penjual: "Iya sama-sama bu."

Keren ya sob contoh teks negosiasi 3 orang di atas? Yuk baca juga contoh selanjutnya.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Rumah

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli

Sering juga terjadi yaitu negosiasi jual beli rumah. Begini contoh teksnya.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Rumah Beserta Strukturnya 9

Orientasi
Sepasang suami-istri yang baru saja menikah hendak membeli rumah. Mereka melihatnya di situs jual beli rumah. Akhirnya menemui rumah yang cocok, lalu ingin langsung melihat rumah dan membuat kesepakatan.

Pembeli: "Halo Pak, saya Asep yang mau beli rumahnya."
Penjual: "Ouh halo kang Asep, masuk-masuk."

Penjual: "Duduk dulu kang."
Pembeli: "Iya pak terima kasih."

Penjual: "Ini rumah yang mau saya jual. Kondisinya sudah kosong karena memang bulan kemarin kami sudah pindah ke rumah yang baru."
Pembeli: "Sudah berapa tahun pak tinggal di rumah ini?"
Penjual: "Sudah lama kang, sekitar 15 tahun saya tinggal di sini."
Pembeli: "Wah lama juga ya pak."

Permintaan
Pembeli: "Boleh kami keliling pak untuk lihat-lihat?"
Penjual: "Monggo kang, dilihat-lihat dulu."
Pembeli: "WC-nya di sebelah mana kang?"
Penjual: "Sebentar saya antar."

Pemenuhan
Penjual: "Nah ini kang. Kemarin itu pas sebelum pindak bak mandinya ada retak-retak sedikit, itu sudah saya perbaiki."
Pembeli: "Owalah iya ya. Tetap bagus masih."

Penawaran
Pembeli: "Ini kemarin saya lihat harganya di iklan situs jual-beli rumah itu 150 juta ya pak?"
Penjual: "Iya kang, bisa dinegokan itu. Mau bayar DP dulu gak masalah, sisanya bisa dibayar angsur aja"
Pembeli: "Kalau bayar kontan bisa gak pak 75 juta gitu?"

Persetujuan
Penjual: "Duh jangan atuh kang. Gak bisa segitu. Mau saya simpan untuk dana anak-anak sama orang tua naik haji ini."
Pembeli: "Owalah, iya pak hehe. Barang kali ada yang mau jual segitu."

Penjual: "Kalau akang mau, boleh DP saja 50 juta. Sisanya bayar tahunan boleh atau perbulan juga boleh."
Pembeli: "Ini bisa diturunin jadi 100 juta saja pak? Jadi saya bayar DP 50 juta, nah sisanya saya bayar 10 juta pertahun selama 5 tahun pak. Bantu gitu pak maksud saya."
Penjual: "Hem bagaimana kalau tambah DP lagi kang jadi 75 juta, soalnya saya lagi butuh juga pak. Totalnya 125 juta untuk rumah ini. Udah bagus soalnya kang, dua lantai juga rumahnya."
Pembeli: "Ouh begitu, iya pak saya dari awal sudah tertarik. Oke deh pak deal, saya setuju segitu."

Penutup
Penjual: "Terima kasih yang kang udah mau beli rumah ini. Lumayan cepat juga 1 bulan sudah terjual."
Pembeli: "Iya pak sama-sama. Saya juga terima kasih ya udah mau bantu."
Penjual: "Iya sama-sama kang."

Beuh cakep bener Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Rumah beserta Strukturnya di atas.

Demikian sobat Kuskus Pintar, beragam contoh teks negosiasi jual beli dan strukturnya terbaik menurut kami. Semoga bermanfaat ya.

Referensi:
Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Negosiasi oleh Kemendikbud Tahun 2017

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. lengkap banget nih contoh teks negosiasinya... aku juga dapet mata kuliah negosiasi nih tapi belum di ambil padahal kalo dipikir-pikir intinya sih ini aja ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama