Contoh Essay yang Baik dan Benar (Plus Tips)

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Contoh Essay yang Baik dan Benar
Contoh Essay yang Baik dan Benar

Ketika berbicara mengenai essay, maka akan banyak sekali jenisnya mulai dari essay beasiswa, essay tugas sekolah atau kuliah, essay lomba, essay masuk organisasi dan lain-lain. Pernahkah kamu bertanya mengenai contoh essay yang baik dan benar ? Pasti kamu akan bertanya hal demikian, terlebih bagi yang ingin ikut lomba.

$ads={1}

Bagi mereka yang pertama kali mendengar essay, akan bertanya "Gimana sih bikin essay yang baik dan benar?" Dan sederet pertanyaan cara membuat essay, contoh essay, dan sejenisnya akan bermunculan.

Saya juga begitu, waktu pertama kali mendengar kata esai langsung berpikir "Apa itu esai?" Hemm, sesuatu yang lumrah ketika kamu bertanya hal demikian. Bagi pemula yang belum sama sekali tahu bagaimana cara membuat essay akan bertanya perihal contohnya.

Sobat jangan khawatir karena Kuskus Pintar akan memberikan contoh essay yang baik dan benar.

Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar

Sebelum kita merangkak lebih jauh perihal contoh essay, mari ketahui dulu cara membuat essay yang baik dan benar. Berikut adalah langkah-langkah membuat essay yang baik:

1. Tentukan Topik Essay

Iya, langkah paling utama yang dilakukan adalah tentukan topik essay yang akan kamu buat. Tanpa topik, kamu akan kesulitan memfokuskan isi dari essay yang kamu buat.

2. Cari Masalah

Kok cari masalah sih? Iya, saat kamu telah menemukan topik yang dipilih fokuskan pada satu masalah atau objek. Nah, di sinilah jantungnya essay. Perbedaan essay dengan karya ilmiah yang lainnya terletak pada masalah yang diambil.

Essay cenderung lebih spesifik. Contoh, topik ekonomi. Tentu saja ekonomi itu luas, kamu bisa persempit ke ranah mahasiswa. Misalnya, masalah mahasiswa yang tidak suka menabung atau berinvestasi.

3. Buat Outline

Ini yang sering luput dari perhatian, saat membuat essay yang baik dan benar tentu saja tidak ujug-ujug langsung jadi. Ada proses yang mesti dilewati. Outline atau garis besar membantu kamu untuk menyusun arah dari tulisan essay. Umumnya Outline yang dibuat bergaya umum ke khusus.

4. Cari Data

Bagi essay lomba itu penting sekali untuk memaparkan data di dalam essay agar lebih kuat argumen yang disampaikan. Dengan adanya data inilah yang menjadikan essay lebih kaya dan disukai oleh juri. Jika essay yang bersifat individu seperti essay beasiswa yang menceritakan diri sendiri, ya sah-sah saja sebenarnya menambahkan data. Kamu juga bisa lebih mendetailkan penjelasan agar tidak terlalu umum.

5. Segera Tulis Essay

Langkah-langkah di atas akan sia-sia jika kamu tidak melakukan langkah terakhir ini yaitu segera menuliskan essay. Seorang dosen pernah berkata, "Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai." Sama halnya dengan essay ini, essay kalo gak selesai ya gak baik lah haha.

Baca juga: 

Contoh Essay yang Baik dan Benar

Baiklah kita sudah sampai ke pokok pembahasan, mari kita bedah contoh essay yang baik dan benar untuk topik Ekonomi.

Contoh Essay 1
Topik : Ekonomi
Masalah: Virus Corona yang Mewabah
Judul: Dampak Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia

Coronavirus Disease 2019 atau disebut juga COVID-19 saat ini telah mewabah ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pertama kalidilaporkan, virus ini muncul di kota bernama Wuhan, China. Saat itu Indonesia belum terjangkit virus Covid-19.

Hadirnya virus ini, semua negara menutup pintu masuk dari luar negeri. Membatasi laju masuk dan mulai menyuarakan untuk selalu jaga kebersihan. Kasus pertama yang terjadi di Indonesia dilaporkan pertama kali pada Bulan Maret 2020. Masih terlihat biasa-biasa saja, bahkan kali itu saya masih asyik bercengkrama dengan teman kampus di perpustakaan.

Hadirnya Covid-19 mengubah tatanan seluruh penjuru dunia, yang semulanya kita belajar bertatap muka kini harus lewat perantara aplikasi online meeting. Begitu juga dengan para pegawai, guru dan dosen, serta lainnya, mereka beradaptasi dengan gaya "Work From Home."

United Nation Development Program (UNDP) memperkirakan bahwa adanya virus Covid-19 ini bisa menambah angka persentase kemiskinan dan menurunkan kesejahteraan masyarakat. Senada dengan perkiraan dari UNDP, sebuah penelitian menyebutkan ada 270 juta orang yang mengalami kelaparan akibat pandemi virus corona  (CNN Indonesia, 2020).

Indonesia tentu saja sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menangani kasus ini seperti menggalakkan perilaku 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan), perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Penerapan PSBB, dan menjaga tempat umum agar tidak berkerumun. 

Banyak dampak yang terjadi akibat adanya virus corona ini. Di lain sisi bisa meningkatkan kemiskinan, di sisi lain sektor industri kesehatan dan industri e-commerce mengalami peningkatan. Industri kesehatan penjualan semakin melejit karena kebutuhan akan hand sanitizer, masker dan lain sebagainya. Industri bisnis secara elektronik atau e-commerce juga meningkat karena masyarakat sekarang sudah beralih untuk gemar belanja online.

Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya Covid-19 ini memiliki dampak positif dan negatif. Tetapi, tetap saja virus adalah virus yang perlu kita lawan agar bisa kembali normal. Semoga virus Covid-19 ini bisa segera diatasi agar tidak menimbulkan dampak negatif yang berkepanjangan.

Nah, begitu teman-teman contoh essay yang baik dan benar. Ada data pendukung dan argumen dari penulis. Oiya, polanya dari umum ke khusus. Cerita dulu masalah umumnya apa, yaitu corona atau covid-19. Nah, nanti masuk ke bagian masalah. Lalu, penutup atau harapannya seperti apa. Yup, begitu saja essay yang singkat ini. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Bener banget ya pokoknya kalau sudah dapat ide harus cepet nulis 😀

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama