12+ Cara Mencari Dana untuk Organisasi Mudah

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Mencari Dana untuk Organisasi
Cara Mencari Dana untuk Organisasi Mudah

Organisasi baik kita di sekolah maupun di ranah kampus, pasti akan bertemu dengan namanya kegiatan untuk mencari dana. Dana bagi organisasi bisa digunakan untuk acara formal, perlombaan, kegiatan sosial dan lain-lain. Nah, kali ini Kuskus Pintar akan berbagi mengenai cara mencari dana untuk organisasi.

$ads={1}

Sebenarnya ada banyak cara untuk mencari dana yang bisa sobat lakukan. Berikut ini akan kami uraikan dengan rinci ya.

Cara Mencari Dana untuk Organisasi

Kalau di tingkat sekolah, biasanya organisasi atau ekskul yang perlu menggalang dana adalah OSIS. Mereka biasanya punya program kerja untuk dicapai misalnya acara puncak di sekolah. Dana yang dikumpulkan dari sekolah pastinya terbatas. Agar acara bisa berlangsung meriah dan sesuai yang diharapkan maka anggota dari OSIS akan memutar kepala mencari dana.

Apabila di tingkat kampus, memang dana yang paling besar itu untuk organisasi BEM. Tetapi, tetap saja pasti akan kurang karena mereka menggelar acara tak tanggung-tanggung deh. Belum dana untuk perlengkapan, konsumsi, doorprize, fee untuk pembicara dan lain-lain.

Baca juga yuk:

Tanpa berlama-lama lagi kita langsung saja, yuk intip cara mencari dana untuk organisasi di bawah ini.

1. Proposal Pengajuan Sponsor ke Perusahaan

Cara mencari dana untuk organisasi yang pertama adalah dengan mengajukan proposal sponsorship kepada perusahaan. Saya rasa cara ini cukup efektif dalam menyumbang dana organisasi untuk menggelar acara.

Biasanya dari pihak sponsor akan memberikan sejumlah dana atau fasilitas kepada kita selaku penggelar acara. Mereka akan meminta untuk ditaruhkan logo pada setiap pamflet, banner, brosur dan sejenisnya. Dana dari perusahaan juga cukup besar untuk organisasi ini.

2. Open Paid Promote

Cara selanjutnya yang dinilai juga efektif adalah dengan mengadakan open paid promote. Biasanya kita akan meminta bantuan kepada teman-teman kita yang punya followers banyak. Jika mereka adalah bagian dari organisasi bisa saja kita minta bantu. Tetapi, bagi teman yang di luar organisasi biasanya perlu ada sedikit uang yang "masuk ke kantong" alias bagi hasil gitu-gitu sih. 

3. Menjual Makanan

Cara mencara dana untuk organisasi yang umum sekali dilakukan adalah dengan menjual makanan. Apalagi kalau menjual makanannya sambil keliling ke area sekolah atau kampus kamu. Lumayan bisa menambah pemasukan untuk acara organisasi deh. Bagi si penjual dan si pembuat makanan, pastilah akan diberi keuntungan juga. Tinggal diatur aja deh bagusnya bagaimana.

4. Menjual Minuman

Tidak jauh berbeda dengan menjual makanan, cara yang satu ini juga bisa dilakukan guna mengumpulkan dana untuk organisasi. Kamu bisa mengajak teman satu organisasi untuk membeli kebutuhan menjual minuman. Ada banyak macam jenis minuman yang disukai. Ide jualan minuman yang bisa dicoba yaitu es teh, kopi cup, es buah, es campur, jasuke, dan lain-lain.

5. Menjual Kaos

Punya teman yang berbisnis konveksi? Coba deh ajak kerja sama untuk dijualkan kaosnya. Atau kamu juga bisa pesan kaos dengan desain custom yang menarik lalu dijual deh. Keuntungan bisa masuk untuk menambah bagi keperluan organisasi.

6. Menjual Bunga

Menjual bunga adalah cara mencari dana untuk organisasi yang cukup unik menurut saya. Biasanya kalau di tingkat kampus, bunga laris dijual untuk keperluan buah tangan untuk kakak tingkat yang sedang seminar proposal, sidang hingga wisuda.

7. Menjual Aksesoris

Mau tau cara yang gampang untung memperoleh dana untuk organisasi? Yup, bisa dengan menjual aksesoris. Cara yang terbilang cukup mudah dan hemat biaya. Aksesoris yang bisa dibuat seperti bandana, bros, masker, jepit rambut, ikat rambut, gelang dan lainnya.

8. Bantu Jualan

Bantu jualan ini bisa dilakukan dengan membantu teman yang punya bisnis dengan skema bagi hasil sekian persen. Misalnya 20% untuk organisasi dan 80% untuk balik ke si penjual. Lumayan bisa kamu bantu jual saat sedang menggelar acara.

9. Buka Jasa Desain

Di organisasi ada banyak divisi atau departemen, salah satunya adalah bagian desain. Mereka umumnya adalah anak-anak publikasi dan dokumentasi. Nah, hal ini bisa dimanfaatkan skill yang mereka miliki dengan membuka jasa desain.

10. Buka Jasa Antar-Jemput

Saat ini kebutuhan jasa antar dan jemput semakin laris. Orang-orang bahkan mulai beralih menggunakan teknologi. Nah, kamu bisa nih menawarkan jasa antar-jemput dengan harga miring tapi gak bikin pusing eaa.

11. Menggelar Lapak Barang Bekas yang Bisa Dipakai Lagi

Cara mencari dana untuk organisasi yang terbilang kreatif adalah dnegan menggelar lapak barang bekas. Sebelum membuka lapak, kamu bisa open donasi barang bekas layak pakai untuk dijual terlebih dahulu.

Ketika sudah berhasil dikumpulkan bisa dijual deh. Atau ada juga cara unik lainnya dengan membeli barang bekas lalu dijual kembali, contohnya membeli buku bekas kakak tingkat lalu dijual ke adik tingkat. Ya begitulah simpelnya.

12. Memasang Biaya Pendaftaran atau HTM

Menurut saya acara yang tanpa memungut biaya pendaftara, alias gratis adalah acara yang sukses memperoleh pendanaan dari mana saja. Nah, opsi terakhir ini bisa dilakukan jika tidak punya waktu lagi dalam mencari dana. Kamu bisa gunakan cara ini untuk menambah dana untuk acara organisasi yang digelar. 

13. Sumbangan Anggota

Terakhir, cara mencari dana untuk organisasi adalah dengan melakukan sumbangan anggota organisasi. Ini juga pilihan terakhir jika masih tidak cukup dari dana yang diperoleh.

Okey, sekian artikel mengenai cara mencari dana untuk organisasi yang bisa Kuskus Pintar berikan. Semoga bermanfaat ya buat kamu.

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Wah terima kasih infonya saya baru mengetahui ternyata dengan mengediakan jasa seperti jasa desain dan antar jemput serta jual barang bekas bisa digunakan untuk menghasilkan uang untuk organisasi. gak kepikiran dari dulu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama