5+ Daftar Pondok Pesantren Modern di Yogyakarta

Daftar isi [Tampil]
Yogyakarta merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang dikenal sebagai Kota Pelajar. Kota ini memang dikenal dengan sistem pendidikanya yang sangat baik dan juga sebagai kota yang sangat nyaman untuk di tinggali.

Selain memiliki universitas, Yogyakarta juga memiliki Pondok Pesantren yang terkenal dengan ilmu agamanya. Berbagai macam jenis pondok, mulai dari pondok pesantren tradisional dan modern dapat anda temukan di kota pelajar ini.

Pondok Pesantren Modern di Yogyakarta

Pondok Pesantren Modern di Yogyakarta


Dilansir dari sarjanatua.com, ada 5+ rekomendasi pondok pesantren modern terbaik di Yogyakarta yang perlu kamu ketahui. Masing-masing pondok pesantren ini memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Simak selengkapnya!

1. Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak

Pondok pesantren Krapyak adalah sebuah lembaga pendidikan islam tradisional yang berdiri di Krapyak, Yogyakarta. Pondok pesantren ini didirikan oleh KH. Hasyim Asy'ari, pendiri NU (Nahdlatul Ulama) pada tahun 1990.

Pondok pesantren ini mempelajari ilmu tahfidz Quran, dibawah para santrinya harus menguasai qira’ah sab’ah dan cara membaca alquran lainya.
Namun pesantren ini juga tidak mempelahar ilmu Tahdifz Qouran saja namun juga mempelajari beberapa kitab seperti Kitab Kuning. Metode sorogan dan bandongan seperti pesantren tradisional pada umumnya.

2. Pondok Pesantren Assalafiyah Mlangi

Pondok Pesantren Assalafiyah Mlangi merupakan salah satu pondok pesantren modern di Yogyakarta yang didirikan oleh KH Masduqi pada tahun 1936 dan kemudian diteruskan oleh putranya yang bernama KH Sujai selaku pengelola dan pengasih.

Sama seperti pondok pesantren modern di yogyakarta lainya, pondok pesantren mlangi juga memiliki madrasah yang berbasis alam dan pesantren. Nantinya para santi juga akan diajari tentang cara membaca kitab kuning, sorogan, dan tahfidz quran.
Sedangkan untuk jenjang pendidikan terdapat MTs, Ma, dan SMK. Sementara itu untuk Akreditasi sekolah sudah mendapatkan B untuk MTs.

3. Pondok Pesantren Nurul Ummah

Pondok Pesantren Nurul Ummah merupakan salah satu pondok pesantren modern di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 9 Februari 1986. Pelatakan batu pertama dilakukan langsung oleh KH Asyhari Marzuqi, KH Nawawi Ngrukum, dan juga dihadiri oleh keluarga Krapyak.

Sementara itu PPNU didirikan oleh KH Asyhari Marzuqi saat Kyai Asyhari masih menimba ilmu agama di Bagdad, Iraq.

Pesantren ini juga menyediakan pesantren khusus mahasiswa. Yaiu asrama yang pagi dan sore untuk mengaji. Sedangkan waktu diluar itu bisa digunakan untuk kuliah.

4. Pondok Pesantren Wahid Hasyim

Pondok Pesantren Wahid Hasyim merupakan pondok pesantren di Yogyakarta yang didirikan oleh Al-Marhum Al-Maghfurlah KH. Abdul Hadi As-Syafii pada tanggal 11 Maret 1977. Pondok pesantren ini bertujuan untuk melahirkan santri yang intlektual secara keagamanan dengan didasari oleh akhlaqur kaimah.

Pondok Pesantren Wahid Hasyim Jogja memiliki pendidikan formal, mulai dari SMP hingga SMA. Selain itu, pesantren ini juga memiliki berbaga jenis pendidikan seperti MI, MTs, MA, Madin, Ma’had Aly, dan lan sebagainya.

5. Pondok Pesantren Sunan Pkamunaran

Pondok Pesantren Sunan Pkamunaran merupakan pondok pesantren modern di Yogyakarta yang didirikan oleh KH Muhammad Mufid Mas’ud pada tahun 1975. Pondok pesantren ini berfokus pada pengajaran Al-Quran dan Ilmu-ilmu Al-Quran.

Selain itu, pondok pesantren di jogja ini juga membuka sekolah mulai dari TK, MI, MTs, MA, hingga perguruan Tinggi (STAI Sunan Pkamunaran). Selain skolah formal dan Tahfizul Quran, Ponpes Sunan Pkamunran juga memiliki beberapa program unggulan.

6. Pondok Pesantren An-Nur

Pondok Pesantren An-Nur merupakan salah satu pondok pesantren terbaik di Yogyakarta yang didirikan oleh KH Nawai Abdul Aziz pada tahun 1978. Pondok pesantren ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan dibangunya beberapa fasilitas pendidikan lainya.

Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem juga memiliki beberapa program unggulan seperti Tahfizul Quran yang dilengkapi dengan Qira'ah Sab'ah, mengaji Al-Quran secara Binazar hingga kajian kitab kuning.
Sekian artikel tentang 6 pondok pesantren modern di Yogyakarta yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama