Yakin Ngebut! Mari Belajar Mengetik 10 Jari Online

Daftar Isi [Tampil]
belajar mengetik 10 jari online


Dulu sewaktu kelas pengantar aplikasi komputer di jurusan Akuntansi, saya pernah belajar mengetik 10 jari dengan menggunakan komputer di kampus. Nah, kali ini sedikit membagi cerita dan pengetahuan terkait cara belajar mengetik 10 jari online.

Saat ini ketik-mengetik di komputer atau laptop sudah menjadi kebutuhan, baik bagi siswa, mahasiswa, guru, dosen, hingga pegawai kantor. Mau tidak mau kita harus mengenali dengan teknologi masa kini termasuk mengetik dengan komputer.

Pertama kali belajar mengetik menggunakan komputer itu saat saya masih duduk di bangku SMP. Seorang anak desa biasa yang masih terbilang gaptek terhadap hal-hal seperti ini. Maklum di desa dulu teknologi seperti komputer adalah barang mewah yang hanya dimiliki beberapa orang saja.


Baca juga:

$ads={1}

Saat pertama kali mengetik di komputer, tangan saya terasa kaku. Menekan keyboard pada komputer saja rasanya perlu hati-hati dan dengan penekanan yang agak dikuatkan sedikit agar tulisan tersebut muncul di layar.

Pada saat itu ada yang namanya pelajaran TIK, kami mempelajari cara membuka windows komputer, cara membuka microsoft office word, dan belajar mengetik dengan 10 jari. Jika diingat masa-masa dulu, rasanya membuka komputer saja perlu dihapalkan langkah-langkahnya hehe.

Apalagi saat membuka aplikasi word untuk mengetik, saya belajar menghapalkan caranya. Padahal ketika prakteknya langsung akan lebih cepat untuk mempelajarinya.

Dilansir dari Kumparan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge dan Aalto University menjelaskan rata-rata kecepatan mengetik seseorang menggunakan keyboard komputer berada pada rentang 52 kata permenit. Jika menggunakan gadget berada pada 38 kata permenit.

Penelitian tersebut dilakukan oleh 37 ribu orang yang diberikan tes mengetik dengan menggunakan gadget dan komputer. Sebenarnya apa sih manfaat dengan belajar mengetik 10 jari ? Hayoo apa manfaatnya?

Manfaat Belajar Mengetik 10 Jari Online

Ada banyak manfaat belajar mengetik 10 jari online yang bisa kamu peroleh, sedikit rangkumannya saya jabarkan di bawah ini.

1. Mengetik Semakin Ngebut!

Wah, ini manfaat yang super sekali ketika kamu mempelajari cara mengetik 10 jari dengan benar. Jika selama ini kita mengetik sepuluh jari dengan masih melihat ke arah keyboard, nah mengetik 10 jari ini jika dilakukan secara rutin maka kamu akan menguasai penempatan huruf yang ada di atas keyboard laptop atau komputer tersebut.

Tentu saja, mengetik sakan semakin ngebut! Saya saja kagum sama dosen saya yang bisa mengetik sepuluh jari secara ngebut tanpa melihat keyboardnya lagi.


2. Menghemat Waktu

Pasti jelas ini hehe. Jika mengetik kamu semakin ngebut, pasti waktu yang dikeluarkan untuk mengetik juga akan semakin hemat. Bahkan mungkin kamu akan merasa enjoy dengan kecepatan yang bisa menghemat waktu kamu.

Misalnya dulu mengetik satu artikel bisa menghabiskan waktu satu jam, nah dengan belajar mengetik 10 jari kamu hanya menghabiskan waktu sekitar 40 sampai 45 menit saja. Artinya 15 atau 20 menit yang kosong bisa dinikmati untuk bersantuy saja.

3. Meningkatkan Peluang untuk Meraup Pundi-pundi Rupiah

Bagaimana tidak meningkatkan peluang meraup keuntungan, jika mengetik sepuluh jari sudah kamu kuasai hihi. Kamu bahkan bisa membuka jasa pengetikan tugas temanmu, atau jasa pengetikan lainnya. Bisa juga kamu membuka jasa menulis artikel.

Dengan kecepatan mengetik yang kamu miliki itu bisa meningkatkan peluang untuk meraup rupiah lebih. Jika biasanya hanya mampu menulis 5 artikel sehari, mungkin saja selanjutnya kamu bisa mengetik 10 artikel dalam sehari. Tidak ada yang tidak mungkin, kuy coba dulu.

Baiklah mungkin itu tiga poin pokok manfaat yang bisa dibagikan. Nah, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara belajar mengetik 10 jari online ? Berikut Kuskus Pintar dengan baik hati membocorkan caranya. Yuk disimak!


Cara Belajar Mengetik 10 Jari Online

Adapun tahapan belajar mengetik 10 jari online adalah sebagai berikut:

1. Pahami diagram jari pada keyboard.

Berikut gambar diagram jari yang saya peroleh dari blog dosen kelas Aplikasi Komputer. Boleh main juga ke blognya Aryanto165.com.

belajar mengetik 10 jari online
Sumber pada gambar

2. Letakkan posisi jari pada diagram jari di keyboard

Letakkan posisi jari tangan kanan dan kiri pada huruf-huruf seperti gambar di atas. Letakkan dua jempol kamu pada tombol spasi.


3. Siapkan teks latihan mengetik 10 jari

Siapkan teks latihan mengetik 10 jari yang bertuliskan "ASDF   ;LKJ" lalu lihat perhuruf di mana jari kelingking kanan menekan huruf A, jari manis kelingking kanan menekan huruf S dan begitu juga yang lainnya.

Ada polanya, huruf F dan J adalah kunci dari pertengahan huruf di mana pada tombol keyboard akan ada sedikit tanda yang menonjol di atasnya.

belajar mengetik 10 jari online
Sumber oleh: Aryanto165.com


4. Ketiklah dengan 10 jari kamu

Lakukanlah berulang-ulang untuk mengetik huruf-huruf ASDF   ;LKJ sampai anda betul-betul mahir dan hapal. Perlu diingat pada saat mengetik jari tetap berada pada lauar komputer. Kata dosen saya ulangilah mengetik hingga sampai 2 hingga 3 lembar kertas tersusun rapi.


5. Tantang diri kamu mengetik dengan website online di 10fastfingers.com

10fastfingers merupakan website yang bisa diakses secara online untuk belajar mengetik 10 jari online yang bisa kamu coba. Lalu, bagaimana cara belajar mengetik di 10fastfingers ? Simak di bawah ini tahapannya.


Pertama, kamu bisa mengakses langsung ke website 10fastfingers. Bisa search di pencarian search engine atau langsung ke 10fastfingers.com. Pastikan sinyal atau koneksimu lancar saat mengaksesnya.


Kedua, atur bahasa yang diinginkan. Secara default bahasa di website 10fastfingers adalah bahasa Inggris. Sobat bisa ubah ke dalam bahasa Indonesia.

Ketiga, pilih latihan "Typing Test".


Belajar mengetik 10 jari online
Belajar mengetik 10 jari online


Keempat, bisa kamu mulai. Pada layar nanti akan muncul kata-kata yang perlu kamu ketik. Di sini latihannya dihitung persatu menit. Setelah selesai nanti kamu akan diberikan hasil tingkat akurasi mengetik kamu.

Baca juga: Belajar Membuat Infografis : Resep Menang Lomba


Berikut hasil test yang saya peroleh.


Belajar mengetik 10 jari online
Belajar mengetik 10 jari online


Berdasarkan hasil test saya, ada beberapa kali saya salah dalam mengetik tetapi langsung saya koreksi sehingga pada wrong words tidak dihitung. Hasil tersebut hanya menunjukkan jumlah kata yang saya ketik secara bener keseluruhannya.


Jika dilihat tingkat akurasi mengetik saya hampir sepenuhnya benar yakni sebesar 97.04% dengan total dalam satu menit saya mampu mengetik 52 kata. Berdasarkan hasil penelitian yang pada paragraf awal sempat saya singgung, ternyata waktu mengetik saya masih dalam hitungan kategori rata-rata.


Selain dari Typing Test level mudah, ada tantangan lainnya yang masuk kategori advance yaitu "Typing Test Advance". Jika kamu sudah mahir di level sebelumnya, cobalah untuk menguji kemampuan kamu di level ini. Di level ini kamu akan disodorkan sebuah tantangan mengetik 1000 kata dalam satu menit. Wow sekali, bukan?

Mantap, satu artikel selesai dalam satu menit wkwkwkkk.

Oiya, website ini bisa diakses secara GRATIS. Kamu tidak perlu takut untuk dipungut biaya, enggak ada kok.

Berapa lama belajar mengetik 10 jari ? Jika kamu rutin setiap hari melakukan latihan, dalam waktu satu bulan kamu tidak perlu lagi melihat keyboard komputer lagi. Namun, konsistensi untuk tetap latihan memang tidak mudah. Ujian sekali, termasuk saya.

Tidak mengapa, pelan-pelan asalkan sampai pada tujuan. Perlahan saya juga pelan-pelan mulai hapal letak huruf yang ada di keyboard. Selamat mencoba belajar mengetik 10 jari online. Semoga bermanfaat.


Baca juga:

$ads={2}

1 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Hi Kia. Udah lama nggak mampir ke sini :)
    Pas sekali pembahasan kali ini karena aku salah seorang dari yang kebiasaan mengetik dengan 6 jari :(
    Bersyukur sekali membaca tulisan ini sehingga aku tahu ada web test kecepatan secara online yang bagusss. Akan segera aku coba! Aku ingin sekali untuk bisa mengetik dengan 10 jari, sebab kadang jari-jari tangan kananku jadi cepat kaku karena nganggur 😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post