Tips Membeli Rumah Pertama Kali dengan Mortgage Calculator UK

Daftar isi [Tampil]
Tips Membeli Rumah Pertama Kali
Tips Membeli Rumah Pertama Kali

Beli rumah pertama adalah hal yang sangat menyenangkan sekaligus penuh dengan kebingungan karena ada banyak tahapannya. Selain tahapan, juga perlu memperhatikan tips membeli rumah pertama kali yang tepat agar tidak salah pilih. 

Tahapan beli rumah pertama kali mungkin akan cukup membingungkan karena harus memastikan pembelian tersebut diakui secara legal. Membeli rumah pertama kali di usia muda juga termasuk instrumen investasi jangka panjang. 

Mengingat harga rumah sekarang dengan 10 tahun ke depan tentu akan mengalami kenaikan yang sangat besar. Jadi sebelum melakukan pembelian rumah, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini. 

Tips Membeli Rumah Pertama Kali

Beli rumah pertama kali bisa menjadi kegiatan yang menguras dana dan energi. Berikut merupakan tips membeli rumah pertama kali agar mendapatkan rumah yang sesuai dengan budget, keinginan, dan prosesnya lebih mudah. 

1. Sesuaikan dengan Kondisi Finansial 

kamu harus mengenali kondisi finansial terlebih dahulu sebelum membeli rumah agar bisa menentukan alokasi gaji. Setiap orang tentu harus mengutamakan kebutuhan pokok sehari-hari, lalu baru menyisihkan uang untuk tabungan beli rumah. 

Calon pembeli properti juga harus membuat rencana jangka panjang waktu pembelian rumah. Hal ini akan memudahkan dalam menentukan besaran alokasi gaji untuk pelunasan yang muka dan cicilan bangunan. 

Selain itu, pastikan untuk memilih bagikan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya penunggakan cicilan. 

2. Cek Harga Pasaran Rumah 

Tips membeli rumah pertama selanjutnya yaitu mengecek harga pasaran rumah di daerah tersebut. Kamu juga bisa mengecek harga terendah melalui NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) dari situs resmi Badan Pertanahan Nasional. 

Setelah mengetahui harga pasarannya untuk satu meter persegi, bayangkan berapa luas hunian yang sesuai kebutuhan. Nantinya kamu bisa mendapatkan perkiraan harga pasaran dari rumah yang kamu inginkan. 

3. Tentukan Cara Pembelian Rumah

Kamu bisa menentukan cara pembelian rumah, apakah akan membeli rumah secara cash atau kredit. Tentu saja pembelian cash adalah cara membeli rumah pertama yang menjadi cita-cita semua orang. 

Jika tabungan kamu cukup, silahkan membeli secara cash karena akan ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan. Keuntungan tersebut antara lain tidak membayar bunga serta mendapatkan potongan harga rumah dari developer. 

Apabila kondisi keuangan kamu belum memadai untuk pembelian cash, maka jangan khawatir. Karena kamu bisa memilih opsi kredit (KPR) yang mana cicilannya tidak akan menggangu keuangan dalam beberapa waktu ke depan. 

Setiap lembaga atau bank penyedia KPR menyediakan rencana KPR yang berbeda, bahkan ada yang menyediakan layanan cicilan tunai. Kamu juga bisa mencari developer perumahan yang memberikan kemudahan dalam membeli rumah. 

4. Kenali Riwayat Developer yang Terpercaya 

Belakangan ini sudah sering terjadi penipuan terhadap calon pembeli unit perumahan oleh penyedia jasa developer. Oleh karena itu, kamu harus memastikan riwayat developer tersebut memiliki latar belakang yang jelas. 

Sebaiknya pilih penyedia jasa developer hasil rekomendasi dari orang terdekat. Saat pemilih rumah atau developer menawarkan harga, maka jangan langsung menerimanya, tetapi lakukan perbandingan harga dengan properti serupa. 

5. Pilih Lokasi Rumah yang Strategis 

Lokasi rumah yang strategis juga tidak boleh kamu lewatkan sebelum membeli rumah pertama kali. Calon pembeli harus memastikan lokasi hunian strategis dan akses angkutan umum yang mudah.

Hal ini bisa kamu ketahui dengan melakukan survei langsung ke tempat hunian yang menjadi pilihan. kamu juga bisa mempertimbangkan lokasi tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja agar menghemat waktu dan biaya transportasi. 

Selanjutnya, pastikan keamanan lokasi hunian, jangan sampai kamu membeli tempat tinggal di daerah yang rawan tanah longsor atau banjir. Rumah dengan kondisi seperti ini tentu akan membuat harga jual dikemudian hari menjadi menurun. 

Jika kamu ingin membeli rumah yang masih berada di kawasan Jakarta, maka perlu banyak berpikir. Mengingat harga rumah di tengah kota Jakarta sangat mahal meski mempermudah aktivitas. 

Sebaiknya pilih lokasi pinggiran Jakarta seperti Bekasi, Depok, Bogor, dan Serpong. Tidak lupa perhatian akses transportasi, keasrian lingkungan dan fasilitas yang tersedia untuk mempermudah aktivitas. 

6. Membuat Anggaran Dana untuk Kebutuhan Lain

Tips membeli rumah pertama kali selanjutnya adalah membuat anggaran dana untuk kebutuhan lain. Tidak mungkin kamu tinggal di rumah pertama dengan keadaan kosong melompong tanpa perabotan. 

Apabila dana yang kamu miliki belum cukup, lebih baik prioritaskan barang-barang yang sangat dibutuhkan sehari-hari. Contohnya seperti kasur, almari, kompor untuk memasak, beberapa alat makan dan minum, kulkas, serta alat untuk mandi. 


7. Sesuaikan Harga dan Uang Muka 

Kamu juga perlu menyesuaikan harga dan uang muka yang perlu dipersiapkan untuk membeli rumah. Besaran uang muka atau DP sebenarnya akan sangat membantu mengurangi jumlah cicilan setiap bulannya. 

Jika kamu perhatikan dengan benar maka akan menjadikan cicilan lebih ringan dalam jangka panjang. Bank Indonesia (BI) menetapkan kebijakan kepada pihak bank berupa ketentuan besaran uang muka pembelian bangunan. 

Pastikan kamu memiliki rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan pastinya memiliki harga terbaik. Utamanya, kamu bisa berkomitmen untuk membayar sisa angsuran setiap bulan dalam kurun waktu tertentu sesuai perjanjian. 

8. Menabung Uang Muka 

Tips membeli rumah dari developer selanjutnya adalah menabung uang muka untuk cicilan KPR. KPR atau Kredit Pembelian Rumah adalah cara beli rumah dengan skema pembayaran ringan dan banyak orang lakukan. 

Meski pembayarannya lebih ringan, banyak generasi muda yang tidak tertarik ketika melihat besarnya biaya yang muka atau DP. Mengingat menabung DP rumah adalah hal yang sangat membutuhkan kesabaran.  

Namun tenang saja, karena kamu tetap bisa mulai menabung secara perlahan setelah mengetahui besaran uang muka. Jika kamu masih merasa kesulitan, sebaiknya cicil uang mukanya.


9. Siapkan Biaya Lain-lain dan Dana Darurat 

Terakhir, siapkan biaya lain dan dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Dana ini juga penting kamu persiapkan untuk memenuhi kebutuhan yang pengeluarannya tidak terduga. 

Pembelian rumah sekarang sudah semakin mudah bahkan bagi kamu yang tidak tabungan yang cukup untuk membeli cash. Sekarang kamu bisa beli rumah pertama kali menggunakan KPR dan menyesuaikannya dengan penghasilan. 

Pastikan jika penghasilan tersebut cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan biaya cicilan setiap bulannya. Jika bingung, kamu bisa menggunakan Mortgage Calculator untuk menghitung cicilan yang harus dikeluarkan setiap bulannya. 

Kalkulator Mortgage UK


Mortgagecalculator.uk merupakan kalkulator perhitungan KPR yang akan menghitung simulasi cicilan per bulan berdasarkan harga rumah. Kita tinggal mengkonversi besaran hasilnya ke rupiah saja karena ini ditujukan untuk warga UK. 

Mortgage yang dimaksud adalah hipotek, kredit atas dasar jaminan benda tidak bergerak yang mana KPR termasuk salah satu jenisnya. Berkat sistem ini dalam KPR, proses pembayaran rumah menjadi lebih mudah. 

Setelah memahami tips membeli rumah pertama kali tersebut, kamu bisa langsung melakukan pembelian.

Jika ingin menggunakan KPR, sebaiknya hitung perkiraan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya menggunakan mortgagecalculator.uk.
Lebih baru Lebih lama