Rincian Modal Buka Usaha Warung Kopi, Banyak Nggak Ya?

Daftar isi [Tampil]


Memilih usaha untuk bikin warung kopi, sepertinya masih cukup menguntungkan. Pasalnya, permintaan masyarakat akan kopi itu masih cukup tinggi. Tapi kalau mau buka warung, ketahui dulu berapa kira-kira modal buka usaha warung kopi yang kamu butuhkan. 

Setelah mengetahuinya, baru kamu bisa menyiapkan modal yang dibutuhkan dengan beberapa cara yang memang bisa dilakukan. Tanpa adanya estimasi modal yang dibutuhkan, kamu mungkin akan kesusahan dalam menyiapkannya. Bisa saja kurang dan bisa saja terlalu banyak. 

Namun kalau menyiapkannya dengan matang, kamu bisa langsung membelanjakan modal yang tersedia secara efektif dan hanya berbelanja beberapa barang yang dibutuhkan saja. Hal ini tentu akan mempengaruhi keberhasilan kamu dalam membuka usaha warung kopi. 

Kalau tentang pasar atau market dari warung kopi itu sendiri, tentu juga harus disesuaikan dengan model warung kopi milikmu. Kalau coffee-shop, mungkin butuh biaya besar, tapi pasarnya juga menengah ke atas. Kalau warung kopi sederhana, modalnya kecil, dan pasarnya menengah ke bawah. 

Kenapa Usaha Warung Kopi Cukup Menjanjikan?

Ada beberapa alasan utama mengapa usaha warung kopi yang akan kamu buka, terbilang menjanjikan. Mulai dari harga bahannya yang murah, hingga memiliki pangsa pasar yang terbilang luas. Selain itu, masih ada loh berbagai macam alasan lainnya. Berikut ini penjelasannya: 

1. Produksinya Gampang

Salah satu alasan kenapa kamu harus membuka warung kopi, adalah produksinya yang terbilang gampang. Tidak seperti bisnis makanan yang punya proses cukup rumit, menghidangkan kopi tentu sangat mudah dilakukan. 

Cukup meletakkan bubuk kopi, gula, letakkan ke mesin atau manual, secangkir kopi sudah bisa dihidangkan pada para pelanggan yang datang ke warung kopi milikmu. 

2. Menu Pendamping yang Sederhana

Nah, ini juga bisa jadi satu alasan mengapa warung kopi layak dijadikan usaha. Menu pendamping yang kamu sediakan juga tidak kalah sederhananya dengan proses pembuatan kopi. 

Kamu bisa pilih menu pendamping sederhana seperti roti bakar, pisang goreng, kentang goreng, dan beberapa menu sederhana lainnya. Jika ingin menambahkan minuman lain pun cukup pilih yang sederhana saja. 

Misalnya saja, kamu dapat memilih kopi susu, cappucino, espresso, atau berbagai macam minuman instan yang sachet-nya bisa dibeli dan ditemukan dengan mudah di pasaran. 

3. Pangsa Pasar Cukup Luas

Dibandingkan dengan minuman seperti wine, anggur, atau beberapa minuman mewah lainnya, pangsa pasar dari warung kopi yang akan kamu buat juga cukup luas. Dari kalangan menengah ke bawah, orang kaya, anak muda, dewasa, dan bahkan orang tua sekalipun, semua bisa menikmati hidangan kopi yang kamu sediakan. 

Dengan kata lain, pangsa pasar dari kopi ini, tidak spesifik pada jenis market tertentu saja. Dengan luasnya pangsa pasar ini, biasa sih memengaruhi tingkat keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Keuntungan yang diperoleh, bisa cukup besar, loh. 

4. Pendapatan yang Lumayan Besar

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari berjualan kopi. Cobalah hitungan sederhana saja. Misalnya saja, kamu membeli kopi sachet yang harga per sachet-nya Rp 500 saja. 

Dan ketika kamu jual, kamu akan meningkatkannya entah ke harga Rp 2.000 atau Rp 3.000. Margin dari harga beli yang dikeluarkan, memang cukup besar. Dan inilah yang akan membuat kamu bisa mendapatkan keuntungan cukup besar. 

Apalagi nih, penikmat kopi itu sangat banyak. Kadang ada yang memanfaatkan kopi agar tetap melek, dan ada juga yang sekadar suka nongkrong saja. Semua jenis pelanggan ini, tentu akan membawa keuntungan bagi kamu. 

5. Bisa Dibuka dengan Modal yang Kecil

Nah, ini juga masuk ke dalam salah satu alasan mengapa kamu sangat tepat jika ingin membuka usaha kopi. Bagi orang yang punya modal minim, kamu bisa kok membuka warung kopi sederhana. 

Bahkan sekarang ini, sudah cukup banyak orang yang membuka warung kopi di gerobak atau dengan food truck saja. Ada lagi yang lebih sederhana, berjualan kopi di samping rumahnya sendiri dengan set peralatan dan perlengkapan sederhana. 

Tapi, apakah kamu sudah tahu berapa kira-kira modal buka usaha warung kopi? Kalau belum tahu, baiknya cek saja rincian modal untuk buka warung kopi di bagian berikut ini. 

Berapa Modal Usaha Buka Warung Kopi? 

Nah, bagi kamu yang sudah cukup penasaran dengan berapa estimasi modal untuk membuka warung kopi, kami sudah menyediakan estimasi atau rinciannya dengan cukup lengkap. Cek saja di bagian berikut: 

Kebutuhan

Estimasi biaya

Kompor dan tabung gas

Rp. 500.000

Termos ( 2 buah)

Rp. 200.000

Panci dan Wajan

Rp. 300.000

Piring sendok garpu (20 set)

Rp. 700.000

Meja kursi

Rp. 2.000.000

Terpal

Rp. 500.000

Mie instant

Rp. 100.000

Kopi sachet

Rp. 200.000

Telur

Rp. 100.000

Susu kaleng

Rp. 100.000

Minyak goreng

Rp. 100.000

Roti tawar

Rp. 100.000

Biaya Retribusi dan keamanan

Rp. 100.000

Total biaya

Rp. 5.000.000

Hal-hal yang Wajib Dipersiapkan saat Ingin Buka Usaha Warung Kopi

Tak hanya wajib memahami berapa modal yang kamu butuhkan untuk membuka warung kopi saja. Kamu juga perlu memahami dan mengetahui apa saja yang wajib dipersiapkan saat ingin membuka usaha warung kopi. Persiapan yang kamu butuhkan, masih terbilang sederhana, kok. Berikut ini penjelasannya: 

1. Modal 

Hal pertama yang wajib kamu persiapkan, tentu saja kesiapan modal untuk membuka usaha warung kopi. Modal, merupakan syarat wajib yang memang dibutuhkan saat akan membuka usaha apapun, termasuk dengan modal usaha warung kopi. 

Modal, bisa kamu dapatkan dengan berbagai cara. Bisa melalui KUR, mencari modal dengan bekerja sebelum buka usaha sendiri, atau berbagai metode lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan modal. 

Tapi kalau mau kredit atau pinjam modal, kamu wajib memastikan kalau kamu bisa membayar cicilannya. Jadi, sesuaikan pinjaman dengan kemampuan kamu untuk membayar cicilannya. 

2. Lokasi

Selanjutnya, hal lain yang perlu kamu persiapkan adalah lokasi atau tempat untuk membuka usaha warung kopi. Jika memang sudah memilikinya, maka usaha warung kopi akan lebih mudah dibuka. 

Kalau belum, silakan cari dulu. Tidak usah terlalu mencari tempat yang strategis karena akan memakan biaya yang cukup besar untuk mendapatkannya. Cari tempat yang biasa saja. Lama-lama bakal terkenal sendiri. 

3. Perlengkapan serta Peralatan

Kalau hal ini, tentu saja juga wajib dipersiapkan. Perlengkapan dan peralatan yang kamu butuhkan, tidak perlu terlalu mewah. Cukup yang biasa-biasa saja jika kamu hanya punya sedikit modal saja. 

Dengan kata lain, kamu memang wajib menyesuaikan perlengkapan dan peralatan yang kamu butuhkan dengan modal yang kamu miliki. Kalau terlalu mewah, mungkin modalmu tidak cukup dan malah akan menyusahkan kamu dalam membuka warung kopi. 

Penutup

Itulah penjelasan mengenai berapa modal buka usaha warung kopi serta persiapan lain yang harus dilakukan untuk membukanya. Dengan uraian di atas, kamu sudah bisa bikin warung kopi sederhana yang cukup menjanjikan.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama