Persiapan Program Hamil Sebelum Menikah dan NIPT Test

Daftar isi [Tampil]
Program Hamil Sebelum Menikah
Program Hamil Sebelum Menikah

Program hamil sebelum menikah ternyata penting untuk dilakukan, terlebih lagi bagi mereka yang tidak ingin menunda kehamilan di awal pernikahan.

Biasanya program hamil itu akan dilakukan ketika sudah menikah, tetapi kamu perlu tahu bahwa sebelum menikah sebaiknya sudah merencanakan program ini. Tidak hanya persiapan untuk pernikahan terkait finansial, tempat tinggal, hendaknya calon pengantin mengecek kondisi kesehatan alat reproduksinya.

Siapa sih yang tidak menginginkan keluarga yang sehat? Tentu, semua orang menginginkan hidup bersama seatap dengan dia yang senantiasa menjaga kesehatan. Lantas bagaimana persiapan yang perlu dilakukan? Silakan simak penjelasan terkait persiapan program hamil sebelum menikah berikut ini.

Apa Itu Program Hamil Sebelum Menikah?
Program hamil sebelum menikah merupakan serangkaian program untuk menjaga kesehatan alat reproduksi baik perempuan maupun laki-laki. Program ini mencakup pola hidup yang sehat, konsultasi ke dokter, olahraga dan lain-lain.

Tidak hanya dilakukan setelah menikah, program hamil sebelum sah menjadi sepasang suami istri ternyata penting untuk dilakukan. Program ini sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sebelum pelaksanaan hari pernikahan.

Salah satu persiapan pernikahan yang juga penting untuk dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan dan kesuburan sebelum kamu menikah. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui tingkat kesuburan baik laki-laki maupun perempuan.

Persiapan Program Hamil Sebelum Menikah
Apa saja yang bisa kita siapkan untuk program hamil sebelum menikah ini? Berikut ini persiapan yang perlu kamu lakukan:

1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat
Banyak di antara kita yang menyepelekan gaya hidup sehat. Cenderung lebih senang hidup sesuka hati dengan makan ini dan itu. Eiitt, katanya mau menikah dan mau punya anak kan? Ayo mulai menerapkan gaya hidup sehat seperti menjaga asupan gizi 4 sehat 5 sempurna, makan tepat waktu, menjaga kebersihan, rutin berolahraga dan sebagainya.

2. Menghentikan Kebiasaan Buruk
Seperti yang sudah saya singgung di awal, setiap orang menginginkan untuk hidup bersama seseorang yang menjaga kesehatannya. Nah, mulailah sedari jomlo atau belum punya calon suami/istri untuk menghentikan kebiasaan buruk.

Sebab, jika kita sudah punya calon dan ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius, kebiasaan burukmu akan merusak hubungan apabila tidak segera dihentikan. Kebiasaan buruk yang perlu dihentikan seperti merokok, minum-minuman keras, mengurangi kafein, dan mengurangi kebiasaan bergadang untuk hal yang tidak penting.

3. Mengonsumsi Asam Folat
Persiapan yang tak kalah penting untuk dilakukan sebelum menikah dan mempunyai anak adalah mengonsumsi asam folat. Asam folat berguna untuk perkembangan janin. Tidak hanya itu, nutrisi dari asam folat ini diperlukan selama masa perencanaan kehamilan. Asam folat bisa diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lain-lain.

4. Konsultasi ke Dokter Kandungan
Hah, kok belum nikah sudha mau konsultasi aja? Emang boleh kayak gitu? Gak perlu heboh banget karena konsultasi ke dokter kandungan sebelum menikah itu sifatnya wajib. Jangan sampai kamu melewatkan persiapan yang satu ini.

Berkonsultasi dengan dokter kandungan minimal dilakukan 6 bulan sebelum pernikahan. Tujuan konsultasi ini dilakukan adalah mengetahui berbagai kemungkinan yang terjadi soal kesuburan dari kedua pihak. Tidak hanya melihat kesuburan calon istri, tetapi juga si calon suami.

Nah, itu tadi empat persiapan penting saat ingin melakukan program hamil sebelum menikah.

Selanjutnya, jika kamu dan pasangan sudah menikah serta sudah mulai "mengisi" perlu mengenal yang namanya NIPT Test. Apa sih NIPT ini?

NIPT atau singkatan dari Non Invasive Prenatal Test adalah teknologi di dunia medis untuk mengetahui kondisi janin mulai dari jenis kelamin janin, kesehatan janin, hingga resiko pada janin. Apalagi bagi mereka yang ada garis keturunan mempunyai kelainan genetik, pastinya kekhawatiran itu akan datang. Oleh karena itu, NIPT Test hadir untuk melihat perkembangan janin.

Penutup
Program hamil tidak hanya dilakukan di saat seseorang sudah menikah saja, tetapi bisa dipersiapkan dari jauh hari. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu kamu untuk bertemu dengan si malaikat kecil dambaan hati keluarga.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama