Cara Menabung untuk Menikah dengan Gaji 1 Juta, Mudah!

Daftar isi [Tampil]


Menikah menjadi harapan setiap orang, namun tidak semua orang memiliki kesempatan menikah lebih cepat. Terutama bagi yang merasa penghasilannya belum cukup. Akan tetapi, hal itu tidak bisa menjadi menjadi alasan untuk menunda pernikahan. Kamu bisa mencoba cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta.

Menikah adalah suatu hal yang sakral. karena itu, momen pernikahan harus benar-benar menggembirakan. Terutama bagi kedua mempelai dan keluarga. Namun, biaya pernikahan yang tinggi kerap kali menjadi masalah dan membuat calon mempelai tidak menyegerakan untuk menikah. 

Meski demikian, sebenarnya biaya pernikahan bisa disiapkan jauh-jauh hari yakni, dengan menabung. Uang yang kamu sisihkan meski sedikit, nantinya akan sangat bermanfaat. Pada akhirnya, jika kamu pandai mengatur uang, di hari pernikahan nanti tidak ada yang akan terbebani lagi.

Cara Menabung untuk Menikah dengan Gaji 1 Juta

Bagi kamu yang punya rencana menabung untuk menikah, tidak perlu khawatir meski gaji kecil. Dengan gaji 1 juta, kamu bisa menyisihkan sedikit uang untuk tabungan pernikahan. Berikut tips menabung untuk kamu: 

1. Menghemat Pengeluaran

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan, tentunya penting untuk menghemat pengeluaran. Selain agar sebagian penghasilan dapat kamu tabung, hal ini juga bermanfaat agar kamu tidak merasa berat di kemudian hari.

Mulailah untuk mengenyampingkan kebutuhan yang hanya sebagai pemuas hasrat, seperti berbelanja barang-barang yang sebenarnya itu tidak terlalu dibutuhkan. Kamu harus fokus pada kebutuhan-kebutuhan utama. 

Setelah semua kebutuhan utama terpenuhi, kamu bisa menyisihkan sebagian untuk tabungan pernikahan. Nantinya, kamu akan merasakan, semakin  kamu bisa menghemat akan semakin banyak uang yang bisa kamu tabung.   

2. Memiliki Rekening Khusus

Jika kamu bertanya bagaimana cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta? Jangan khawatir, cara yang satu ini bisa kamu gunakan. Pisah antara rekening pribadi dan rekening tabungan. Hal ini bertujuan agar pengeluaran lebih teratur.

Selain itu, manfaat memiliki rekening khusus adalah uang tabungan kamu, tidak akan tercampur dan terpakai begitu saja untuk kebutuhan sehari-hari. Nah, rekening khusus ini bisa kamu jadikan sebagai tabungan pernikahan.

Jadi, kamu bisa memasukan uang yang telah kamu sisihkan dari penghasilan ke rekening tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengatur berapa banyak uang yang kamu sisihkan dan kamu pakai untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Mengatur Pengeluaran

Cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta yang satu ini juga wajib kamu ketahui. Mengatur pengeluaran menjadi bagian penting saat kamu punya keinginan untuk menabung. 

Dengan gaji 1 juta, tentunya kamu harus membagi penghasilan tersebut untuk beberapa kebutuhan. Nah, di sini kamu akan benar-benar mempertimbangkan yang mana kebutuhan utama.

Tentukan kebutuhan prioritas dan pastikan hal itu yang terpenuhi terlebih dahulu. Jadi, uang yang kamu tabung adalah sisa setelah kamu memenuhi kebutuhan utama. Jika tidak begitu, bisa jadi nantinya kamu akan sering menggunakan uang tabungan.

4. Membuat Target

Saat kamu sudah punya kesiapan untuk menikah. Alangkah baiknya jika kamu juga harus membuat target bagi diri kamu sendiri. Artinya, kamu harus berusaha lebih untuk memenuhi target tersebut. Baik itu target jangka pendek maupun target jangka panjang.

Dengan membuat target, kamu juga bisa menjadi lebih siap. Target yang perlu kamu buat terutama adalah tabungan untuk menikah. Perkirakan uang yang akan kamu sisihkan dalam jangka waktu tertentu. Namun, tetap dengan melihat gaji yang kamu dapat.

Selain membuat kamu lebih siap. Target dapat menambah semangat kamu untuk memperjuangkan sesuatu. Tidak masalah jika nantinya target tidak sesuai, paling tidak kamu sudah memiliki tujuan dan persiapan ke depan.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta yang berikutnya adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa bekerja part time atau freelance.

Beberapa contoh pekerjaan freelance seperti, membuka jasa tulis menulis, desain, atau editing. Kamu juga bisa menjual pulsa dan menjadi reseller. Yang pasti, jangan sampai pekerjaan sampingan mengganggu pekerjaan utama..

Hal terpenting lainnya yang perlu kamu perhatikan yakni, jangan sampai mencari penghasilan tambahan, justru membuat kamu menghiraukan kesehatan. Tetap utamakan kesehatan dan carilah pekerjaan sampingan yang tidak terlalu memberatkan.

6. Menabung Bersama Pasangan

Saat memastikan suatu hubungan ke jenjang yang lebih serius, pastinya kamu akan membicarakan hal tersebut bersama pasangan. Alangkah baiknya, kamu juga membicarakan tentang persiapan pernikahan.

Dengan demikian, kamu dan pasangan bisa bersama-sama mengumpulkan biaya pernikahan. Tidak perlu menabung dalam satu rekening, tapi cobalah kompak dengan pasangan kamu dan saling mengingatkan untuk menabung.

Bukankah dengan begitu juga akan menambah keharmonisan hubungan. Terlebih jika saling percaya dan terbuka satu sama lain. Meski seharusnya memang laki-laki yang memikirkan biaya pernikahan, tapi tidak ada salahnya jika perempuan juga ikut membantu meringankan.

7. Merencanakan Pernikahan yang Sederhana

Dengan gaji yang tidak begitu besar, kamu dan pasangan juga perlu mempertimbangkan tentang acara pernikahan. Pertimbangkan kembali jika kamu berkeinginan untuk membuat acara pernikahan yang mewah.

Meskipun pernikahan hanya sekali seumur hidup, namun pernikahan tidak dilihat dari acara pernikahannya. Melainkan kehidupan kedua mempelai setelah menikah. Maka dari itu, konsep acara pernikahan yang sederhana mungkin menjadi solusi yang tepat.

Kamu bisa memilih konsep yang sesuai dengan kondisi finansial, diskusikan terlebih dahulu bersama pasangan dan keluarga. Jika setuju, kamu bisa undang kerabat dan keluarga terdekat. 

8. Simpan Uang Kecil

Tips cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta yang satu ini mungkin terdengar aneh. Uang kecil seringkali diremehkan dan dianggap tidak berguna. Padahal jika dikumpulkan uang tersebut bisa menjadi sangat bermanfaat. 

Uang yang kamu dapatkan dari kembalian saat membeli sesuatu kerap kali diletakan sembarangan begitu saja. Sebenarnya uang tersebut bisa kamu simpan dalam botol atau celengan. Masukan sekecil apapun nominalnya. 

Nah, celengan yang sudah penuh kamu bisa hitung dan masukan dalam rekening. Setelah itu mulai kembali untuk mengumpulkan uang receh. Dengan begitu, uang tersebut akan menjadi tambahan untuk tabungan pernikahan.

9. Membuat Hope List

Jika cara menabung untuk menikah dengan gaji satu juta yang sebelumnya yakni, dengan membuat target. Kalau yang satu ini adalah kamu perlu membuat hope list. Kamu bisa menulisnya di buku catatan.

Selain itu, kamu juga bisa menulis hope list di celengan, agar kamu lebih semangat dan selalu ingat untuk menabung. Buat tulisan yang benar-benar bisa membuat semangat kamu bangkit. Lalu letakan  di sudut kamar yang mudah terlihat, seperti, di lemari, di dekat cermin, dan di samping tempat tidur.

Sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta yang mudah dan tidak ribet. Jangan mudah stress dengan masalah yang sedang kamu hadapi. Percayalah jika mau berusaha, keinginan akan terwujud.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama