Modal 100 Ribu Bisa Buat Usaha Apa? Dijamin Omset Berlipat!

Daftar isi [Tampil]
Modal 100 Ribu Bisa Buat Usaha Apa

Apa yang akan kamu lakukan jika memiliki uang 100 ribu. Mungkin sebagian orang berfikir untuk membelanjakan uang itu. Membeli barang yang disuka atau membeli makanan cepat saji. Namun, jangan salah, uang tersebut sebenarnya bisa untuk modal usaha. Modal 100 ribu bisa buat usaha apa?

Ada banyak sekali peluang usaha di sekitar, yang tidak kamu sadari. Saat membicarakan tentang usaha, pasti yang terpikirkan dalam benak kamu adalah modal yang besar dan uang yang banyak. Padahal cukup dengan modal sedikit, kamu juga bisa memulai sebuah usaha.

Artinya, tidak semua usaha harus dimulai dengan modal yang besar. Usaha tergantung dari bagaimana kamu melihat sebuah peluang dan kesungguhan membangun usaha tersebut. Bahkan cukup dengan 100 ribu kamu sudah bisa memulai usaha sendiri.

Modal 100 Ribu Bisa Buat Usaha Apa?

Bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan modal kecil, tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba memulai beberapa usaha sebagai berikut:

1. Usaha Keripik

Jika kamu bertanya modal 100 ribu bisa buat usaha apa? Usaha yang cukup dengan modal 100 ribu satu ini bisa kamu lakukan. Menjual aneka keripik merupakan bisnis yang tidak membutuhkan modal begitu besar. Berbagai macam olahan keripik seperti, keripik singkong, keripik pisang, dan keripik nangka bisa kamu jual.

Bagi kamu yang bisa membuatnya sendiri, tentu itu adalah hal yang menguntungkan. Kamu dapat menekan harga jual, sehingga keripik dijual tidak terlalu mahal. Untuk resep kamu bisa mempelajarinya melalui internet, kemudian kamu bisa coba membuatnya. Akan lebih baik jika kamu bisa menambahkan inovasi.

Berdasarkan bahan yang dibutuhkan. Modal untuk membuat keripik, kurang dari 100 ribu. Namun, usaha tersebut bisa kamu kembangkan saat sudah memiliki banyak pelanggan yakni dengan menambah stok persediaan.

2. Usaha Gorengan

Usaha menjual gorengan adalah solusi bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Berbagai macam gorengan seperti, pisang goreng, singkong goreng, tahu goreng, dan tempe goreng bisa kamu jual.

Kamu bisa menjual gorengan di depan rumah. Atau kamu juga bisa menjajakan gorengan dengan berkeliling di sekitar kampung. Modal yang dibutuhkan untuk usaha gorengan sangat minim yakni, cukup dengan uang 100 ribu kamu bisa mencoba membuat 2 sampai 3 jenis gorengan terlebih dahulu.

3. Usaha Kue Basah

Bagi kamu yang cukup mahir memasak, kamu bisa mencoba menjual kue basah. Banyak sekali jenis kue basah yang bisa dijual. Nah, kamu bisa pilih untuk menjual kue yang paling kamu kuasai. Misalnya, risoles, kue bolu atau pastel.

Usaha kue basah tidak membutuhkan modal yang banyak, kamu hanya perlu menguasai cara membuat kue tersebut. Saat mencoba membuat kue, mungkin kamu bisa mencoba marketing dengan memberikan kue ke beberapa teman dan kerabat.

4. Usaha Cilok

Usaha jualan cilok mungkin juga dapat menjawab pertanyaan modal 100 ribu bisa buat usaha apa. Jangan anggap remeh, meskipun hanya menjual cilok tapi omset yang kamu dapatkan bisa berlipat.

Kamu hanya membutuhkan modal kurang dari 100 ribu untuk membeli bahan seperti, tepung, ayam, dan bumbu dapur. Selain bahan yang murah, cara membuat cilok juga terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu memperhatikan takaran bahan agar rasa dan tekstur cilok sesuai yang diinginkan.

5. Usaha Buket 

Jika kamu seorang pelajar, usaha yang satu ini merupakan peluang yang mungkin tidak kamu sadari. Setiap tahun tentunya akan ada perayaan wisuda atau perpisahan di sekolah kamu. 

Nah, maka dari itu momen tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menjual buket. Buket bunga dan buket makanan bisa menjadi pilihan untuk pelanggan kamu. Selain cara membuatnya cukup mudah, bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal.

6. Usaha Sosis

Usaha berjualan sosis seringkali dipandang sebelah mata. Padahal omset berlipat bisa kamu dapatkan jika tidak mengedepankan gengsi. Contoh sederhananya yakni, sebungkus sosis yang kamu beli seharga 12 ribu berisi 15 sosis. Nah, saat sudah digoreng kamu bisa jual seharga seribu sampai 2000 rupiah per biji.

Jadi, keuntungan yang kamu dapatkan bisa dua kali lipat. Bagi kamu yang memulai usaha berjualan sosis dengan modal  100 ribu, kamu bisa menjual beberapa jenis terlebih dahulu, karena kamu juga harus membeli bahan lain seperti minyak, kecap, dan saos.

7. Usaha Aksesoris

Membuat berbagai aksesoris bisa kamu lakukan untuk usaha dengan modal yang tidak besar. Cukup dengan 100 ribu kamu bisa mencoba membuat aksesoris seperti, gelang, kalung, dan hiasan dinding.

Namun, membangun sebuah usaha tidak semudah itu. Perlu kesungguhan dan kesabaran agar usaha dapat terus berjalan. Selain itu, terus berinovasi juga tidak kalah penting saat memulai usaha. 

8. Usaha Puding Sedot

Modal 100 ribu bisa buat usaha apa? Jangan khawatir, kamu bisa menjual puding sedot. Puding sedot juga cukup mudah dibuat. Sebenarnya sama seperti bahan puding pada umumnya.

Perbedaannya adalah puding sedot diberi wadah plastik dan sedotan, yang memudahkan orang untuk mengkonsumsi puding. Kamu bisa menjual puding sedot dengan varian rasa dalam keadaan dingin agar lebih segar.

9. Usaha Angkringan

Membuka kedai kopi tidak harus punya modal besar. Mulailah dari yang kecil. Misalnya, membuka usaha angkringan. Kamu bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau halaman toko di pinggir jalan untuk membuka angkringan. 

Aneka minuman sachet dan cemilan bisa kamu jual. Biasanya, angkringan dibuka mulai dari sore hari hingga malam hari atau pada saat toko di pinggir jalan sudah tutup. Berikan tempat dan pelayanan yang nyaman agar para pembeli senang.

10. Reseller

Usaha dengan modal kecil yang satu ini cukup mudah untuk dijalankan. Saat menjadi seorang reseller, kamu hanya perlu rajin mempromosikan barang dagangan. Promosi yang dapat dilakukan di era modern saat ini adalah dengan mempostingnya di media sosial.

Ketika kamu menjadi seorang reseller, kamu perlu memperhatikan harga beli dan harga jual, jangan sampai memasang harga jual terlalu tinggi, karena itu akan membuat orang menjadi ragu untuk membelinya. Kamu juga harus pandai memilih barang yang akan kamu jual agar bisa laku. 

11. Usaha Jasa Cuci Sepatu

Jika kamu tidak ingin berjualan produk, kamu juga bisa menjual jasa. Misalnya, membuka usaha jasa cuci sepatu. Modal yang dibutuhkan hanya 100 ribu, kamu hanya perlu membeli sabun cuci dan semir sepatu.

Berikan layanan yang memuaskan dengan membersihkan sepatu pelanggan sepenuh hati, usahakan tidak ada noda yang tersisa. Kamu juga bisa memberi pelayan ekstra seperti antar jemput sepatu untuk memudahkan para pelanggan.

Persaingan usaha akan menjadi hal lain yang akan dihadapi. Kamu harus memastikan untuk selalu berinovasi dan menjadi kepercayaan pelanggan. Pertanyaan modal 100 ribu bisa buat usaha apa? Sudah terjawab, sekarang tinggal bagaimana kamu memulai usaha. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama