Cara Mengatasi Tumpahan Minyak di Laut dan Sungai

Daftar isi [Tampil]
Cara Mengatasi Tumpahan Minyak di Laut
Cara Mengatasi Tumpahan Minyak di Laut

Pernahkah kamu terpikir tentang cara mengatasi tumpahan minyak di laut? Jika iya, mari simak artikel ini hingga habis karena Kuskus Pintar akan membahas mulai dari dampak hingga penanggulangan minyak tumpah.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Salah satu sumber daya yang melimpah di negeri ini adalah minyak dan gas. Daerah saya, Sumatera Selatan termasuk sebagai salah satu provinsi dengan predikat penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia.

Kita tahu bahwa tidak selamanya minyak bumi bisa terus-terusan terperangkap di bawah permukaan. Kadang kala minya bumi ini mengalami peretasan sehingga merembes ke permukaan tanah. Peristiwa alami ini bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan.

Di samping itu, ada kalanya masalah timbul karena ulah manusia. Entah itu di daratan maupun di perairan. Saya jadi teringat ada salah satu kasus yang pernah terjadi di kabupaten saya mengenai tambang minyak ilegal.

Saat itu saya tengah mengikuti festival di kabupaten saya, salah satu stand yang didirikan oleh perusahaan minyak dan gas menjelaskan tentang kasus tersebut. Saya yang mendengar lantas bergidik ngeri karena tidak hanya satu atau dua korban, tetapi ada banyak korban. Apalagi dijelaskan tentang kondisi tubuh yang terbakar, duhh ngeri euy.

Ini merupakan salah satu kasus tentang minyak dan gas akibat ulah manusia. Ada pula kasus tumpahan minyak lainnya yang terjadi di perairan seperti laut dan sungai. Biasanya tumpahan minyak ini terjadi pada aktivitas pelayaran, penangkapan ikan dan sumber hayati perairan lainnya, kecelakaan kapal, kebocoran pipa anjungan minyak lepas pantai, dan pengeboran minyak dan gas lepas pantai.

Bagaimana dampak yang terjadi akibat tumpahan minyak di laut dan sungai ini?

Dampak Tumpahan Minyak di Laut dan Sungai

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi tumpahan minyak di laut dan sungai, saya akan membedah terlebih dahulu mengenai dampak yang ditimbulkan. Apa saja dampaknya? Simak di bawah ini.

1. Dampak Kematian Organisme

2. Terhambatnya Tumbuh Kembang Organisme

3. Mengganggu Ikan yang Bermigrasi

4. Merusak Ekosistem

5. Mengganggu Budidaya

6. Dan banyak lagi

Cara Mengatasi Tumpahan Minyak di Laut dan Sungai

Bagi kamu yang mungkin tengah terdampak tumpahan minyak di laut dan sungai, perlu tahu prinsip prinsip penanggulangan tumpahan minyak.

Prinsip penanggulangan tersebut tertuang dalam cara mengatasi tumpahan minyak di laut dan sungai berikut ini.

1. Mengambil Tumpahan Minyak dari Permukaan

Cara yang pertama ini cukup mudah dilakukan, dengan catatan tumpahan minyak hanya pada satu area tertentu saja. Jika areanya banyak dan luas tentu akan menyulitkan untuk mengambil tumpahan minyak tersebut.

Metode ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan alat yang disebut boom. Alat ini berguna untuk menghalang tumpahan minyak tidak menyebar. Setelah boom terisi, kamu bisa mengambil minyak tersebut menggunakan perahu yang sudah dilengkapi skimmer untuk memisahkan minyak dari air.

2. Menyerap Minyak dengan Oil Absorbent

Salah satu cara mengatasi tumpahan minyak di laut dan sungai yang ampuh adalah dengan menyedot atau menyerap minyak tersebut. Menyerap tumpahan minyak bisa menggunakan oil absorbent dari PT Eonchemicals.

Ada banyak pilihan oil absorbent yang bisa kamu pilih untuk menyerap minyak secara maksimal. PT Eonchemicals mempunyai 5 pilihan, yaitu:
  • Oil Absorbent Pad
  • Oil Absorbent Pillow
  • Oil Absorbent Roll
  • Oil Absorbent Socks
  • Oil Absorbent Boom
Masing-masing jenis tersebut punya daya serap yang berbeda-beda. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan ya.

3. Membakar Minyak di Air

Ini adalah opsi yang cukup beresiko untuk perairan yang ada organismenya. Membakar tumpahan minyak akan menjadi metode yang paling tepat di perairan Arktik atau yang tertutup es. Di perairan Arktik atau yang tertutup es, ini menjadi satu-satunya pilihan yang efektif untuk dilakukan.

Metode ini bisa saja dilakukan di wilayah selain arktik, tetapi perlu menyiapkan booms (pembatas untuk mencegah penyebaran minyak) atau barrier yang tahan api.


4. Membiarkan Alam yang Bekerja

Jika tumpahan minyak terjadi di atas permukaan laut yang di dalamnya hidup organisme atau ekosistem seperti terumbu karang, ikan, estuari, mangrove, dan lain-lain, selama tumpahan minyak tidak banyak maka biarkan alam yang bekerja.

Angin dan gelombang akan secara alami menyebarkan minyak ini dari waktu ke waktu. Minyak akan terpecah-pecah dan menguap bersama mikroba yang terbentuk secara alami untuk mengatasi hal tersebut. Namun, cara mengatasi tumpahan minyak di laut yang satu ini memang lambat dan tidak dapat diandalkan serta perlu pengawasan yang ketat. 

Demikian penjelasan mengenai dampak beserta cara mengatasi tumpahan minyak di laut dan sungai. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama