Analisa Usaha Laundry Kiloan Hasilkan Banyak Keuntungan

Daftar isi [Tampil]
Analisa Usaha Laundry Kiloan
Analisa untuk Usaha Laundry Kiloan

Mengetahui analisa usaha laundry kiloan, sepertinya akan membuatmu mendapatkan banyak keuntungan. Kamu jadi bisa mengetahui bagaimana peluang usaha laundry, bagaimana cara memulainya, berapa modal yang dibutuhkan, kelebihan, dan tentu saja kekurangannya. 

Mungkin kamu masih ragu untuk membuka usaha laundry kiloan. Tapi, keragu-raguan biasanya muncul dari ketidakpastian. Dan ketidakpastian tersebutlah yang sebenarnya harus dihadapi oleh setiap orang yang ingin membuka usaha atau bisnisnya sendiri. Tapi kalau laundry kiloan, sepertinya kamu tidak perlu meragukannya lagi. 

Pasalnya, sudah banyak contoh usaha laundry kiloan yang bahkan setiap hari memiliki banyak pelanggan. Kamu bisa melihat banyak atau tidaknya pelanggan dari berbagai baju yang ditata rapi dan ditampilkan di tempat laundry. Jarang ada laundry yang tidak memiliki pelanggan. 

Tentu saja, hal ini bisa dijadikan bahan untuk meyakinkan kamu membuka usaha laundry kiloan. Namun sebelum itu, baiknya perhatikan rincian analisa untuk usaha laundry kiloan yang akan disediakan pada artikel ini. 

Analisa Usaha Laundry Kiloan

Analisa untuk usaha laundry kiloan secara lengkap, sebenarnya memiliki beragam manfaat jika kamu mengetahuinya. Misalnya saja, kamu bisa menghilangkan keragu-raguan, menghilangkan sifat pesimistis yang selama ini terjadi, dan masih banyak lagi. 

Penulis pun biasanya berusaha menghilangkan keraguan dengan cara mendapatkan informasi sebanyak dan selengkap mungkin agar dapat mengetahui probabilitas dari terjadinya sesuatu. Walaupun memang ada hal yang tidak bisa dikontrol dan bisa mengubah hasil secara keseluruhan. 

Walaupun demikian, setidaknya kamu bisa lebih mempersiapkan diri dengan mengetahui analisa usaha laundry kiloan sebelum terjun langsung ke dalamnya.

Peluang Usaha Laundry Kiloan

Ada banyak peluang yang bisa kamu dapatkan jika membuka usaha laundry kiloan. Peluang yang akan dituliskan pada bagian berikut, akan menjawab alasan mengapa mengapa jasa layanan laundry kiloan termasuk bisnis yang menjanjikan. Penasaran? Silakan simak secara lengkap uraian berikut ini: 

1. Bisa Jadi Usaha Sampingan

Hal pertama yang merupakan peluang usaha laundry kiloan, yakni bisa jadi usaha sampingan. Apalagi khusus bagi kamu yang punya modal berlebih. Cukup sediakan beberapa peralatan cuci, sabun cuci, setrika, plastik, dan beberapa parfum untuk memulai usaha laundry.

Setelah itu, kamu bisa mencari pegawai pertama. Mencari pegawainya pun terbilang mudah. Kamu bisa menawarkannya ke seorang asisten rumah tangga yang notabene sangat ahli dalam urusan mencuci atau menawarkannya pada siapa saja yang kebanyakan gabut tapi bisa mencuci. 

Tawarkanlah untuk menjadi orang yang mengurusi berbagai macam cucian. Paling tidak, kamu harus merekrut dua orang pegawai. Satu untuk urusan administratif dan satu lagi untuk urusan mencuci. Berikanlah gaji yang lebih besar pada orang yang mencuci karena tugasnya lebih berat dibandingkan administrasi. 

2. Laris Manis jika Lokasinya Strategis

Siapa sangka, laundry bisa laris manis jika lokasinya strategis. Dalam hal ini, strategis bisa diartikan jika tempat laundry kiloanmu berada di daerah seperti dekat kampus, asrama, kost, apartemen, atau bahkan perumahan yang rata-rata memiliki pekerjaan sebagai pegawai. 

Biasanya, beberapa orang seperti mahasiswa dan pegawai, cukup mager untuk mencuci bajunya sendiri. Dan ini tentu merupakan peluang besar untuk mengambil keuntungan. Tawarkan jasa laundry-mu dengan agar mereka tidak perlu repot-repot lagi mencuci. 

Cukup bayar sesuai dengan tarif yang ditetapkan, dan cucian yang menumpuk bisa langsung bersih seketika. 

3. Bisa Buka Banyak Cabang

Mungkin hal ini belum banyak dilakukan. Kamu bisa jadi orang yang beruntung kalau bisa buka cabang laundry. Di daerah penulis kuliah saja, hanya ada satu cabang laundry yang skalanya nasional. Mungkin kamu bisa mengikuti jejaknya untuk membuka cabang laundry di berbagai tempat dan daerah. 

Bisa juga dengan memberikan sistem franchise agar pengelolaannya jadi lebih mudah. Tapi kalau kamu orang yang suka mengontrol banyak hal, silakan buka cabang sendiri tanpa ada franchise-franchise-an.

4. Modal Kecil

Kamu bisa memulai usaha laundry kiloan dengan modal kecil walaupun nggak kecil-kecil banget. Sederhananya, cukup siapkan beberapa peralatan dan perlengkapan mencuci saja agar kamu dapat segera memulai usaha laundry kiloanmu. 

Cara Memulai Usaha Laundry Kiloan

Analisa Usaha Laundry Kiloan
Usaha Laundry Kiloan

Hal yang tentu saja lebih penting dibandingkan perhitungan laba rugi usaha laundry  yakni mengetahui bagaimana cara untuk memulainya. Keuntungan dan kerugian, lebih baik pikir belakangan. Mending dimulai dulu, berikan layanan terbaik dulu, baru nanti menghitung keuntungan dan kerugiannya. 

1. Persiapkan Perlengkapan dan Peralatan

Kalau kamu sudah menetukan untuk membuka usaha laundry kiloan, maka silakan persiapkan berbagai perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Tentu kamu tidak ingin membuat usaha laundry dengan metode manual, bukan? Jadi, persiapkan alat-alat dan perlengkapan agar mencuci bisa lebih mudah.
 
Siapkan mesin cuci, paling tidak dua buah kalau kamu punya modal lebih. Tentu saja setrika, gantungan baju, plastik untuk membungkus pakaian yang bersih, tempat setrika, parfum yang variatif agar pelanggan bisa memilih, dan lain sebagainya. Siapkan saja ini dulu. 

2. Sediakan Layanan Antar-Jemput Laundry

Ini merupakan faktor penting. Jika berkenan, silakan sediakan jasa antar-jemput barang-barang yang akan dilaundry. Biasanya, ada pelanggan mageran yang akan memanfaatkan layanan tersebut. Kalau sudah cocok dengan hasil kerjanya, biasanya secara otomatis mereka akan menjadi langganan. 

Tanpa adanya layanan antar jemput, mungkin kamu akan keteteran untuk bersaing dengan kompetitor lainnya yang menyediakan layanan antar-jemput. Layanan tersebut, akan membuat usaha laundry kiloanmu jadi semakin baik. 

3. Mematok Harga yang Sesuai Pasar

Mungkin, tak perlu repot-repot dulu bersaing dengan memberikan harga paling murah. Hal itu akan menjadikanmu merugi di awal. Pasang saja harga yang sesuai dengan pasar. Kemudian kalau ada kesempatan, kamu bisa tawarkan promo jika mereka berlangganan. 

Dengan cara ini, biasanya akan banyak orang yang tertarik menggunakan layanan laundry kiloanmu. 

4. Pilih Tempat Seadanya Dulu

Ini, nih yang kadang nggak masuk akal dari saran di luaran sana. Harus ada tempat strategis. Iya, memang tempat strategis akan membantu, tapi harga sewanya mahal. Itupun kalau belum ditempati oleh toko lain. Jadi untuk awal, lebih baik buat saja tempat seadanya dulu. 

Rincian Modal Usaha Laundry

Sepertinya analisa usaha laundry kiloan kurang lengkap kalau tidak merinci bagaimana modal usahanya. Tapi tenang saja, di sini kamu bisa mendapatkan rincian modalnya secara lengkap:

1. Modal Awal

  • Dua mesin cuci: Rp 4 juta
  • 1 mesin pengering: Rp 1,5 juta
  • 5 setrika: Rp 500 ribu
  • 1 timbangan: Rp 250 ribu
  • Renovasi ruang: Rp 1 juta
  • Meja kursi: Rp 300 ribu
  • Promosi awal: Rp 500 ribu
Kalau ditotal, yakni Rp 8.050.000 untuk modal awalnya.

2. Biaya Operasional per Bulan

Adapun biaya operasionalnya yakni: 
  • Listrik: Rp 500 ribu
  • Detergen: Rp 500 ribu
  • Pewangi: Rp 150 ribu
  • Gaji karyawan: Rp 1 juta
  • Air: Rp 300 ribu
  • Antar jemput: Rp 150 ribu
  • Lain-lain: Rp 200 ribu
Kalau ditotal, maka biaya operasional per bulannya yakni Rp 2.800.000

3. Jumlah Modal

Kamu harus menjumlahkan keduanya terlebih dahulu. Jadi, modal yang dibutuhkan untuk awal membuka usaha laundry kiloan yakni Rp 10.850.000. 

Kelemahan Usaha Laundry

Sepertinya, kelemahan dari usaha laundry juga patut diketahui yang ada di artikel ini. Kalau kelemahannya sih, yang umum-umum saja seperti: 
  • Ada banyak pesaing. 
  • Modalnya lumayan besar. 
  • Harus terus siaga dan kerja. 
  • Harus serba bisa. 
  • Dan juga bertanggung jawab atas berbagai keluhan pelanggan. 
Kurang lebih, analisa usaha laundry kiloan ya seperti uraian yang dijelaskan di atas. Tidak lengkap, sih. Tapi lumayan lah kalau untuk memulai buka usaha laundry. Sekarang, kamu hanya perlu memutuskan untuk memulainya atau tidak.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama