3 Kisah Inspiratif Perjuangan Masuk PTN Bersama Ruangguru

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Kisah Inspiratif Perjuangan Masuk PTN
Kisah Inspiratif Perjuangan Masuk PTN Bersama Ruangguru

Kisah inspiratif perjuangan masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) setiap orang pastinya berbeda-beda, walaupun mungkin ada ceritanya hampir sama. Saya dulu sebelum mendaftar ke perguruan tinggi juga ragu dengan kemampuan yang saya miliki. Apakah pantas saya diterima di PTN yang saya inginkan?

Berkuliah menjadi cita-cita terbesar saya sewaktu mengenyam sekolah di SMA. Setiap hari saya selalu belajar dan belajar. Beruntung jaman sekarang bisa les secara online. Ruangguru kini hadir menemani sobat pejuang yang bercita-cita kuliah di kampus impian.

Ruangguru telah menghantarkan banyak siswa untuk masuk ke PTN. Kali ini saya akan berbagi beberapa kisah inspiratif perjuangan masuk PTN bersama Ruangguru.

Kisah Inspiratif Perjuangan Masuk PTN

Beberapa kisah inspiratif perjuangan masuk PTN ini saya rangkum dari channel Youtube milik Ruangguru, teman-teman bisa main ke sana ya! Ada banyak banget kisah inspiratif yang bisa memotivasi. Nah, kalau mau baca kisah inspiratif mereka, intip yuk di bawah ini 

1. Ikhbal Fadillah Anak Petani yang Lolos 2 PTN Sekaligus

kisah inspiratif perjuangan masuk ptn
Kisah inspiratif perjuangan masuk PTN

Kisah Ikhbal ini mirip dengan kisah saya pribadi, yup kami sama-sama anak petani yang tinggal di desa. 

Ikhbal Fadillah dulunya ingin bersekolah di SMA favorit yang ada di kota, namun karena keterbatasan biaya ia akhirnya tetap sekolah di SMA biasa di dekat rumahnya.

Ia merupakan sosok seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya. Kegiatan sehari-harinya adalah memasak untuk orang tuanya selepas bekerja di sawah, menyapu, mengepel, dan membantu orang tua di sawah.

Kegiatan belajar di rumah pun tidak ingin ia lewatkan, hari-hari masuk sekolah merupakan harinya ia belajar. Ikhbal juga tidak melupakan refreshing dengan bermain bersama temannya. Sungguh sosok yang bisa menyeimbangkan antara keluarga, sekolah dan bermain.

Bapaknya Ikhbal, Mulyana, mengakui anaknya adalah sosok yang rajin dalam belajar sejak ia kecil. Ikhbal juga membuka les dan bimbingan belajar secara gratis untuk anak-anak desa. Ia punya cita-cita yang besar untuk membangun desa.

Walaupun Ikhbal sangat suka belajar, ternyata ia pernah terpukul karena tidak bisa beradaptasi dengan mata pelajaran yang susah di SMA. Orangtuanya juga tidak bisa membiayai bimbingan belajar yang cukup mahal.

Ia tahu belajar di kelas saja tidak cukup, akhirnya ia mencari alternatif lain dan bertemu dengan aplikasi Ruangguru. Kabar baiknya, Ruangguru ada promo yang cukup besar sehingga biayanya bisa lebih murah. Bersama Ruangguru Ikhbal kembali semangat untuk menjalani hari-hari sekolahnya. Berkat semangat belajarnya bersama aplikasi Ruangguru ia berhasil meraih juara umum di tiap semester di sekolah, bahkan Ikhbal menjadi siswa dengan nilai UN tertinggi di sekolah.

Singkat cerita, Ikhbal mempersiapkan diri untuk seleksi PTN. Kabar baik tak henti-hentinya menghampiri Ikhbal. Setelah meraih nila UN tertinggi di sekolah, ia berhasil lolos masuk 2 PTN sekaligus di pulau Jawa. Saat ini ia tengah kuliah dengan beasiswa full di Universitas Gadjah Mada, salah satu PTN terbaik di Yogjakarta.

"Belajar itu mudah, tapi yang susahnya adalah keinginan. Belajar itu memang harus diniatkan." Ikhbal Fadillah.

2. Divya Naftali Bangkit Setelah Gagal, Akhirnya Masuk PTN Impian

kisah inspiratif perjuangan masuk ptn
Ruangguru

Perkenalkan namanya Divya Naftali dari Boyolali yang akan kita kupas kisah inspiratif perjuangan masuk PTN bersama Ruangguru selanjutnya.

Kerap disapa Divya, ia merupakan kelahiran Boyolali yang biasa beternak dan bertani. Orangtuanya biasa bekerja sebagai pedagang di pasar dan membajak sawah. Saat SMA ia cukup kewalahan untuk membagi waktu, rata-rata setiap harinya ada 4 mata pelajaran yang harus dipelajari dan setiap mapel juga ada tugas hariannya.

Divya juga kesulitan untuk memahami materi karena buku yang dimiliki kurang komplit, kalau mau beli buku lagi harganya mahal. "Ada keinginan buat les, tapi nanti kan pulangnya malem. Kalau misal dari buku-buku, nggak ada yang satu bener-bener komplit. Jadi harus beli satuan dan itu ratusan harganya," sebut Divya.

Saat ia kelas 12, perekonomian keluarganya juga kurang stabil sehingga tidak memungkinkan ia untuk ikut les dan membeli banyak buku yang harganya cukup mahal. Akhirnya ia bertemu dengan bimbel online yang harganya murah dan komplit. Bimbel online ini juga bisa dibawa kemana-mana dan bisa dibuka kapan aja. Ruangguru menjadi solusi bagi Divya di tengah kebingungannya mencari bimbel dengan harga murah tapi komplit.

Ruangguru menemani Divya hingga ia lulus SMA. Saat kita berjuang memang selalu ada rintangan yang menjadi bumbu-bumbu perjuangan. Usai lulus SMA, Divya kemudian mendaftarkan di di seleksi SNMPTN. Namun, kabar kurang baik yang ia dapatkan. Divya dinyatakal gagal masuk PTN melalui jalur nilar rapot ini.

Sosoknya yang tak pernah berhenti dalam berjuang, Divya kembali berjuang untuk belajar mempersiapkan SBMPTN. Dari bangun tidur hingga tidur lagi, Ruangguru menjadi teman saat ia belajar.

Usaha tidak pernah menghianati hasil, akhirnya ia lolos SBMPTN dan berhasil masuk ke PTN yang ia impikan. Saat ini Divya berkuliah di Universitas Tanjungpura.

"Jangan pernah mencoba bermain-main di dalam hidup karena kesempatan yang ada tidak datang dua kali. Pergunakan kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin" -Divya Naftali.

Baca juga:

3. Nabila Seorang Pejuang Gap Year yang Tak Patah Semangat Mengejar PTN Impian

kisah inspiratif perjuangan masuk ptn
Kisah inspiratif perjuangan masuk PTN

Nabila merupakan pejuang Gap Year yang tak mengenal kata lelah dalam mengejar impian. Orang tuanya adalah motivasi terbesar Nabila untuk terus berjuang. 

Asal Purwakarta, orang tua Nabila keduanya bekerja sebagai guru. Tentu saja sebagai seorang guru baik di sekolah dan di rumah. Orang tua Nabila selalu memberikan semangat kepadanya. 

"Ok, nggak apa-apa setiap orang punya waktunya masing-masing" Cerita Nabila bahwa orang tuanya tidak mempersalahkan perihal dirinya yang menjadi Gap Year.

Saat SMA ia mengenyam bangku pendidikan di SMA Favorit yang ada di kabupaten tempat ia tinggal. Seperti siswa lainnya, setelah lulus SMA ia ingin melanjutkan kuliah ke PTN yang diimpikan. Berbagai ujian saringan masuk PTN sudah ia lewati seperti SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri. Namun, takdir berkehendak lain, Nabila belum lolos masuk perguruan tinggi yang ia inginkan.

Kegagalan tersebut tidak membuatnya putus asa, Nabila meminta izin kepada orang tuanya untuk gap year.

Selama gap year Nabila memutuskan untuk pergi ke Pare untuk belajar bahasa Inggris dan menggunakan aplikasi Ruangguru untuk menemaninya belajar materi ujian masuk PTN. Ketika di Pare Nabila selalu membuka aplikasi di Ruangguru karena fitur-fiturnya membantu ia dalam memahami pelajaran.

Banyak teman-temannya yang menganggap bahwa gap year ini adalah hal yang negatif, padahal di luar negeri gap year adalah hal umum yang terjadi pada siswa-siswi di sana. Dengan menjadi pejuang gap year kita punya banyak waktu luang untuk belajar seperti yang Nabila lakukan.

Nabila menuturkan bahwa ia paling suka fitur Ruangbelajar by Ruangguru, menurutnya banyak sekali ilmu dan motivasi yang secara bersamaan ia peroleh. Ia menyebutkan bahwa ada Master Teacher yang mebuat stigmanya terhadap mata pelajaran tertentu jadi hilang. Ia jadi lebih mencintai pelajaran yang dulu membuatnya malas belajar.

Nabila menceritakan salah satu Master Teacher yang mengubah stigmanya yaitu Kak Rodika sebagai Master Teacher Fisika. Ia selalu ingat kata-kata Kak Rodika "Bersama Kak Rodika belajar Fisika menjadi lebih mudah," sebut Nabila.

Singkat cerita, setelah menjalani  gap year selama 1 tahun dan melewati proses seleksi UTBK, Nabila akhirnya diterima di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung.

Bagaimana 3 kisah inspiratif perjuangan masuk PTN di atas? Sangat menarik ya sobat, penuh dengan perjuangan. Nah, kamu juga ya jangan patah semangat kalau batu kerikil melintang di jalur juang kamu. Yuk bersama Ruangguru mari wujudkan cita-cita masuk PTN impian kamu sobat.

Referensi Video dari Youtube Ruangguru:
https://www.youtube.com/channel/UCbc1RY0McnikiEMD8Box5Ig

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama