Jenis-jenis Meeting Room dan Fungsinya, Sudah Tau? Cek yuk

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Jenis-jenis Meeting Room
Jenis-jenis Meeting Room

Meeting sudah menjadi kebiasaan bagi perusahaan untuk memantau kinerja perusahaa, mengevaluasi kinerja, merancang strategi untuk kedepannya dan banyak lagi. Apakah kamu pernah melihat meeting room yang digunakan oleh kantor? Jika belum, kali ini Kuskus Pintar akan bahas jenis-jenis meeting room dan fungsinya.

Meeting room adalah sebuah tempat yang didesain khusus untuk agenda rapat rutin atau rapat dadakan. Tujuan akhir dari adanya meeting room tak lain adalah memperoleh sebuah kesepakatan hasil rapat.

Setiap meeting room punya konsep dan desainnya tersendiri tergantung kebutuhan. Kabarnya ada meeting room yang mampu menampung kurang lebih 50 orang. Lagi Rapat Pemegang Saham kali yeyeye jadi keingat film-film korea yang kalo lagi ada RUPS rame deh.

Mungkin beberapa kali kamu sering menjumpai meeting room di film-film di TV bukan? Biasanya meeting room untuk kantor di desain standar banget seperti bentuk persegi panjang dengan kursi yang melingkarinya. Nah, ternyata gak hanya desain ruang meeting seperti itu aja lho sob. Yuk, intip jenis-jenis meeting room selengkapnya di artikel Kuskus Pintar!

Jenis-jenis Meeting Room dan Fungsinya

Pernahkan kamu bertanya perihal model meeting room? Nah daripada penasaran dan ujung-ujungnya bikin merena, yuk baca infonya di bawah ini.

1. U-Shape Room

Ruangan dengan meja bentuk U umum sekali digunakan untuk meeting. U-shape sangat mudah dikenali yaitu meja yang mejanya bentuk huruf U. Selain itu, ada juga meja yang didesain dengan huruf U tertutup alias tidak ada jalan keluarnya. Saya menyebut meja persegi panjang yang bolong di tengahnya.

U shape biasa digunakan untuk rapat dengan menggunakan presentasi di ujung huruf U terbukanya. Sedangkan yang persegi panjang melingkar cocok digunakan untuk rapat eksklusif pencarian ide atau menyusun strategi.

2. Classroom

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan bentuk ruang meeting jenis ini. Classroom merupakan model ruang meeting dengan kursi dan meja yang berjejer ke belakang. Desain ini dibuat agar peserta dapat fokus ke depan untuk menyimak pembicara atau pemateri. Bahasa lainnya menyimak pemimpin rapat.

Classroom style seperti ini cocok digunakan untuk meeting yang sifatnya presentasi, pelatihan, atau diskusi dengan satu orang sebagai pemimpinnya.

3. Konferensi

Pembahasan jenis-jenis meeting room selanjutnya adalah dengan model konferensi. Meja yang digunakan berbentuk persegi panjang lurus saja tanpa bolongan di tengahnya. Meja ini didesain agar peserta rapat bisa saling berhadapan.

Konferensi cocok digunakan untuk rapat intensif agar informasi yang diperoleh bisa lebih cepat tersampaikan. Namun, jenis meeting room seperti ini tidak bisa menampung banyak peserta.

4. Banquet

Jenis meeting room yang satu ini jarang digunakan di Indonesia. Banquet adalah konsep ruang pertemuan dengan model susunan rapat banyak meja. Jadi, nantinya akan ada banyak meja. Nah jarak dari satu meja ke meja lainnya juga cukup jauh sehingga akan banyak memakan ruangan.

Meskipun demikian, Banquet sebenarnya cocok sekali digunakan untuk rapat dengan model diskusi perkelompok. Bisa untuk digunakan rapat perdivisi perusahaan, istilahnya rapat global ya hihi.

5. Ruang Teater

Terakhir, jenis meeting room yang biasa kita jumpai adalah ruang teater. Konsep meeting room yang satu ini pasti sudah pandai kamu tebak yaitu desain meeting room yang dibuat dengan model ruang teater. Hampir mirip dengan classroom, tetapi model teater ini mirip penyusunan kursi di bioskop.

Efektif digunakan untuk peserta rapat yang banyak karena peserta yang duduk di bagian belakang bisa melihat papan atau bahan presentasi dengan jelas. Hal ini bisa dibilang efektif karena bentuknya yang menurun ke bawah atau mengikuti anak tangga. Semakin ke belakang maka semakin tinggi kursinya.

Mungkin kamu bertanya teknologi apa saja yang ada pada ruang meeting? Paling tidak sebuah meeting room itu ada akses internetnya dan layar monitor untuk presentasi.

Demikian jenis-jenis meeting room serta fungsinya yang umum digunakan. Jika sobat menemui model meeting room lainnya, jangan sungkan untuk berbagi cerita di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. dulu waktu kerja, kami sukanya yang bentuk U shape karena lebih enak diskusi yang berhadapan.
    paling sering juga Round Table, karena seringnya diskusi kelompok :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama