Prospek Kerja Teknik Mesin, Nomor 5 Jadi Incaran

Daftar Isi [Tampil]
Prospek kerja teknik mesin
Prospek kerja teknik mesin

Ada beberapa di antara kamu akan bertanya perihal prospek kerja teknik mesin dan ada pula yang setelah lulus malah berbalik arah mengambil bidang yang lain. Terlepas dari itu semua, kamu yang berusaha kerja selinier dengan ijazah yang diperoleh itu patut diapresiasi.

Ya walaupun balik lagi pilihan mau kerja di mana itu ada di setiap tangan masing-masing. Saya juga kuliah di jurusan Akuntansi tidak tau apakah nantinya mau kerja selinier dengan ijazah atau kerja di bidang lainnya, contohnya ngeblog hehe.

Okey, balik pada pembahasan artikel kali ini. Kuskus Pintar akan berbagi seputar prospek kerja teknik mesin yang tentunya bisa menjadi gambaran buat kamu nanti.

Teknik mesin merupakan salah satu jurusan yang ada pada Fakultas Teknik. Teknik Mesin sangat identik dengan alat-alat pertukangan, alat-alat elektronik dan sejenisnya. Bagi perusahaan manufaktur mereka yang lulusan dari teknik penting untuk ditarik dan diajak bekerja. Pasalnya, saat ini dunia industri sudah serba canggih dengan berbagai penggunaan mesin.

Prospek Kerja Teknik Mesin

Baiklah mari kita kupas prospek kerja di bidang teknik mesin. Apa saja? Yuk simak di bawah ini.

1. Guru

Saya pernah cerita dengan teman saya, bahwa ada kakak tingkatnya yang menjadi guru. Wah, ternyata kamu yang lulus dari teknik mesin bisa menjadi guru asalakan mengajar pada bidang yang sesuai ya. Guru merupakan pekerjaan yang mulia. Sebelum menjadi seorang sarjana, kita pernah diajarkan oleh guru kita tentang membaca dan menghitung.

2. Dosen

Prospek kerja teknik mesin yang selanjutnya adalah menjadi seorang dosen. Biasanya untuk menjadi seorang dosen, kamu perlu menempuh pendidikan magister dulu. Artinya mesti bertitel Master dulu ya atau S2. Walaupun demikian, bagi kamu yang snagat cinta dengan teknik mesin bisa lanjut ambil jurusan yang selinier ya sobat biar bisa jadi dosen.

3. Konsultan Teknik

Konsultan teknik juga bisa menjadi prosperk kerja di bidang teknik mesin. Hal ini penting bagi perusahaan-perusahaan yang ingin mekanisme produksinya, mesin, peralatan dan lain-lain untuk dianalisis. Apakah sudah sesuai atau pelru ada perbaikan.

4. Jadi Seorang Sales

Sales? Bukankah sales cuma mampu dicoba oleh anak manajemen ataupun bisnis? Eits, jangan salah pemikiran serta persoalan semacam itu sangat keliru. Biarpun tidak begitu terkenal, tetapi mengerti kah Kamu uraian yang melekat dalam benak alumni teknik sangatlah mumpuni terlebih apabila digunakan untuk berjualan produk. Misal, jadi sales mesin.

5. Bekerja di Perusahaan Energi

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau perusahaan energi serperti minyak dan gas adalah idamannya para pencari kerja. Perusahaan yang satu ini dikenal dengan besar resiko dan besar pula gajinya. Ya, bisa dikatakan resiko kerja yang tinggi akan berbanding lurus juga dengan besarnya gaji yang diperoleh. Kebanyakan bagi mereka yang lulus dari teknik mesin akan bekerja lapangan di perusahaan ini.

Kabarnya, bekerja di perusahaan energi kamu bisa memperoleh gaji yang gede dengan bonus-bonus yang bikin kantong jadi tebal.

6. Bekerja di Perusahaan Industri Manufaktur

Prospek kerja teknik mesin selanjutnya adalah bekerja di bidang manufaktur. Di Indonesia banyak sekali bisnis yang bergerak di bidang industri manufaktur. Perusahaan besar seperti ini tentulah membuka kesempatan yang besar juga untuk berbagai lulusan, salah satunya teknik mesin. Nanti kamu bisa bekerja 

7. Pengusaha

Jika kita melihat dari aktivitas pengusaha yakni bisnis, maka dibenak kamu akan muncul pasti dari lulusan ekonomi ya? Ouh, tidak menutup kemungkinan bahwa anak teknik mesin bisa menjadi seorang pengusaha. Persentase pengusaha di Indonesia sangat sedikit, kebanyakan mereka yang baru lulus ingin kerja yang instan. Kerja yang bisa menggaji mereka tiap bulan.

Sednagkan, menjadi pengusaha kita akan bertemu dengan namanya untung dan rugi. Bisa jadi bulan ini untung, bisa jadi bulan depan tidak. Ya begitulah lika-liku menjadi pengusaha.

8. Test Engineer

Test engineer bertugas untuk mengecek serta memberi tahu mutu produk lewat seluruh siklus produksi.

Akan tetapi, seluruh itu bergantung dari produknya yaitu mengenakan spesifikasi berbeda untuk mengecek mutu, fungsionalitas, daya tahan, keamanan, serta kecepatan.

Kalian bakal melaksanakan pengujian pada bermacam komponen serta fitur untuk mengenali dan memperbaiki permasalahan teknis.

Tidak hanya itu, sebagai seorang test engineer kalian akan melaksanakan pengecekan terhadap material, prosedur, serta sistem mekanis ataupun kelistrikan untuk memastikan para pelanggan memperoleh produk dengan mutu tinggi.

9. Operations Manager

Selanjutnya, prospek kerja teknik mesin bisa jadi seorang operations manager. Operations manager ataupun manajer operasi mampunyai kedudukan dalam industri yang menawarkan produk serta layanan, dan bertanggung jawab atas aspek operasi serta penciptaan di industri.

Kalian bakal bertugas buat mengawasi penciptaan benda serta melaksanakan apa pun yang bisa jadi dapat meningkatkan efisiensi mesin produksi bisnis.

Seseorang manajer operasi hendak merancang serta mengendalikan aktivitas bisnis, badan pemerintah, serta pula organisasi non profit.

Akan tetapi, tugas manajer operasi dapat bermacam- macam bergantung dari organisasi tersebut.

Tugas tersebut mungkin pula mencakup meninjau data anggaran, memantau laporan biaya, menafsirkan informasi keuangan, koordinasi tugas buat staf, serta melaksanakan analisis pengeluaran dan manfaat.


10. Research and Development Engineer

Research and development engineer pada biasanya melaksanakan riset serta pengujian dari ide produk, mengembangan produk baru, serta melaksanakan desain ulang dari produk.

Tugas R&D engineer umumnya berbeda bergantung pada industri tempat bekerja serta pada umumnya bekerja di industri manufaktur, kelistrikan, ataupun sains.

Di samping itu, kalian bakal meningkatkan teknologi baru, merancang produk, serta mengelola proyek hingga tuntas.

Tidak hanya itu, selaku research and development engineer kalian bakal mengetuai anggota regu serta bekerjasama dengan departemen lain buat meningkatkan produk baru, mengelola agenda serta merancang rencana proyek.

11. Masuk ke dalam Industri Transportasi

Prospek kerja berikutnya buat Kamu yang lulusan metode mesin merupakan masuk ke industri transportasi. Dari mulai motor sampai pesat terbang dapat Kamu masuki. Seseorang lulusan metode mesin sangat sanggup membuat perancangan sampai memproduksi bodi, casis serta yang lainnya. Seorang teknik mesin pula hendak menguasai tentang gimana proses pembuatan dan juga deep drawing casting serta yang yang lain.

12. Berkarir di Lembaga Pemerintahan

Apakah lulusan teknik mesin dapat bekerja di lembaga pemerintahan serta jadi seseorang Pegawai Negara Sipil( PNS)? Jawabannya pasti saja mampu. Prospek kerja teknik mesin bisa berkarir dalam lembaga pemerintahan tidak cuma dipunyai oleh mereka yang lulusan manajemen. Terdapat sebagian lembaga yang memang sangat memerlukan pakar mesin, semacam BPPT serta IPTN. Kesempatan karir yang bagus serta normal.

13. Product Design Engineer

Product design engineer bertugas dalam mempelajari serta meningkatkan produk fisik yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari.

Berkaitan dengan itu, kalian pula bakal berperan dalam meningkatkan kinerja produk yang telah ada dalam desain serta fungsionalitas.

Terdapat sekian banyak tanggung jawab sebagai product design engineer yang butuh kalian antara lain menganalisis persyaratan desain produk, menciptakan inspirasi serta meningkatkan prototipe, memastikan persyaratan serta proses manufaktur, melaksanakan penilaian produk serta mempraktikkan feedback.


14. Developer

Kamu yang jurusan teknik mesin pula sangat berpeluang buat menempuh pembelajaran di bidang pengembangan. Misalnya, kamu dapat jadi pengembang mobil listrik, robot rumah tangga hingga dengan produk yang memanglah mempunyai sisi futuristik lain serta sangat memerlukan sentuhan tangan insinyur teknik mesin yang profesional.

15. Masuk ke dalam Industri Proses

Terdapat sebagian industri proses yang sangat memerlukan tenaga- tenaga pakar dalam bidang metode mesin. Antara lain merupakan industri semen, minyak, tekstil, pupuk serta yang yang lain. Umumnya lulusan teknik mesin hendak bertanggung jawab dalam proses perancangan sampai proses penciptaan mesin dalam industri.

Tanya Jawab Seputar Prospek Kerja Teknik Mesin

Masih bingung perihal prospek kerja Teknik Mesin? Yuk baca tanya dan jawab di bawah ini.

Berapa Gaji Lulusan Teknik Mesin?

Jika ditanya persoalan gaji, maka akan berbeda-beda di setiap tempat kerja. Bagi mereka yang baru lulus atau fresh graduate biasanya akan memperoleh gaji sekitar 3 jutaan. Itupun masih dalam kategori junior, ketika sudah punya pengalaman kerja akan naik seiring dengan skill yang kamu miliki.

Lulusan D3 Teknik Mesin Kerja Dimana?

Jaman sekarang ijazah yang kita miliki tidak menjamin langsung bisa kerja sesuai dari bidang studi yang kita miliki. Jika kamu bisa bekerja sesuai dengan ijazah yang kamu miliki itu artinya kamu beruntung banget deh. Lalu, lulusan D3 Teknik Mesin kerja dimana? Kamu bisa kerja di bengkel, perusahaan kontraktor, perusahaan energi, industri bagian produksi, pabrik dan lain-lain. 

Apakah Teknik Mesin itu Sulit?

Selagi kamu menyukai jurusan yang kamu ambil, tidak ada kata sulit. Percaya deh, kalau sudah cinta segala hambatan bisa dilewati. Secara umum, banyak orang yang berkata bidang studi ini susah. Tetapi, boleh kamu lihat juga sudah banyak yang mampu lulus di bidang ini. Yakin gak mau coba?

Berapa Lama Kuliah S1 Teknik Mesin?

Jika ditanya berapa lama kuliah S1 Teknik Mesin, umumnya 4 tahun. Ada pula yang bisa menyelesaikan 3.5 tahun tetapi memang agak sulit bagi mereka yang kuliah di jurusan ini. Apalagi bagi mereka yang menyelesaikan kuliah dnegan sistem paketan. Ya harus menyesuaikan dengan aturan dari jurusan. Belum lagi banyak tugas yang datang.

Lulusan Teknik Mesin Kerjanya Apa?

Ada banyak prospek kerja teknik mesin yang bisa kamu ambil sewaktu lulus dari kuliah nantinya. Bisa menjadi seorang guru, dosen, konsultan teknik, pekerja pabrik, perusahaan energi, kontraktor, kerja di perusahaan tambang, kerja di perusahaan manufaktur, dan lain-lain.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama