10+ Prospek Kerja Manajemen Pendidikan & MPI Islam

Konten [Tampil]
Prospek Kerja Manajemen Pendidikan
Prospek Kerja Manajemen Pendidikan

Jangan salah, prospek kerja Manajemen Pendidikan itu luas banget. Tidak hanya terpatok di lingkup sekolah saja, tetapi bisa lebih luas. Pada kesempatan yang cerah ini, Kuskus Pintar akan mengupasnya untuk kamu.

Banyak pertanyaan seperti di bawah ini:
Prospek Kerja Manajemen Pendidikan itu Apa Aja?
Manajemen Pendidikan Bisa Jadi Apa?
Manajemen Pendidikan Kerja Dimana?

$ads={1}

Iya, iya. Saya paham betul teman-teman akan bertanya hal demikian. Yuk coba baca penjelasannya berikut ini hingga habis ya..

Manajemen Pendidikan Gelarnya Apa?

Bagi mereka yang kuliah di jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) nantinya akan diberikan gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.). Hal ini juga berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No.7062 Th. 2014. selaras sama PMA 38 Tahun 2017, Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam memperoleh gelar akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Sedangkan, bagi yang menempuh program studi Magister Manajemen Pendidikan mereka akan memperoleh gelar M.Pd. Saya tidak tahu perubahan lebih lanjutnya lagi, apakah masih tetap ini atau bukan.

Lulusan Manajemen Pendidikan Islam Bisa Jadi Apa?

Mau jurusan Manajemen Pendidikan atau Manajemen Pendidikan Islam, punya kesempatan yang sama dalam memperoleh karir di dunia kerja nantinya. Lulusan dari program studi ini bisa bekerja menjadi seorang guru, dosen, traner, motivator, pengusaha, spesialis pelatihan dan pengembangan, staf administrasi, kepala sekolah dan banyak lagi deh.

Apakah Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Bisa Jadi Guru?

Ouh jelas bisa. Guru untuk anak-anakmu dan dia nantinya asiap. Iya, serius bisa. Nanti kamu bisa menjadi guru di Madrasah dan di tempat lainnya. Menjadi guru les juga bisa. Bebas deh senyaman dan sebisa kamu aja.

Gimana sih Jurusan Manajemen Pendidikan Islam itu?

Simpelnya, Manajemen Pendidikan Islam itu adalah jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan, pelatihan, pengembangan di suatu lembaga pendidikan. Kesuksesan aktivitas mengajar, kelengkapan fasilitas itu di-manage atau dikelola oleh orang yang lulus di jurusan ini. Nah, itu sederhananya. Kalau dibahas secara luas, tentu saja Manajemen Pendidikan Islam punya cakupan yang luas.

Prospek Kerja Manajemen Pendidikan & Manajemen Pendidikan Islam

Berikut adalah prospek kerja Manajemen Pendidikan dan Manajemen Islam yang bisa kamu pilih. Mau pilih yang mana kakak? Cek yuk.

1. Manajer Pelatihan serta Pengembangan

Prospek kerja yang pertama adalah Manajer Pelatihan serta Pengembangan. Selaku Manajer Pelatihan serta Pengembangan, kalian bakal merancang serta mengimplementasikan program pengajaran buat karyawan industri. Profesi ini bertugas mengawasi, merancang, mengoordinasikan, serta memusatkan program- program. Tujuan profesi ini ialah untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan pekerja serta kinerjanya.

Buat menggapai posisi ini, keahlian selaku pengajar, keahlian komunikasi serta manajemen waktu yang sangat baik sepanjang kuliah pula bisa menolong kamu untuk mencapainya.

2. Koordinator Online Learning

Dengan perkembangan jaman yang semakin canggih, hampir di setiap sekolah sudah ada yang menerapkan pembelajaran secara online. Kamu bisa menjadi seorang koordinator online learning yang punya tugas untuk merancang dan mengembangkan kurikulum secara online atau dalam bentuk digital. Pembelajaran tidak terbatas hanya dalam bentuk tatap muka, tetapi bisa lebih luas.

3. Konselor

Tidak cuma jurusan Psikologi saja yang dapat menjadi Konselor, lulusan Manajemen Pendidikan pula dapat menjadi Konselor. Tugas seseorang Konselor merupakan membantu orang buat mengenali permasalahan dalam hidup mereka, membolehkan mereka buat merefleksikan apa yang terjalin serta memikirkan cara- cara alternatif dalam mengaplikasikan suatu.

Sebagai seorang Konselor, kamu wajib aktif mencermati klien serta memberikan empati dikala mereka berdialog tentang sesuatu permasalahan. Perihal tersebut bertujuan untuk kurangi kebimbangan dalam menanggulangi tantangan yang mereka hadapi, ataupun membuat perubahan yang positif.

Konselor tidak memihak serta tidak menghakimi, melainkan wajib menyediakan lingkungan yang nyaman serta rahasia untuk klien. Kalian tidak bakal membagikan rekomendasi, namun bakal menunjang klien untuk mengeksplorasi pola sikap mereka serta membuat opsi sendiri.

4. Lembaga Swadaya Masyarakat

Prospek kerja manajemen pendidikan yang keempat ialah bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). LSM sangat memerlukan lulusan ini buat mengurus sistem keorganisasiannya. Sobat juga dapat memilih LSM yang aktif bergerak di bidang pendidikan.

Jadi, kamu tidak cuma duduk di sofa manajemen saja, tetapi serta dapat berkontribusi dengan menjadi pengajar. Kemampuan ilmu diperlukan bila kamu bertekad bekerja di LSM ataupun NGO. Pendapatan yang ditawarkan dari profesi ini lumayan menjanjikan, ialah kurang lebih 5 juta per bulan.

5. Pengusaha

Selanjutnya, lulusan manajemen pendidikan pula bisa memilih untuk jadi pengusaha. Kamu dapat menjadi pengusaha di bidang yang kamuminati, misalnya industri masakan ataupun industri baju.

Tidak hanya menjual benda, kamu pula dapat menjadi pengusaha dengan menjual jasa, misalnya dengan membuka jasa konsultan maupun membuka tutorial belajar.

Buat pendapatan profesi ini tergantung dari seberapa sukses usaha yang sobat jalani ya. Jadi tidak terdapat kisaran khusus buat gajinya.

6. Pengajar Kursus

Sudah tidak diragukan lagi, kalau prospek kerja Manajemen Pendidikan dan MPI itu bisa menjadi pengajar kursus. Tenaga ini sangat diperlukan untuk siswa- siswa SMP, SMA, ataupun Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) yang belajar Manajemen di sekolah. Sobat dapat memperoleh pendapatan yang lumayan untuk penuhi kebutuhan tiap hari, yakni mulai dari 2 juta per bulan.

7. Trainer

Pekerjaan berikutnya ini dan tidak kalah bernilai, kamu dapat menjadi seseorang trainer manajemen pendidikan Islam. Seseorang trainer bertugas untuk mengajar dasar- dasar manajemen kepada para pemula. Umumnya seorang trainer dapat digaji mulai dari 3 sampai 6 juta per bulannya.

8. Pengamat Ekonomi

Prospek kerja Manajemen Pendidikan yang selanjutnya, kamu juga dapat memilih karir sebagai pengamat ekonomi. Perihal ini disebabkan ekonomi serta manajemen terletak pada disiplin ilmu yang sama. Sedikit ilmu manajemen yang kamu pelajari dapat dijadikan bekal untukmu buat menggeluti profesi ini. Seseorang pengamat ekonomi dapat menghasilkan uang sampai jutaan rupiah per bulan.

9. Tenaga Pengajar Guru

Kesembilan, lulusan dari jurusan ini dapat berkarir selaku tenaga pengajar sekolah ataupun guru. Jika berdialog menimpa pendidikan, hingga kesempatan kerjanya pastinya berkaitan dengan pendidikan semacam mengajar. Sobat Kuskus Pintar sekalian memanglah tidak wajib jadi guru, tetapi bukan berarti kamu tidak dapat jadi guru sehabis lulus dari jurusan ini. Dari profesi ini, Kamu dapat memperoleh pendapatan sekitar 3 juta per bulan.

10. Dosen

Kesempatan kerja selanjutnya yang dapat dicoba oleh lulusan Manajemen Pendidikan ialah menjadi dosen. Profesi ini masih berkaitan dengan profesi tadinya ialah mengajar namun di tempat berbeda. Untuk menjadi dosen, kamu wajib penuhi ketentuan pendidikan minimun ialah S2. Bila sobat masih bergelar sarjana, kamu cuma dapat jadi tenaga pengajar di sekolah. Pendapatan yang diperoleh dari profesi dosen ialah sekitar 3 juta per bulan. 

10+ Novelis, Cerpenis, Blogger, Youtuber Dan lain-lain

Iya, ada banyak karir plus-plus lainnya yang bisa kamu pilih. Ingat sobat, kita boleh lulus sebagai Sarjana apa saja. Tetapi untuk menjadi karir-karir yang kita sukai sesuai hobi itu bebas dilakukan oleh siapapun.

Demikian informasi seputar Prospek Kerja Manajemen Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Islam. Semoga membantu kamu yang hendak masuk ke jurusan ini. Jangan bingung karena kesuksesan akan datang dari mana saja asal ada niat dan usaha serta doa.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama