Pakai Kacamata Buat Gaya-gayaan ?

pakai kacamata buat gaya-gayaan


Pakai kacamata buat gaya-gayaan ? Hem, mari kita kupas bersama mengenai pentingnya pakai kacamata bukan sekadar gaya.

Sebelum itu, yuk kita cari tahu dulu mengenai pengertian kacamata secara definisi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kacamata adalah lensa tipis untuk mata guna menormalkan dan mempertajam penglihatan.

KBBI juga menjelaskan bahwa kacamata itu adalah sepasang kaca yang berangka, berfungsi melindungi lensa mata.


kaca+mata=kacamata

Waduh udah kayak rumus aja wkwk

Intinya kacamata itu ya sepasang kaca untuk melindungi mata. Lalu, gimana kalau kacamatanya gak ada kaca ? Bolong gitu. Kacamata tapi tidak ada kaca, sepertinya lebih tepat kita sebut sebagai kerangka mata aja deh 😂

Memang betul sekarang fungsi dari kacamata tidak terbatas sebagai alat bantu penglihatan, tetapi sudah bergeser menjadi aksesoris sebagai alat untuk memperindah penampilan.

Pakai kacamata buat gaya-gayaan ? Saya rasa tidak menjadi masalah besar ketika seseorang memakai kacamata untuk pelengkap penampilannya. Namun, bagi mereka yang benar-benar mengenakan kacamata untuk alat bantu penglihatan rasanya mungkin 'agak gimana gitu'.

"Mereka tuh gak tau, gimana tersiksanya harus pakai kacamata di setiap saat. Kecuali di kondisi tertentu, seperti tidur. Ya kali juga pakai kacamata."

Betul, memang bagi mereka yang pakai kacamata buat gaya-gayaan tidak tahu bagaimana sebenarnya rasa pakai kacamata yang sesungguhnya.

Pakai Kacamata Buat Gaya-gayaan

Gimana tuh rasanya? 

Ada banyak rasa jadi mereka yang bergantung dengan kacamata dan mereka yang pakai kacamata hanya untuk gaya-gayaan tidak akan merasakan itu.

Mari kita lihat dari sudut rasa bagi mereka yang pakai kacamata untuk alat bantu penglihatan.

1. Suka dianggap Culun

Kamu tahu tokoh kartun Nobita ? Pasti taulah, saya anggap kamu tau.

Nobita identik dengan tokoh siswa yang culun dengan disertai kacamatanya sebagai pelengkap. Nobita juga kerap diejek-ejek oleh temannya si Suneo dan Giant. Untungnya Nobita punya sahabat yang selalu ada yaitu Doraemon. Eh bukan itu intinya.

Iya, bagi mereka yang pakai kacamata khususnya kacamata yang terlihat klasik (emang rata-rata begitu) pasti akan terlihat culun.

2. Tidak Pakai Kacamata, Sering Dianggap Sombong

Maksudnya?
Begini sob, mereka yang sudah minus kesekian kalo lepas kacamata terus pas di jalan berpapasan sama kamu, itu mereka enggak lihat kamu secara jelas.

Pengen nyapa, takut salah orang. Terus kalo kamu udah dada-dadah dari arah kejauhan, kemungkinan si dia yang minus ini hanya senyum kecil formalitas, sambil mikir "Eh itu siapa ya?"

Nah, kita-kita ini yang suka pakai kacamata buat gaya-gayaan pas lepas kacamata ya biasa aja yakan. Masih tetap normal, beda dengan mereka yang pakai kacamata karena kebutuhan.

3. Lihat Foto Doang Mesti Pakai Kacamata

Ini sebenarnya kejadian yang saya alami di rumah. Waktu itu saya sempat buka-buka album foto lama, terus ada foto orang yang enggak saya kenal. Lantas saya tanya sama nenek yang waktu itu enggak pakai kacamata. Ya jelas, kata nenek dia enggak bisa lihat dengan jelas. Saya sambil mikir, "Ah masa sih enggak lihat."

Nenek pun mengambil kacamata dan melihat foto tersebut. Dan yeah baru bisa melihat dengan jelas.

Hal ini sama juga kok yang dialami Opah di serial kartun Upin dan Ipin. Upin-Ipin yang tidak mau cek kesehatan gigi di sekolah lantas membohongi opah untuk menandatangani surat persetujuan. Waktu itu kacamata Opah disembunyikan oleh mereka berdua, tentu Opah tidak bisa melihat dengan jelas isi surat tersebut. Sayang aksinya digagalkan sama Kak Ros ehehe.

Nah, itu temen-temenku bagi kalian yang pakai kacamata buat gaya-gayaan pasti tidak akan menemui gangguan seperti mereka yang mesti pakai kacamata untuk alat bantu penglihatan.

4. Pakai Kacamata Harus Ada Kacanya

Pernah nonton Youtuber Gaming Cantik Sarah Viloid ? Belum pasti. Saya kemarin kebetulan mampir di salah satu videonya yang room tour. Kebetulan aja mampir karena memang saya suka lihat orang-orang yang ngejelasin tentang ruangannya, asyik gitu. Siapa tahu bisa diadopsi desain atau tata letaknya.

Nah, si Mbak Sarah Viloid ini dia berkacamata. Saya kira itu kacamata beneran ada kacanya, ternyata tidak sobatkus. Si mbaknya pakai kacamata buat gaya-gayaan saja. Beliau menjelaskan pas di room tour itu. Wah ketipu dong, tak kira ada kacanya wkwk.

Itu bagi mereka yang pakai kacamata hanya buat gaya-gayaan, lalu bagaimana bagi mereka yang pakai kacamata karena kebutuhan alat bantu penglihatan ? Ya jelas tidak mungkin bisa dilakukan. Mereka yang minus atau silinder mesti pakai kacamata yang ada kacanya.

Tapi tenang yang kacamata untuk kebutuhan alat bantu penglihatan juga bisa kok bergaya-gayaan dengan model yang bervariasi. Bisa dibaca di artikel saya yang sebelumnya, di sini:

Inilah 5 Alasan Sebaiknya Beli Kacamata di SATURDAYS


Sekian artikel yang berisi opini ini, tidak ada maksud untuk melarang bagi kamu yang pakai kacamata buat gaya-gayaan kok. Saya juga pakai kacamata yang tidak ada resep dokter kok pas keluar rumah yang banyak debunya atau enggak pas musim asap kemarin. Iya, dulu di Sumatera pernah kejadian Karhutla yang parah abis. Kalau enggak pakai kacamata rasanya perih banget, nah walau tidak minus/silinder ya monggo tho dipakai kacamata gaya-gayaan hehe.

13 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Sekarang emang kacamata lebih sering jadi gaya-gayaan aja sih. Apalagi kalo foto-foto gitu, kacamatanya bisa dioper-oper buat gantian.

    Tapi cewek yang pake kacamata menurutku manis sih.

    ReplyDelete
  2. Iya ya, orang yang pakai kacamata klasik entah kenapa lekat sekali dengan julukan culun. Berbeda jika pakai kacamata yang kekinian, nggak ada yang berkomentar kalau orang tsb culun. Apalagi kalau oppa Korea yang pakai kacamata kekinian, malah semakin ditaksir banyak cewek 🙈

    ReplyDelete
  3. aduh, zaman sekarang model kacamata macem-macem yak, aku sampe pusing, untungnya aku bukan si mata empat sih, punya juga buat gaya-gayaan doang, atau supaya nggak kelilipan kalo naik motor, sihihi..

    ReplyDelete
  4. Padahal yg mata minus kayak aku tuh ngerasa capek bgt pake kacamata terus2an begini..

    ReplyDelete
  5. aku suka model kacamata gaya jaman sekarang yang balik lagi ke tahun 90a, tapi gak pede make nya karna malu sama usia, hahahaha. tapiii kacamata silindris aku perlu nih, cuman belum mood aja nih pake kacamata lagi

    ReplyDelete
  6. Aku kadang pun tertarik pakai kacamata yang gak ada kacanya. Gak bakal berembun juga kacanya. Cuma kadang emang aneh sih, apalagi kalau ketemu orang. Haha

    ReplyDelete
  7. Hahaha ada ada aja sih mba, aku dari awal baca judulnya lalu sampai paragraf ke3 itu emang iya banget. hahaha. Padahal aku yang berkacamata ini malah pengin ngga berkacamata. pandangan ngga bebas.

    ReplyDelete
  8. Sebagai orang yang udah pakai kacamata sejak kelas 5 SD, sadar sih kalau kacamata sekarang makin banyaaak modelnya. Gapapa sih kalau mau pake kacamata buat gaya, bebas-bebas aja

    ReplyDelete
  9. Kalau sekarang orang pake kacamata keliatannya emang cool dan pintar yaa katanya. hihi

    Ada lagi lho mbak, kalo orang nggak pake kacamata tuh, nyapunya jadi nggak bersih. Ini terjadi pada saya akhir2 ini. haha.

    ReplyDelete
  10. saya pake kacamata kalo lagi piknik ketempat yang terik aja seperti pantai, tapi anak saya ini yang suka banget kacamata, jadi klo lagi jalan liat kacamataanak yang lucu gtu suka beli, sama dia dipake buat mainan dirumah main peran, atau dipake waktu sepedaan keliling komplek, hehe

    ReplyDelete
  11. Kalau aku Alhamdulillah gak minus terakhir kali ngecek Tapi entah mengapa akhir2 ini malah mulai buram. Belum ada periksa sih huhu. Kebetulan papa, kakak, dan adikku semua pake kacamata karena minus. Aku sendiri yang enggak, mamaku juga enggak. Adikku yang paling parah sih, orang 1 meter aja gak kelihatan

    ReplyDelete
  12. Kok aku jadi inget anakku minta pake kacamata buat gagayan begini. Jadi kita dewasa versi anak kecil dong ya? Hihi

    ReplyDelete
  13. Kalau saya pernah pakai kacamata anti radiasi pas mata iritasi cukup parah kak, yang buat gaya2an jg pernah, ga ada kacanya, tp udah insaf wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post