Holla ! Mari Baca Sistem Absensi Karyawan Bagi Perusahaan

sistem absensi karyawan bagi perusahaan


Dalam sebuah grup per-blogger-an, seseorang pernah bertanya mengenai perbedaan absensi dan presensi.

Perdebatan sengit berlangsung.

"Yuk isi Absensi dulu gaes." Sebut Bujang memancing obrolan di grup WA.

"Hadir bang!"

"Aku di sini kaka hehe"

"Ikut absen juga."

"Eh bentar, bentar deh. Absen itu bukannya artinya tidak hadir yah?" Tanya Bujang.

"Iya juga ya." Jawab Mawar.

"Nahkan, seharusnya bukan absensi tapi presensi." Bujang menjelaskan.


Jadi, kalau kita buka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) absensi itu artinya ketidakhadiran. Seharusnya penggunaan yang benar adalah presensi. Jawaban Bujang juga benar, presensi untuk mendata kehadiran.

$ads={1}

Namun, masyarakat Indonesia termasuk guru dan siswa, dosen dan mahasiswa, hingga karyawan di perusahaan lebih kenal dengan istilah absensi.

Menurut minkus, istilah absensi memang salah tapi sudah dibenarkan oleh khalayak ramai. Kesalahan umum yang dibenarkan, lebih tepatnya begitu. It's okay, jangan terlalu dipermasalahkan hehe.

Mengenal Sistem Absensi Karyawan Bagi Perusahaan

Pengantar yang cukup santai, memang harus dibikin santai sih ehehe.

Bacanya pelan-pelan biar nyerep gitu ilmunya.

Apa itu absensi ?

Umumnya, absensi digunakan sebagai cara untuk mengetahui hadir atau tidaknya seseorang dalam suatu lembaga atau organisasi.

Sedangkan, absensi karyawan adalah data yang berisi mengenai kehadiran karyawan di perusahaannya secara harian, mingguan, bulanan hingga satu periode berjalan (tahunan).

Melalui absensi, baik siswa, mahasiswa, maupun karyawan bisa direkap dengan jelas kehadirannya.

Bagaimana contoh absensi sederhana untuk siswa atau mahasiswa ?

Nah, kebetulan lagi pandemi minkus kuliahnya online. Ngisi absensi juga online dong.

Ini dia contoh absensi sederhananya bagi mahasiswa yang berisi Nama, NIM, Kelas, Pertemuan, dan sebagainya.


contoh absensi sekolah



Jenis-jenis Absensi

Setiap lembaga atau perusahaan mempunya caranya masing-masing untuk merekap data kehadiran anggotanya. Menurut saya, jenis absensi bisa kita bagi menjadi dua yakni absensi tradisional dan absensi modern.

1. Jenis Absensi Tradisional

Dikatakan sebagai absensi tradisional karena absensi ini masih dibuat secara manual dengan menggunakan buku tulis atau buku absensi. Kalau di sekolah, biasanya guru akan mengabsensi siswa dengan mencontreng bagi yang hadir. Bagi yang alpa (tidak masuk tanpa keterangan) ditulis huruf a dan jika izin akan ditulis i.

Sepengalaman saya kalau di dunia kerja, absensi manual biasanya akan diisi mandiri oleh pegawainya di kertas absensi atau buku absensi karyawan.

2. Jenis Absensi Modern

Kalau yang satu ini tentu sudah lebih canggih. Ada banyak jenis absensi modern diantaranya yaitu absensi menggunakan kartu, absensi dengan sidik jari, dan aplikasi menggunakan aplikasi web atau mobile.

Salah satu penggunaan absensi yang tercanggih adalah menggunakan software absensi. Di mana software ini dapat dengan mudah digunakan oleh karyawan.

Siapa sih yang tidak mau mempermudah aktivitasnya ? Gue mau juga cuy, kalo udah kerja nanti hehe.

Absensi Karyawan Mempermudah Tugas HRD

Tujuan absensi karyawan adalah mempermudah tugas HRD (Human Resource Development). Bidang HRD inilah yang berkecimpung mengurus Sumber Daya Manusia di perusahaan yakni karyawan atau pegawai.

Penggunaan software absensi karyawan punya fungsi positif dua arah yakni bagi karyawan dan bagi HRD. Karyawan jadi lebih mudah dalam mengisi daftar hadir, dan HRD akan lebih mudah merekap data kehadiran sehingga mempermudah penilaian kinerja karyawan.

Penilaian kinerja bisa diukur melaui persentase kehadiran pegawai di perusahaan.

Kemudian, bagi pegawai yang memiliki kinerja yang bagus tentu akan memperoleh bonus dari Top Manager. Begitulah kira-kira kehebatan absensi karyawan untuk mempermudah tugas HRD dalam menjalankan fungsinya. Apalagi menggunakan software absensi yang modern, tentu lebih mantap lagi hehe.

Melalui data absensi tersebut, HRD akan menilai berapa gaji yang akan diberikan. Baik yang datang tepat waktu atau tidak, hingga bolos kerja semuanya akan mempengaruhi besaran upah yang akan diberikan. Selain penggunaan software absensi, HRD juga akan berupaya mempermudah pembayaran gaji karyawan dengan menggunakan sofware payroll.

Duh, jaman sudah semakin modern ya! Pekerjaan jadi lebih mudah. Baiklah, sekian pembahasan mengenai sistem absensi karyawan bagi perusahaan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

17 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Bener juga yah, kalo absensi mah artinya nggak hadirr 😂. Ya sudah jadi kebiasaan semua orangg

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau ada absensi online. Saya pikir bagi orang yang bekerja (work from home), cukup dengan target tidak perlu absen. Thanks sudah berbagi

    ReplyDelete
  3. Perkara absensi di perusahaan ini penting selain untuk kedisiplinan juga untuk menilai kinerja sesorang. Apakah dia sudah tertib dan sesuai peraturan soal jam masuk & keluar.

    ReplyDelete
  4. Siapa ya yg dulu suka nitip absen? Aku hahaa
    Kalau pakai absen online jd lebih tertib dan akurat mencetak jam sesuai waktu saat itu

    ReplyDelete
  5. Yang baku presensi sih ya tapi yang dikenali sama Google malah istilah absensi hihi. BTW ada software Payroll ya buat sistem absensi eh presensi karyawan, memudahkan banget ...

    ReplyDelete
  6. Kalau sudah pakai aplikasi ini, pasti karyawan harus semakin disiplin ya, hihi

    ReplyDelete
  7. Dulu di kantor saya absensinya pakai finger print, sampai dicek juga ga boleh telat datangnya haha.

    ReplyDelete
  8. Betul, banyak yang masih menggunakan istilah absensi ya. Hehe. Btw jadi inget jajan SD, guru ngabsen masih manual banget :')

    ReplyDelete
  9. Semakin canggih alat untuk mengetahui kehadiran karyawan, saya dulu pas kerja di kantor, mulai pakai manual yang di jeglek kartunya lalu sidik jari dan sekarang makin canggih secara digital keren banget pastinya kerja HRD akan semakin diringankan.

    ReplyDelete
  10. kalo kegiatan melakukan presensi itu biasa nyebutnya'mengabsen' itu berarti udah bener belum tuh kak? hihi

    jaman modern yang canggih ini emang kudu diambil hal2 baik yg memudahkannya, termasuk dalam hal presensi ini ya

    ReplyDelete
  11. ceklok, jenis presensi jaman kerja dulu trus untuk memudahkan HRD diganti pake finger print yang langsung intregrasi dengan sistem. memang jadi lebih memudahkan tugas HRD sih untuk perekapan.

    ReplyDelete
  12. Inget dulu tahun 2012 msh sistem kertas yg diceklok itu..br 2013 diganti fingerprint...kalau sekarang tambah kumplit aja bs terintegrasi sama aplikasi jadi memudahkan HRD hehe

    ReplyDelete
  13. Kalau menurutku walaupun WFH tetap penting ada absensi online, kalau absen saja susah, pasti akan lebih susah lagi kejar target kerjaan.

    ReplyDelete
  14. absensi tujuannya memang mencari tahu orang yang tidak hadir dengan menghitung orang yang hadir kan? bukan begitu? *ngeles mode ON*

    Tapi sistem absensi memang dari masa ke masa selalu berubah dan semakin canggih ya.. dulu merasakan absensi pakai tanda tangan di buku absensi, pakai kartu yang diceklok itu, sampai yang terakhir pas kerja kantoran sih pakai sidik jari ya.

    kalau sekarang mah absensinya cuma laporan di grup Wa "Hadir!!"
    hehehehe..

    ReplyDelete
  15. Makanya itu,baru ingat juga pas pelajaran bahasa Inggris. Absence itu ga hadir. Hahaha.

    ReplyDelete
  16. Kalau ingat software payroll jadi ingat waktu kerja dulu nih hehe

    ReplyDelete
  17. halo kak,
    saya sebetulnya ngeh tiap absen kok namanya absen ya, absen kan artinya tidak hadir. tapi udah jadi kebiasaan kayanya, hehehe. soal absensi perusahaan, memang perlu dan penting, berkaitan dengan kinerja dan payroll. eh sekarang absen kuliah bisa pake gform ya? atau itu untuk online?

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post