9 Tips Membeli Emas Perhiasan untuk Investasi, Anti Rugi

Daftar isi [Tampil]

Demi masa depan yang cerah, banyak orang berbondong-bondong mencari tahu tips membeli emas perhiasan untuk investasi. Tujuannya, agar investasi yang dilakukan mendapatkan keuntungan bukannya merugi.

Apakah kamu termasuk salah satunya? Emas mungkin bukan barang primer seperti pakaian atau makanan yang sangat kamu butuhkan sehari-hari. Tapi melalui emas, kamu bisa memenuhi kebutuhan primer tersebut.

Investasi emas perhiasan adalah jawabannya. Ketika kamu investasi emas, kamu akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan harga emas perhiasan di pasaran. Supaya tidak merugi, ikuti tips berikut.

Tips Membeli Emas Perhiasan untuk Investasi

tips membeli emas perhiasan untuk investasi

Ada dua kemungkinan yang akan kamu dapatkan saat melakukan investasi. Pertama adalah mendapatkan banyak keuntungan secara instan dan kedua memperoleh kerugian yang menyedihkan.

Berikut ini beberapa tips membeli emas perhiasan untuk investasi agar memperoleh banyak keuntungan.

1. Menggali Informasi mengenai Harga Emas Perhiasan Terkini

Sebagai pembeli cerdas, apalagi hal yang perlu kamu rencanakan sebelum pergi ke toko atau supermarket selain membuat daftar belanja? Jawabannya adalah mengenali karakter atau spesifikasi dari produk.

Saat memutuskan untuk belanja emas perhiasan sebagai investasi, kamu perlu mengetahui berapa harga emas perhiasan terbaru. Pengetahuan ini akan membantumu mendapatkan emas dengan harga terbaik.

Dengan pengetahuan ini, kamu akan menjadi lebih percaya diri saat belanja emas perhiasan. Kamu juga tidak perlu khawatir kekurangan uang untuk belanja emas yang kamu inginkan.

2. Cek Kondisi dan Kadar Emasnya

Tips investasi emas perhiasan berikut ini bisa kamu coba sesampainya di toko emas. Jangan ragu untuk melakukan pengecekan kondisi emas dan juga kadar emasnya.

Di Indonesia, emas dijual dengan kadar yang berbeda mulai dari 9 karat dan yang paling murni adalah emas 24 karat. Emas dengan kadar karat yang tinggi merupakan pilihan terbaik karena harga jualnya stabil.

Dan tujuan mengecek kondisi emas adalah untuk memastikan bila emas tersebut bebas cacat. Pengecekan juga membantumu mengetahui, apakah emas perhiasan tersebut memiliki noda atau tidak.

3. Hindari Investasi Perhiasan Berlapis Emas

Tips membeli emas perhiasan untuk investasi yang ketiga adalah dengan tidak membeli perhiasan yang berlapis emas. Kamu juga wajib menghindari kemungkinan buruk membeli emas palsu.

Kamu patut curiga saat menemukan pegawai toko emas yang menawarkan emas dengan harga murah atau di bawah harga pasaran. Belanjalah emas dengan harga terbaik bukannya harga termurah.

4. Periksa Surat Keaslian Emas Perhiasan

Cara agar investasi emas untung adalah dengan memastikan membeli emas yang asli dan memiliki sertifikat. Sertifikat emas perhiasan dikeluarkan oleh lembaga terpercaya contohnya LBMA.

Periksa nomor seri dari sertifikat emas perhiasan. Bandingkan, apakah nomor seri yang tercantum pada sertifikat sesuai dengan nomor seri pada perhiasan. Periksa juga perhitungan berat emas, karat dan lainnya.

5. Pertimbangkan Ukuran dan Bentuk saat Belanja Emas

Tips investasi emas terbaik berikut ini banyak dipraktekkan oleh masyarakat. Yakni, dengan cara mempertimbangkan ukuran dan bentuk emas perhiasan sebelum membelinya.

Emas terbagi dalam beberapa ukuran mulai dari ukuran besar, sedang maupun kecil. Pilih emas yang ukurannya tidak akan menyulitkan kamu saat menggunakannya.

Kamu juga dapat memilih emas perhiasan yang bentuknya sesuai dengan selera dan gayamu. Bentuk yang unik akan membuat karaktermu semakin menonjol.

6. Bandingkan Harga Emas dari Sejumlah Toko

Di toko A, emas yang kamu incar dijual dengan harga A. Kemudian, kamu pindah ke toko B lantas menemukan emas yang modelnya sama dijual dengan harga B.

Agar tidak terkejut saat menemukan perbedaan harga tersebut, kamu harus membaca banyak tips investasi emas online. Selain itu, kamu juga wajib mencari tahu harga emas di pasaran via internet.

Pilih toko yang mampu menawarkan harga emas perhiasan dengan harga paling kompetitif. Usahakan untuk tidak mudah tergiur dengan emas yang dijual dengan harga super murah atau super mahal.

Perhatikan, kualitas daripada harga jualnya. Mengapa demikian? Karena belum tentu emas perhiasan yang dijual dengan harga super mahal memiliki kualitas terbaik.

7. Pilih Toko Emas Terpercaya

Belanja emas tidaklah sama dengan membeli bahan makanan untuk dimasak hari ini. Kamu perlu melakukan riset bahkan survei langsung ke sejumlah toko emas di kotamu.

Demi keamanan dan kenyamanan, alangkah baiknya jika kamu belanja emas di toko yang terpercaya. Kredibilitas merupakan citra atau image dari suatu bisnis yang tidak bisa dibuat dengan mudah.

8. Mulailah dari Investasi yang Nilainya Kecil

Pengalaman akan membantu belajar banyak hal termasuk pengalaman investasi. Daripada langsung membeli emas bernilai tinggi, mulailah dari yang paling kecil.

Cara ini akan membantu memahami kelebihan dan kekurangan investasi emas perhiasan. Di masa depan, kamu juga bisa mengumpulkan lebih banyak uang untuk belanja emas yang nilainya jauh lebih tinggi.

9. Jangan Berhutang untuk Membeli Emas Investasi

Tips terakhir adalah jangan menggunakan uang panas untuk belanja pribadi. Yang dimaksud uang panas contohnya adalah uang hasil berhutang entah itu pada orang lain maupun pinjol.

Belilah emas perhiasan ketika kamu memiliki uang berlebih. Sehingga, emas yang kamu investasikan akan aman tersimpan. Kamu tidak perlu khawatir menjual emas hanya untuk membayar tagihan pinjaman.

Penutup

Keuntungan dari investasi emas perhiasan memang menggiurkan, apalagi jika kamu memiliki banyak mimpi untuk masa depan. Namun, janganlah bertindak gegabah dengan langsung investasi emas tanpa belajar.

Kamu perlu membaca tips membeli emas perhiasan untuk investasi agar mendapatkan keuntungan. Berbeda dari menabung yang menambah saldo secara stabil, penurunan nilai emas dapat mengurangi nilai investasimu. 

Lebih baru Lebih lama