7 Manfaat dari Vitamin C yang Perlu Anda Tahu

Daftar isi [Tampil]
Manfaat dari Vitamin C
Manfaat dari Vitamin C

Manfaat dari vitamin C untuk kesehatan tubuh bisa Anda temukan pada buah-buahan atau sayuran. Contohnya seperti buah jeruk, mangga, stroberi, nanas, dan masih banyak lainnya. Anda bisa mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin C untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Nama lain dari vitamin C adalah asam askorbat (AA) merupakan senyawa yang larut di dalam air. Vitamin ini tidak diproduksi oleh tubuh sehingga Anda memerlukan sumber vitamin C dari luar melalui buah-buahan atau sayuran. Selain dari buah atau sayuran, Anda juga bisa mendapatkannya melalui suplemen vitamin C. 

Manfaat dari Vitamin C yang Baik untuk Tubuh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manusia membutuhkan vitamin C untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Nah, saat mengonsumsi vitamin C baik dari buah, sayur, maupun suplemen Anda akan mendapatkan sejumlah manfaat. Manfaat apa saja kah itu? Cek pembahasannya berikut ini. 

1. Meningkatkan Kekebalan atau Daya Tahan Tubuh

Fungsi dari vitamin C yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Siapa yang tidak ingin mempunyai daya tahan tubuh yang kuat? Dengan daya tahan tubuh kuat, Anda bisa mencegah beberapa penyakit seperti pilek atau batuk. 

Jadi, vitamin C mendorong tubuh memproduksi sel darah putih yang berguna menjaga tubuh dari serangan infeksi. Tidak hanya itu, vitamin ini juga membantu meningkatkan pertahanan kulit sehingga kulit mampu menghalau bakteri, jamur, atau mikroba lain yang jadi sumber penyakit. 

2. Menghasilkan Kolagen

Kolagen merupakan protein yang diperlukan oleh tubuh untuk melambatkan proses penuaan, mencerahkan kulit, mencegah keriput, dan lain sejenisnya. Bisa dikatakan vitamin C mempunyai dampak yang baik untuk kulit. 

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Manfaat dari vitamin C berikutnya yaitu mampu mengurangi risiko penyakit kronis. Perlu Anda ketahui bahwa vitamin C termasuk antioksidan yang bisa meningkatkan pertahanan alami dalam tubuh Anda. Antioksidan merupakan molekul yang berperan meningkatkan sistem imun. 

Dengan adanya antioksidan ini, maka bisa melindungi sel dari molekul berbahaya atau dapat disebut sebagai radikal bebas. Sebab, apabila radikal bebas menumpuk dapat menyebabkan stress oksidatif di mana hal tersebut berkaitan dengan penyakit kronis. 

4. Mengontrol Tekanan Darah

Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C, maka Anda bisa mendapatkan sebuah manfaat yaitu tekanan darah lebih terkontrol. Tekanan darah tinggi bisa lebih dikelola dengan vitamin C. Tetapi, bagi Anda yang mengidap hipertensi perlu diperhatikan bahwa vitamin C hanyalah sebagai pelengkap.

5. Mencegah Anemia Defisiensi Besi

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan penyakit anemia defisiensi besi. Anemia ini dapat terjadi ketika sel darah merah dalam tubuh tidak mendapatkan cukup zat besi. Karena sel darah merah membutuhkan zat besi yang berfungsi mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. 

Kondisi anemia ini bisa dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh. Nantinya, asam askorbat akan berusaha meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Zat besi yang tadinya sulit diserap akan lebih mudah diserap oleh tubuh berkat bantuan vitamin C. 

6. Merawat kesehatan

Manfaat dari vitamin C yang tidak boleh Anda lewatkan adalah merawat kesehatan. Vitamin C yang diperoleh dari buah, sayuran, atau suplemen dapat membantu merawat kesehatan tulang, tulang rawan, dan gigi. 

Selain itu, dengan vitamin ini Anda juga bisa menjaga kesehatan jantung serta pembuluh datang sehingga dapat meminimalisir risiko terkena serangan jantung dan stroke. 

7. Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka

Asam askorbat atau vitamin C secara tidak langsung berperan dalam proses penyembuhan luka. Pada saat proses penyembuhan luka membutuhkan protein termasuk kolagen.  Apabila produksi kolagen dalam tubuh berkurang, maka bisa mengakibatkan luka lebih lama sembuh. 

Nah, vitamin C dapat membantu mendorong produksi kolagen. Dengan begitu, proses penyembuhan luka bisa lebih cepat sembuh. 

Itulah beberapa manfaat dari vitamin C bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Anda bisa memperoleh vitamin C dari buah, sayuran, atau suplemen. Namun, perlu Anda perhatikan apapun itu bila dikonsumsi secara berlebihan tidak baik. Makanya, saat mengonsumsi vitamin C pun harus sesuai porsi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. 

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama