Harga Paket Foto Wedding dan Tips Memilih Fotografer

Daftar isi [Tampil]
Harga Paket Foto Wedding
Harga Paket Foto Wedding

Memilih paket foto untuk pernikahan, tentu jangan sampai dipilih dengan sembrono. Harus ada pertimbangan matang untuk hal tersebut. Pertimbangan paling sederhana, yakni dari segi harga paket foto wedding yang ditawarkan oleh sejumlah vendor. Pertimbangan ini, memang perlu untuk dilakukan. 

Pasalnya, setiap vendor foto untuk acara pernikahan, rate-nya berbeda-beda. Ada yang mahal banget, standar, dan ada juga yang tergolong murah. Kalau kamu mempertimbangkan harga paket foto pernikahan yang ada, tentu pernikahanmu tidak akan menghabiskan biaya yang membengkak atau overbudget.

Memang, acara pernikahan itu sangat penting. Tapi lebih penting lagi, kehidupan setelah acara pernikahan berlangsung. Biaya yang dikeluarkan, harusnya tak semua dialokasikan pada acara pernikahannya saja. Melainkan juga, harus dialokasikan dan direncanakan untuk kehidupan pasca acara pernikahan. 

Pertimbangan terkait harga paket foto wedding, juga sangat bermanfaat bagi kamu untuk menyesuaikan pengeluaran dengan rencana awal. Jadi, tidak akan ada biaya lain yang dikeluarkan hanya gara-gara memilih paket foto yang kelewat mahal. Dengan begitu, acara pernikahanmu bisa diselenggarakan dengan lebih hemat. 

Bagaimana Memilih Tim Fotografer yang Berkualitas?

Sebelum mengetahui tentang berapa range harga paket foto wedding yang nanti bisa kamu simak dalam artikel ini, baiknya tahu dulu tentang bagaimana cara memilih tim fotografer berkualitas agar mendapatkan hasil dokumentasi yang sangat baik dalam acara sakral sekali seumur hidupmu itu. Begini caranya: 

1. Pertimbangkan Harga dengan Layanan

Pertama, kamu bisa mempertimbangkan harga dengan layanan yang bisa mereka berikan terlebih dahulu. Pertimbangan harga yang dibarengi dengan pertimbangan layanannya, tentu sangat berguna untuk melihat apakah fotografer tersebut berkualitas atau tidak. 

Biasanya sih, sudah jadi rahasia umum kalau tim fotografer harganya mahal, hasilnya tidak akan mengecewakan. Dan lagi, walaupun mahal, layanan yang mereka sediakan memang sangat pas dan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Jadi, ada harga ada kualitas. Ini sudah menjadi anggapan dari banyak orang. 

Kalau kamu melihat ada fotografer yang harga paket foto wedding murah, ada baiknya untuk pikir-pikir lagi. Penulis sendiri, punya beberapa teman fotografer. Mereka juga punya tim. Memang, tim fotografer yang menawarkan jasanya dengan harga lebih rendah, kualitas atau hasil dokumentasinya memang biasa-biasa saja. 

2. Testimoni dari Konsumen Lain

Salah satu cara yang sangat efektif untuk mendapatkan tim fotografer berkualitas adalah dengan melihat testimoni dari pelanggan sebelumnya. Biasanya, pelanggan atau konsumen yang pernah menggunakan jasanya, akan memberikan ulasan terkait kinerja tim fotografer tersebut. 

Jika berkenan, baca setiap ulasan dengan nada positif ataupun yang negatif. Semua itu, untuk bahan pertimbanganmu. Mungkin ada sejumlah hal negatif yang masih bisa ditangani dan ada sejumlah hal positif yang sangat kamu perlukan. Jadi, pertimbangan dulu ulasan dari konsumen lain, ya. 

3. Portofolio

Mereka itu tim fotografer yang dapat menghasilkan karya foto dan juga video. Nah sekarang, media sosial itu kan tempatnya mengunggah foto dan video. Tim fotografer, sudah pasti mengunggah hasil kerja berupa foto ataupun video di media sosial resmi milik mereka. 

Di sana, sudah ada portofolio atau hasil karyanya. Jadi, kamu hanya perlu mengeceknya terlebih dahulu kalau mau tahu mereka tim fotografer berkualitas atau tidak. Jika kamu cocok dengan style dan hasil kerjanya, langsung saja jadikan mereka pilihan untuk mengabadikan momen sekali seumur hidupmu itu. 

Harga Paket Foto Wedding dan Layanannya

Sekarang, bagi kamu yang ingin mengetahui berapa range harga paket foto wedding beserta layanan yang diberikan, baiknya langsung membaca uraian yang akan disediakan pada bagian berikut ini. Dengan begitu, kamu bisa memilih untuk ambil paket yang mana. 

1. Range Harga Rp 1.000.000 – Rp 5.000.000

Pertama, ada range harga tim fotografer sebesar Rp 1.000.000 sampai Rp 5.000.000. Biasanya, range harga fotografer yang demikian, dapat dipilih bagi kamu yang ingin mendapatkan foto acara pernikahan sederhana atau tidak terlalu mewah dan megah. Nantinya, kamu bisa dapat layanan seperti: 
  • Foto ketika acara pernikahan. 
  • Satu video selama acara pernikahan. 
  • Hard copy hasil foto dan video berbentuk DVD. 
  • Album cetak. 
Range harga ini, bisa kamu dapatkan jika menyewa salah satu vendor tim fotografer Fes Production. Kamu bisa cek di website resminya yakni fesproduction.com. Di sana, ada paket yang harganya ada di rentang harga tersebut. Paketnya, tentu saja sama dengan yang telah disebutkan di atas.

Selain itu, mungkin masih ada juga vendor lain yang membandrol layanan fotografinya dengan harga Rp 1.000.000. Tapi, mungkin kamu hanya akan mendapatkan foto dan juga album cetaknya saja. Dan bisa dikatakan, range harga ini, adalah yang paling murah dibanding lainnya. 

2. Range Harga Rp 6.000.000 – Rp 10.000.000

Nah, kalau kamu punya duit agak banyak, sepertinya sangat tepat untuk pilih tim fotografer yang punya range harga di atas. Fotografer dengan range harga tersebut, biasanya mudah ditemui di berbagai daerah. Misalnya saja, salah satunya ada Proscapictura. 

Menurut informasi yang bisa didapatkan dari Instagram @Proscapictura.id resmi miliknya, mereka sedia paket dengan harga Rp 7.000.000. Jika kamu pilih paket ini, ada sejumlah layanan yang bisa didapatkan yakni: 
  • Durasi video dan foto selama 6 jam. 
  • Proses akan dikerjakan oleh dua orang fotografer dan satu orang videografer. 
  • 1 album kolase berukuran 20x60 cm. 
  • 1 album pengantin yang bisa dicustom. 
  • Hasil rekaman video klip yang durasinya satu menit. 
  • Hasil rekaman berupa video dokumenter yang durasinya 20 menit. 
  • 1 flashdisk yang isinya semua file dokumentasi. 
  • Fasilitas edit sampai 50 file. 
Bisa dikatakan, range harga demikian, merupakan paket foto kelas menengah. Pernikahannya biasanya cukup besar dan tampak cukup mewah. Harga paket foto wedding satu ini, sangat cocok bagi kamu yang punya sedikit uang lebih untuk mendapatkan hasil yang apik. 

3. Range Harga Rp 11.000.000 – Rp 20.000.000

Biasanya, orang-orang yang memilih range harga ini untuk mendapatkan tim fotografer, merupakan orang-orang yang sudah kebanyakan duit alias kaya. Mereka tidak ingin hasil foto dan juga tim fotografer kaleng-kaleng. Dengan kata lain, fotografer yang mereka sewa, memang harus profesional. 

Range harga ini, disediakan oleh sejumlah tim fotografer. Misalnya, Prisma Picture. Menurut informasi yang didapatkan dari website resminya yakni prismapicture.di, mereka menyediakan paket untuk premium wedding yang tarifnya Rp 15.720.000. Layanan yang disediakan, tentu saja cukup lengkap seperti: 
  • Sesi foto satu hari. 
  • Proses dokumentasi yang akan dibantu oleh 3 orang fotografer dan 2 videografer. 
  • Hasil video berupa sinematik dengan durasi 3-5 menit. 
  • Fasilitas pembuatan video dokumenter yang berdurasi 30 menit. 
  • Album fisik 10 sheet dengan ukuran 20x30 cm plus suitcase 2 album. 
  • Hasil cetak yakni dua foto dengan ukuran 40x60 cm ditambah frame. 
  • Flashdisk berisikan hasil dokumentasi. 
  • 1 menit video yang bisa diposting melalui media sosial. 
Dengan fasilitas ini, tentu saja hasil yang diberikan bisa maksimal. Kamu juga tidak akan kecewa dengan layanan yang mereka berikan. Tapi ya, harganya memang cukup mahal. Pastikan kamu ada budget untuk menyewa jasa tersebut. 

Itulah sejumlah informasi mengenai range harga paket foto wedding yang bisa kamu ketahui. Mungkin harga dan layanannya berbeda di setiap daerah. Tapi, informasi di atas sepertinya sudah bisa dijadikan referensi. Harga dan layanannya nggak jauh-jauh dari yang sudah dituliskan di atas.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama