Apa itu Meme? Sebuah Ungkapan Perasaan atau Gagasan

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Apa itu Meme
Apa itu Meme

Kadang, ada yang tidak bisa kita suarakan melalui mulut. Kadang kita perlu berekspresi dengan media gambar dan tulisan.

Tidak semua yang bisa diucapkan mampu terucap. Jika bibirmu tak mampu menjelaskan secara singkat nan menggelitik, biarkan meme yang bertindak.

Meme akhir-akhir ini menjadi fenomena yang disukai oleh banyak orang. Apakah kamu sudah tau mengenai apa itu meme? Baru denger ya? Baca artikel ini hingga habis.

Apa itu Meme?

Apa itu meme? Mungkin kamu 1 dari sekian banyak orang yang bertanya hal demikian.

Meme adalah salah satu media untuk menuangkan perasaan atau gagasan. Media yang satu ini kerap menjadi perwakilan dari perasaan atau pikiran kita. Kadang juga meme menjadi bahan untuk menghibur diri, menyindir sesuatu, menyuarakan keadilan, dan lain-lain.

Jika kita melihat sejarahnya, meme diciptakan oleh Richard Drawkins. Awalnya meme berasal dari kata mime dan mimic, yang punya maksud untuk mewakili gagasan budaya. Gagasan budaya ini menyebar dari satu orang ke orang lain.

Meme mirip dengan istilah "Mouth to Mouth Marketing", iya suatu gagasan yang ingin disebarkan ke orang lain agar orang bisa sepakat dengan gagasan yang disampaikan.

Meme adalah Ungkapan Perasaan

Tatkala putus cinta, ditinggal seseorang yang kau cintai menikah dengan yang lain, galau merana, meme siap menjadi media untuk mewakili perasaanmu!

Rasanya gatal sekali pengen gigit jari, melihat kinerja pemerintah yang adududuh mama sayange? Tenang, agar kamu terlihat bercanda bisa sindir pakai meme saja. S&K berlaku, saya gak tanggung jawab ya say wkwk

Meme juga bisa menjadi gagasan yang mendorong orang untuk berkata, "Ya itu benar". Meme juga bisa menjadi gagasan untuk berkata, "Hem iya juga ya. Kok bisa?". Beragam respon akan muncul tatkala kita melihat meme.

Meme juga punya genre, apakah kamu genre kartun, genre ibu-ibu rempong, genre bapak-bapak, genre buaya darat, genre cinta, genre sindiran, genre dew4s* (agak disensor, ngeri ngetiknya wkwk), dan genre lainnya.

Salah satu website kumpulan meme lucu yang bisa menjadi referensi untuk kamu adalah Gipty.com. Yuk cuss kunjungi ya.

Contoh-contoh Meme

Orang yang ahli membuat meme, saya akui ia adalah orang yang kreatif. Bisa memadukan gambar dengan kata-kata.  Beruntunglah kita saat ini bisa menikmati hasil karya dari tangan-tangan kreatif mereka. Lumayan menghibur bukan?

Ini beberapa karya dari tangan-tangan kreatif kreator meme yang mungkin ingin kamu lihat sob.

1. Contoh Meme Curahan Hati Seorang Teman


Apa itu meme
Apa itu meme
Gambar: gipty.com

Ngerti gak maksud dari meme di atas? Hehe iya gitu lho, sekarang ada teman yang susah sekali dihubungi seperti artis. Nanti pas lagi butuh sama kita, eh mereka cepet banget dong responnya.

Kalau kita yang butuh sama dia? Hoho tidak mudah ferguso.

2. Meme Galau Seseorang yang Telah Ditolak


Apa itu meme
Apa itu meme
Gambar: gipty.com

Terkadang menyatakan cinta tak seindah iklan es krim Cornetto. Harapannya kita bisa diterima oleh doi, eh nyatanya ditolak. Begitulah kira-kira penjelasan dari contoh meme yang kedua ini. Apakah kamu bernasib sama seperti adek di atas?

3. Meme Misteri



Sebenarnya saya bingung mengkategorikan meme yang satu ini. Apakah konspirasi atau misteri, tetapi kayaknya cocok ke misteri ya.

Iya, misteri di mana ayahandanya Kaleng Khong Guan. Misteri tersebutlah yang membuat produk Khong Guan ini naik di pasaran banyak dibeli oleh orang-orang. Bahkan seorang penyair Joko Pinurbo pun ikut serta membuat Khong Guan menjadi terkenal dengan karya kumpulan puisinya "Perjamuan Khong Guan".

Terungkap sudah ayahanda Khong Guan di meme tersebut. Ternyata, ayahanda Khong Guan sudah menikah lagi hahaha.


Bagaiman sobat Kuskus Pintar, apakah contoh meme di atas sudah membuatmu mengerti tentang meme? Pahamlah ya. Demikian artikel tentang apa itu meme beserta contoh meme untuk mengungkapkan perasaan dan gagasan. Semoga makin pinter dan nambah ilmunye!

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama