Tips Simpel: Cara Menghadapi Orang Introvert

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Menghadapi Orang Introvert
Cara Menghadapi Orang Introvert

Setiap individu memiliki karakternya masing-masing. Karena inilah kemudian dihadirkan dua istilah karakter yang cukup familiar di telinga kita, yaitu introvert dan ekstrovert. Dan dua karakter ini terbilang sangat berbelakangan. Yang satu identik dengan suka keramaian, yang satunya malah sebaliknya.

Karakter inilah yang kemudian menjadikan kehidupan bergaul di masyarakat menjadi lebih indah. Bayangkan, apa jadinya sebuah perkumpulan jika isinya adalah orang-orang yang bertipe sktrovert! Dan apa jadinya pula jika semua introvert digabungkan ke dalam satu forum!

Tentu tidak ada keberagaman karakter di sana, sehingga pergaulan akan cenderung monoton. Hanya saja, rata-rata nih, yang paling menjadi tantangan sendiri adalah bagaimana cara menghadapi orang introvert. Karena bagaimanapun, masih banyak yang belum tahu caranya. 

Nah, bagi Anda yang juga belum tahu cara menghadapi orang intovert, yuk simak penjelasannya di bawah.

Cara Menghadapi Orang yang Introvert

Sadar atau tidak, cara menghadapi orang introvert bukanlah perkara yang mudah. Karena banyak terjadi kesalahpahaman pada tipe orang yang introvert. Namun, hal ini tentu bukanlah alasan bagi Anda untuk menjauhi mereka ya.

Karena dengan kepribadian yang demikian, mereka juga membutuhkan yang namanya teman, hanya saja, mereka memiliki cara bersosialisasi yang berbeda dengan orang ekstrovert pada umumnya. Dan ternyata, mereka mempunyai aturan sendiri ketika bersosialisasi, dan hal ini akan menjadi cara menghadapi orang introvert yang harus Anda pahami.

Kalau harusnya Anda berdua dengan dia, stop mengajak orang lain ya

Jadi, karena sifatnya yang tertutup, ia sangat ingin menjadi something yang sangat berarti bagi Anda. Nah, ketika seharusnya Anda dan dia hanya berdua, namun Anda membawa teman atau orang lain, tentu Anda akan menjadi berarti bukan hanya bagi si introvert, tapi juga bagi orang lain tadi.

Dan yang menariknya adalah, orang-orang yang memiliki karakter atau sifat intovert ini cenderung sangat menghargai yang namanya hubungan dekat, sehingga ketika mereka sudah dekat dengan seseorang, mereka akan sangat menjaga hubungan tersebut. Sehingga, Anda harus mulai berhenti melibatkan atau mengundang orang lain ketika seharusnya hanya berdua dengan seseorang yang introvert.

Menghindari Kerumunan

Cara menghadapi orang yang introvert  yang kedua adalah dengan tidak mengajaknya ke tempat yang ramai atau kerumunan. Jika memang ingin nongkrong, maka bawa ia ke tempat yang sepi, aatau ke dalam kelompok yang kecil.  Kalau mau ke rumahnya, izin dulu ya

Bagi seseorang yang memiliki karakter ekstrovert, mendapat kunjungan ke rumah tanpa aba-aba atau tanpa kabar adalah sesuatu yang biasa. It’s okay. Sayangnya, hal ini tidak bisa Anda lakukan pada orang yang introvert.

Sehingga, ketika ingin mengunjungi rumahnya, Anda harus bertanya terlebih dahulu. Karena ternyata, mereka membutuhkan waktu yang tidak lama untuk menyiapkan mental. Apalagi, rumah merupakan ruang pribadi bagi mereka. Sehingga, sakan sangat disayangkan jika Anda tidak mengikuti aturan dalam hidup para introvert.  So, kalau mau ke rumahnya izin dulu ya. 

Mendorongnya untuk Membagikan Pikiran

Cara menghadapi orang intovert Yang terakhir adalah dengan mengajaknya atau mendorongnya untuk membagikan pikiran. Karena mereka membutuhkan ‘dorongan atau motivasi’ untuk lebih aktif bersosialisasi. Khusunya ketika mereka sedang bersama dnegan orang yang kebetulan tidak dikenalnya.

Dalam kondisi ini, mereka akan lebih memilih bungka, seribu kata, dan hanya akan berkata ketika ditanyai  saja. Maka, sebagai seseroang yang mengenalnya dengan baik, Anda harus bisa mendorongnya untuk membagikan pikirannnya, meski dengan memancingnya dengan berbagai pertanyaan. 

Sekian beberapa cara menghadapi orang introvert, semoga bermanfaat.

3 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. wah jarang nih yang bahas soal gimana caranya mendekati orang introvert, kebanyakan tentang apakah kamu introvert? hehe. au sendiri sih ambivert jadi sedikit banyak paham lah sisi introvert dan dengan bantuan artikel kak reskia ini lebih paham dari sudut introvert seutuhnya. bisa jadi noted kalau-kalau aku ketemu teman baru yang introvert

    BalasHapus
  2. Satu lagi Resk, jangan pernah menyapa dengan nada mengejek karena sifatnya itu. Orang introver sering mengamati, maka ia bakal tahu mana orang yang ingin menjadi teman obrolnya, mana yang keliatan mengejek saja. Ia bakal cenderung tidak mau mengajak ngobrol orang" seperti itu.

    BalasHapus
  3. Aku kayaknya sih ambivert. Tp kadang bingung juga ngadepin yg intovert dan pendiamnya parah. Jd awakward :') aku coba tips di atas biar bisa menyelami dunianya, karena introvert jg ingin dimengerti

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama