Yuk Catat! Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri


Siapa tak ingin kuliah di luar negeri, pastinya kamu mau ya kan? Apalagi saya. Bagi sobat yang punya mimpi kuliah di luar negeri, perlu menyiapkan berbagai hal seperti mengetahui cara daftar kuliah di luar negeri.

Tak hanya mengetahui cara daftarnya saja, tetapi sobat juga perlu menyiapkan segala berkas persyaratan terkait pendaftaran kampus yang kamu impikan.

Setiap kampus pastilah punya perbedaan tersendiri untuk berkas persyaratan daftar kuliah. Tetapi, memang secara umum ada berkas yang sama dipintak.

Bagi kamu yang ingin membaca informasi lengkap terkait persyaratan kuliah di luar negeri, bisa baca di artikel saya yang ini Syarat Kuliah di Luar Negeri.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih detail terkait cara daftar kuliah di luar negeri. Selamat membaca ya sobatKus.

Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri


Sebenarnya bagaimana cara daftar kuliah di luar negeri yang tepat? Hemm, rasanya cukup berat menjelaskan bagaimana cara daftar yang tepat karena balik lagi memang setiap kampus punya caranya masing-masing.

Semoga beberapa panduan ini bisa membantu kamu, yuk disimak!

1. Tanamkan Niat Sungguh-sungguh dalam Hati

Baiklah tips pertama sebelum mendaftar kuliah di luar negeri, ada baiknya diniatkan dengan niat yang sungguh-sungguh. Niat yang muncul dari lubuk hati kamu yang paling dalam. Azeekk.

Serius lo, setiap apa yang hendak kita impikan mulailah dengan meniatkannya dalam hati.

2. Pilihlah Tujuan Negara Tempat Kamu Kuliah

Ada yang bilang kita perlu menetapkan jurusan apa yang ingin kita ambil terlebih dahulu, tetapi menurut saya sebelum memilih jurusan maka pilihlah negara tempat kita tuju. Misalnya kamu menyukai budaya Jepang dan ingin mencoba hidup di tanah kelahiran Nobita, kamu bisa pilih Jepang sebagai negara tujuan kamu kuliah.

Atau alasan lainnya seperti negara Jepang yang terkenal dengan kecanggihan robotnya, ya gak masalah karena semuanya balik lagi bagaimana kamu menikmati kebudayaan di sana. Ketika kita sudah menikmati atau suka dengan budaya di sana, mudah bagi kita untuk beradaptasi ketimbang hidup di negara orang lain yang sebenarnya kita tidak suka tinggal di sana.

3. Tetapkan Jurusan dan Kampus Impian

Jurusan yang kamu ambil boleh selinier dengan jurusan sewaktu SMA atau S1 dulu. Misal ketikan ingin kuliah S1 di luar negeri, sebelumnya kamu adalah lulusan SMA dari jurusan IPS nah bisa ambil jurusan S1 di bidang tersebut juga. Jurusan yang selinier dengan lulusan SMA IPS adalah Akuntansi, Manajemen, Hukum, Politik, dan lain sebagainya.

Kalau anak IPA? Ouh jelas banyak juga dong hihi. Begitu pula bagi kamu yang baru lulus S1 dan berniat ingin kuliah S2 di luar negeri, cobalah untuk menetapkan jurusan dan kampus impian kamu nantinya.

Misalnya, kamu sudah klop memilih Jepang sebagai negara tujuan kamu kuliah, nah tinggal kamu cari Universitas yang sesuai dengan jurusan yang kamu inginkan.

4.  Mendaftar ke Universitas Impian Kamu

Cara daftar kuliah di luar negeri yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah melakukan pendaftaran ke Universitas yang kamu impikan.

Sebelum melakukan pendaftaran tentunya sobat perlu mempersiapkan berbagai persyaratan yang ada. Cari tahu syarat apa saja yang dibutuhkan.

Untuk itulah sobat perlu lebih kepo mencari tahu info kuliah di luar negeri lebih detail dengan membuka laman resmi kampus atau menanyakannya kepada dosen/guru dan kakak tingkat yang sudah berkuliah di luar negeri.

Beberapa syarat daftar kuliah di luar negeri secara umum yang bisa Kuskus Pintar sarankan kepada kamu adalah sebagai berikut:
  • Nilai rapor atau ijazah dan transkrip nilai di tingkat pendidikan terakhir yang kamu tempuh. Bagi lulusan SMA biasanya yang dilihat adalah peringkat dan nilai rata-rata mulai dari semester awal kuliah dan semester akhir. Kalau kamu lulusan S1 dan ingin lanjut S2 biasanya melihat nilai IPS dan transkrip nilai kamu.
  • Selanjutnya, baik lulusan SMA atau S1 yang ingin kuliah di luar negeri biasanya akan dipinta sertifikat mengenai kemampuan berbahasa asing kamu seperti Bahasa Inggris dengan melampirkan sertifikat TOELF / IELTS.
  • Syarat lainnya yang juga perlu dilampirkan adalah pengalaman saat sekolah atau kuliah dulu seperti prestasi ikut lomba atau organisasi.
  • Siapkan juga pas poto yang jelas, pastikan kamu berfoto di studio foto agar lebih jernih hasilnya.
  • Selanjutnya, biasanya ada yang membutuhkan esai atau Motivation Letter dan sejenisnya. Nah, kamu perlu menyiapkannya juga dari sekarang.
  • Siapkan juga proposal penelitian, biasanya ini kebanyakan dipinta bagi mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang S2. 
  • Tentu jika kamu ingin ke luar negeri yang dibutuhkan adalah paspor dan visa. Siapkan juga ya.
  • Dan lain-lain tergantung kampus yang kamu tuju.

5. Berdoa

Terakhir, jangan lupa berdoa dan meminta tolong orang tua untuk mendoakan kita. Setelah segala usaha yang kamu lakukan, saatnya langit yang akan bergerak untuk mengabulkan permintaanmu. Berdoa adalah jurus langit yang paling handal. Jangan lupa berdoa ya.

Demikian artikel mengenai cara daftar kuliah di luar negeri yang bisa Kuskus Pintar sampaikan. Jika ada yang kurang mohon ditambahkan di kolom komentar ya sobat. Semoga apa yang kamu cita-citakan terkabulkan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Jadi pengen kuliah di luar negeri juga.
    Semoga nanti bisa, aamiin..

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama
Konten Unggulan