Yuk Baca! Cara Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa

Daftar Isi [Tampil]
cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa


Ada banyak pilihan bagi kamu yang memang niat untuk kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Beasiswa merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk menghemat biaya kuliah. Ada banyak beasiswa yang bisa kita raih. Tetapi, mungkin di benak sobat akan muncul pertanyaan "Bagaimana cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa?"

Baca juga:
$ads={1}


Iya, pasti kamu akan bertanya-tanya gimana sih caranya. Apalagi kuliah di luar negeri memang menarik perhatian. Kita akan kaya pengalaman, walaupun bukan berarti kuliah di dalam negeri tidak kaya pengalaman.

Bahasa, gaya hidup, budaya, iklim dan lain-lain yang tidak kita peroleh di negara sendiri bisa kita peroleh di negara lain. Misalnya bahasa kita adalah bahasa Indonesia, ketika kuliah di Jepang maka mau tak mau kita juga harus menggunakan bahasa Jepang. Budaya di Jepang tentulah berbeda dengan di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa intip wisata di negeri sakura juga.

Perihal iklim, di Indonesia kita hanya mengenal musim hujan dan musim kemarau, sedangkan di belahan bumi lainnya bisa sampai empat musim. Nah, mungkin ketika kamu kuliah nantinya di negeri Eropa, kamu bisa merasakan sensasi salju yang langka sekali ditemukan di Indonesia.

Begitulah, sedikit cerita menariknya kuliah di luar negeri. Kembali ke topik artikel kali ini mengenai cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Let's go kita bahas satu-satu ya.

Cara Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa

Ada banyak beasiswa yang ada untuk menjadi pilihan melanjutkan kuliah di luar negeri. Mulai dari beasiswa dari pemerintah (dari negara kita) hingga beasiswa dari pihak luar atau pihak universitas tersebut.

Tentu banyak orang menginginkan kuliah dengan beasiswa. Artinya tidak sedikit yang ikut mendaftar melalui jalur beasiswa. Maka, kamu perlu mengikuti cara berikut ini agar jebol bisa kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Apa saja? Simak di bawah ini.

1. Motivasi dari Diri Sendiri

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri dengan beasiswa, pastikan bahwa kamu membangun motivasi di dalam diri kamu sendiri. Tanpa adanya dorongan dari dalam atau motivasi, maka takkan mungkin kamu bisa bergerak untuk melewati serangkaian proses menuju kuliah di luar negeri.

Saya punya seorang teman yang ingin melanjutkan kuliah S2 di luar negeri, di kamar kosannya tertempel tulisan cita-cita yang ia inginkan. Katanya, "Taruh di tempat strategis kik, tepat pas ketika kita bangun dari tidur. Pas banget kita lihat itu cita-cita setiap pagi."

Teman saya memotivasi dirinya setiap pagi dengan membaca tulisan tersebut. Kamu juga bisa ikut untuk menulis hal demikian.

2. Motivasi dari luar Diri Kamu

Tak hanya dari dalam diri, motivasi dari luar diri kamu juga bisa ikut serta memudahkanmu agar bisa kuliah di luar negeri terutama melalui beasiswa. Sobat bisa mencari teman yang satu misi. Bisa juga dengan membuat kelompok kecil yang saling memotivasi. Bisa juga minta semangat dari kakak tingkat yang sudah kuliah di luar negeri.

Orang-orang seperti inilah yang berguna sekali untuk membangkitkan semangat kita demi mengejar impian kita.

Baca juga: Ini Dia 5 Rekomendasi Sekolah Cambridge di Jakarta

3. Gali Informasi

Selanjutnya, cara kuliah ke luar negeri dengan beasiswa yang bisa kamu lakukan adalah menggali informasi. Penting sekali bagi sobat yang punya cita-cita seperti ini untuk menggali informasi mengenai beasiswa. Informasi ini bisa sobat dapatkan melalui teman, dosen, kakak tingkat, ikut seminar beasiswa, dan berselancar di internet.

Yuk, gali terus informasi mengenai beasiswa kuliah di luar negeri.

4. Tentukan Kampus Impian

Biasanya ada beberapa beasiswa yang datang dari kampus yang dituju, maka sobat perlu menentukan kampus mana yang menjadi tujuan. Ada berbagai beasiswa tentunya, asal sobat gigih dalam mencari informasi.

Ingat selalu dalam memilih kampus impian, maka yang perlu dipastikan adalah keinginan sobat maunya apa. Jangan mengambil resiko untuk mengambil jurusan yang tampaknya keren tapi tak sesuai dengan minat dan bakat kamu. Pilihlah jurusan yang paling nyaman, dan bikin kamu terus ingin mempelajarinya hingga ke akar.

Selain itu, sobat juga bisa memilih kampus yang menarik perhatian mulai dari bahasanya, budaya, tempat tinggal, gaya hidup, dan lain sebagainya yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

5. Pelajari Syarat-syaratnya

Setelah mengetahui kampus impian yang dituju, cara selanjutnya adalah sobat perlu mempelajari syarat kuliah di luar negeri kampus tersebut.

Pelajari syaratnya mulai dari persyaratan umum hingga khusus. Persiapkan dari jauh hari. Kalau bisa sobat memiliki dua Plan kampus yang dituju. Cari tahu persyaratannya. Dengan dua rencana yang sudah dipersiapkan, memungkinkan kamu mendapatkan peluang dari keduanya. Setidaknya sudah mempersiapkan kedua persyaratan tersebut.

6. Siapkan Semua Syaratnya dari Sekarang

Setelah mempelajari dan mencari syarat yang dibutuhkan, nah sekarang saatnya mempersiapkannya. Mulai dari mempelajari bahasa asing, proposal penelitian, paspor dan visa, pengalaman berorganisasi, pas foto, dan lain sebagainya.

Informasi selengkapnya, coba baca artikel ini:

Syarat Kuliah S2 di Luar Negeri

7. Siap Mengikuti Seleksi Penerimaan Beasiswa

Bagaimana cara mendapat beasiswa kuliah di luar negeri? Tentu dengan mengikuti seleksi beasiswa. Mengikuti seleksi ini merupakan gerbang utama meraih impian kamu. Tepis segala pikiran negatif "Duh saya takut, belom siap, takut gagal..." Dan lain-lain. Pastikan bahwa kamu selalu membangun pikiran positif, "SAYA PASTI BISA."

8. Berdoa

Mungkin kamu punya cita-cita kuliah S1 di luar negeri dengan beasiswa ataupun kuliah S2 dan lain sebagainya, cara ini jangan sampai luput dari setiap aktivitas kita yakni berdoa. Tanamkan selalu impianmu dalam doa, mari mengadu pada pemilik semesta. Ceritakan semua impian yang kamu inginkan. Jangan lupa optimalkan pula dengan usaha, InsyaAllah semoga kamu berhasil sobat.

Kuliah di luar negeri memanglah butuh perjuangan yang keras, terutama bagi kamu yang ingin kuliah dengan dibiayai oleh beasiswa. Tak hanya satu atau dua orang yang ikut seleksi tetapi lebih dari ribuan bahkan jutaan yang menempuh jalur ini demi menggapai cita-cita yang diinginkan. Semoga artikel mengenai cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa bisa membantu kamu dan menginspirasi kamu. Semangat ya.

Baca juga:

$ads={2}

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post